EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI BAHAYA SEKS BEBAS

  • Eko Sujadi
  • Yesi Noviani IAIN Kerinci

Abstract

Abstrak. Sekolah merupakan tempat dimana siswa dapat mengembangkan pemahaman yang positif maupun negatif, salah satunya mengenai bahaya seks bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya seks bebas melalui penerapan layanan informasi dengan menggunakan  strategi cooperative learning. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Kerinci sebanyak 23 siswa. Pengumpulan datanya diperoleh dengan menggunakan skala likert. Teknik analisa data yang digunakan yakni Wilcoxon Signed Rank Test. Adapun temuan penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman Siswa mengenai bahaya seks bebas kepada siswa sebelum diberikan perlakuan (Pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (Posttest) berupa Layanan Informasi dengan mengunakan Strategi Cooperative Learning.
Published
2019-07-12
How to Cite
SUJADI, Eko; NOVIANI, Yesi. EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI BAHAYA SEKS BEBAS. Indonesian Journal of Counseling and Development, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 63-74, july 2019. ISSN 2685-7367. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/bkpi/article/view/376>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.376.