OPTIMALISASI FUNGSI SOSIAL MASJID SEBAGAI SARANA PEMBINAAN BADAN KONTAK MAJLIS TAKLIM (BKMT) DAN REMAJA DI DESA HIANG SAKTI KECAMATAN SITINJAU LAUT

Authors

  • Nur Asyiah

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v16i1.118

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya, bentuk sertaoptimalisasi fungsi sosial Mesjid padaBadan Kontak Majlis Taklim dan Remaja di Hiang Sakti Kecamatan Sitinjau Laut. Penelitian ini dilakukan di Desa Hiang Sakti. Data dan informasi diperoleh melalui observasi, wawancara bebas mendalam terhadap responden, dan analisis dokumen berupa data hasil wawancara survei dan dokumentasi di lokasi penelitian.  Secara umum hasil penelitian menunjukkan bentuk optimalisasi fungsi sosial masjid program pembinaan  Remaja dan majlis taklim yang berperan pada saat ini adalah program ibadah, program pendidikan, dan program sosial kemasyarakatan yang berkaitan dengan kegiatan pembinaan agama Islam.  Program tersebut sangat relevan dengan kebutuhan dan kondisi Remaja serta majelis taklim pada masa sekarang di Hiang Sakti, dan sekarang masjid Nurul Islam terus berupaya untuk mengaktualkan fungsinya semaksimal mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Asyiah

Dosen Jurusan Tarbiyah STAIN Kerinci

References

ATersna Sastrawijaya, Pengembangan Program Pengajaran,(Jakarta:Rineka Cipta,1991)
Ahmad Jamin, Adab Pendidik Menurut Al-Mawardi dan Relevansinyadengan Kode Etik Guru Indonesia(Disertasi), 2010
CicikSutarsih, EtikaProfesi, (Jakarta :DirekturJenderalPendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2009)
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah ModelPelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (Jakarta: Prenada Mulia, 2007)
DepartemenPendidikandanKebudayaan, KamusbesarBahasaIndonesia, EdisiKedua, (Jakarta: BalaiPustaka, 1995)
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: MenciptakanPembelajaran yangKreatifdanMenyenangkan, (Jakarta : PT. Rosdakarya, 2007)
E. Mulyasa, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, (Bandung.PT.Remaja Rosdakarya, 2007)
Hamdani Ihsan, dkk., Filsafat Pendidikan Islam,(Bandung: Pustaka Setia, 1998)
IndraDjatiSidi, MenujuMasyarakatBelajar: MenggagasParadigmaBaruPendidikan, (Jakarta: Paramadina, 2003)
Kunandar, Guru Profesional: ImplementasiKurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) danSuksesdalamSertifikasi Guru, (Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada, 2007)
M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)
M. FurqanHidayatullah, Guru Sejati: MembangunInsanBerkarekterKuatdanCerdas, (Surabaya :Penerbit Yuma Pustaka, 2009)
MuchtarBuchari, IlmuPendidikandanPraktekPendidikandalamRenungan, (Jakarta : IKIP Muhammadiyah Press, 1994
Mukhtar, MengukirPrestasi, PanduanMenjadi Guru Profesional,(Jakarta : CV. MisakaGaliza, 2001)
Mukhtar, Evaluasi yang Sukses, (Jakarta: Sasama Mitra Suksesa, 2001)
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Muhammad Surya, “MembangunProfesionalisme Guru”Makalah Seminar Pendidikan, (Jakarta: 2005)
Mulyasa, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2006)
Moch.Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Nur Uhbiati, Ilmu Pendidikan Islam,(Bandung: Pustaka Setia, 1996)
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses BelajarMengajar, (Bandung: SinarBaru, 1989)
Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik EvaluasiPengajaran,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
OtengSutisna, AdministrasiPendidikan: DasarTeoritisuntukPraktekProfesional, (Bandung: Angkasa: 1985)
OemarHamalik, Pendidikan Guru BerdasarkanPendekatanKompetensi, (Jakarta: PT. BumiAksara, 2006)
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001)
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar & Mengajar,(Bandung: Sinar Baru Argensindo Offset, 2009)
Paul Suparmo, Guru Demokratis di Era Reformasi, (Jakarta : PT GramediaWidisar
PeraturanPemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru, Jakarta :NovindoPustakaMandiri, 2009)
Ramayulis, “Profesionalisme Guru danDosenUntukPeningkatanMutuPendidikan Islam dalam Era TeknologiInformasi”,Makalah Seminar dalamrangka Dies Natalis STAIN Kerinci, (Sungai Penuh: 2007)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002)
Roestiyah N.K. Masalah-masalah Ilmu Keguruan, (Jakarta: Bina Aksara, 1989)
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993)
SyafruddinNurdindanBasyiruddinUsman, Guru ProfesionaldanImplementasiKurikulum, (Jakarta :Ciputat Press, 2002)
Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan ImplementasiKurikulum, (Ciputat: Quantum Teaching, 2005)
SyaifulSagala, KonsepdanMaknaPembelajaran: UntukMembantuMemecahkanMasalahProblematikaBelajardanMengajar, (Bandung: Alfabeta, 2005)
SoetjiptodanRaflesKosasih, ProfesiKeguruan, (Jakarta: RinekaCipta, 2004)
S.Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Belajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasionaldalamUndang-undangdanUndang-undangPemerintah RI tentangPendidikan,
( Jakarta : DitjenPendidikan Islam, 2006)
Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru danDosendanPeraturanMendiknas No.11 Tahun 2005 besertapenjelasannya, (Bandung : Citra Umbara, 2006)
Undang-undangdanPeraturanPemerintah RI tentangPendidikan ,(Jakarta: DirektoratJenderalPendidikan Islam Departemen Agama RI., 2006)
VicroriaNeufeldt (Ed), Webster’s New Word College Dictionary, (USA : Macmillan, 1995), Edisi III
Zulmuqim, At-Tarbiyah Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1. No 1. 2010
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: 1999)

Published

2017-03-06

How to Cite

Asyiah, N. (2017). OPTIMALISASI FUNGSI SOSIAL MASJID SEBAGAI SARANA PEMBINAAN BADAN KONTAK MAJLIS TAKLIM (BKMT) DAN REMAJA DI DESA HIANG SAKTI KECAMATAN SITINJAU LAUT. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 16(1). https://doi.org/10.32939/islamika.v16i1.118