Perempuan dalam Pendidikan Islam di Kerinci: Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Nurul Haq Semurup 1982-2002

Authors

  • Khirpal Fikri Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang
  • Saifullah S.A UIN Imam Bonjol Padang
  • Nelmawarni Nelmawarni UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.1028

Keywords:

Perempuan, Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Nurul Haq Semurup.

Abstract

Kerinci mempunyai sosok perempuan yang berperan di dunia pendidikan Islam yaitu Rafi’ah Karim, Ruqiyah Karim dan Kahdijah Maris. Ketiganya berperan melalui pendirian Pondok Pesantren Nurul Haq Semurup yang didirikan pada tahun 1982. Mereka membagi peran dalam pembangunan pesantren dimana Rafi’ah Karim sebagai pelaksana di lapangan, Ruqiyah Karim sebagai penyuplai dana dan iformasi pesantren, sedangkan Khadijah Maris sebagai pengurus administrasi serta sebagai tenaga pengajar. Peran pesantren Nurul Haq terhadap pendidikan Islam di Kerinci ialah selain sebagai penyedia layanan pendidikan, dalam kurun waktu 1982-2002 pesantren juga berperan di beberapa bidang seperti sosial, keagamaan dan kemasyarakatan, diantaranya sebagai pembuka jalan bagi pesantren-pesantren modern lainnya di Kerinci, bekerja sama dengan ulama setempat untuk perbaikan akhlak masyarakat seperti fenomena kenakalan remaja, konsumsi minuman keras dan judi sabung ayam pada masyarakat sekitar. Melalui kerja sama dengan ulama dan masyarkat sekitar pesantren juga mensosialisasikan penggunaan hijab secara syar’i kepada beberapa golongan masyarakat yang belum mengenakan hijab sesuai ketentuan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Shamad, Irhash. 2003 Ilmu Sejarah, Jakarta: Hayfa Press,

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana

Daya, Burhanuddin. 1995. Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam Kasus Sumatera Thawalib, cet. II, Yogyakarta: Tiara Wacana

Hakim, Rosniati, Pendidikan Sumatera Barat Berwawasan Gender: Lintas Sejarah Tahun 1890-1945, Kaafah: Jurnal Ilmiah Kajian Gender

Mirdad, J., & Rahmat, S. 2021. SEJARAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM. El-Hekam, 6(1),

Martunus. 2009. “Pemikiran Kalam Ulama Kerinci dan Implementasinya dengan Etos Kerja”, Tesis Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang.

Nafila, Abdullah. 2016. Rahmah el-Yunisiyyah Kartini Padang Panjang, Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial 10(2)

Nelmawarni. 2013. Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Dari Organisasi Sosial Keagamaan ke Partai Politik, cet I, Padang: Imam Bonjol Press

Nuzuli A. K. 2021. Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3)

Nuzuli A. K. 2021. Tinjauan Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik dalam Pemberitaan Prostitusi Online di Surabaya. Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 4(1).

Ramayulis. 2012. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Ratu Prawiranegara, Alamsyah. 1982. Pembinaan Pendidikan Agama, Jakarta: Depag RI.

Rasyad, Aminuddin. 1991. Rahmah El Yunusiyah, Zainuddin Labai El Yunusy, Dua Bersaudara Tokoh Pembaharu Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Pengurus Diniyah Putri Perwakilan Jakarta.

Saputra, Ari. 2021. Peran Pesantren Terhadap Kondisi Sosial Keagamaan di Desa Semurup Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci dari Tahun 1982-2002, Skripsi Jurusan Pendidikan Sosiologi-Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.

Schrieke, B.J.O. 1973. Pergolakan Agama di Sumatera Barat, Jakarta: Bhratara Press.

Yunus, Yulizal dkk. 2008. Beberapa Ulama di Sumatera Barat, Padang: Pemerintah Propinsi Sumatera Barat Dinas Pariwisata Seni dan Budaya UPTD Museum Adityawarman.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Fikri, K., S.A, S. ., & Nelmawarni, N. (2022). Perempuan dalam Pendidikan Islam di Kerinci: Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Nurul Haq Semurup 1982-2002. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(02), 145–152. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.1028