THE DYNAMICS OF MENTAWAI ISLAND CHILDREN: REFERRING ON CLASSICAL CURRICULUM DEVELOPMENT AS CHARACTER TRANSFORMATION EFFORTS

  • Aprizal Ahmad Ahmad
  • Mujahidil Mustaqim

Abstrak

Pulau Mentawai dikenal memiliki budaya yang bebas tidak seperti nilai-nilai dan norma-norma masyarakat di daerah lain umumnya di Sumatera Barat. Penelitian ini mengungkapkan apa saja tahap perencanaan, pelaksanaan dan hasil dari referensi pengembangan kurikulum klasik sebagai upaya transformasi karakter anak-anak Pulau Mentawai. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dinyatakan sebagai berikut: Pertama, tujuan untuk tahap perencanaan pengembangan kurikulum anak KP mengacu pada teori pendidikan perennialism. Hal ini dapat dilihat dari konsep kegiatan sehari-hari  anak khusus panti asuhan yang cenderung secara  umum kegiatannya untuk memperkenalkan dan menerapkan prinsip-prinsip karakter kehidupan Islami. Kedua, pelaksanaan kurikulum pada anak-anak Pulau Mentawai Dilakukan secara terus menerus. Pelaksanaan Kurikulum anak yang keberlanjutan di Pulau Mentawai ditentukan oleh pembangun khusus panti asuhan. Ketiga, hasil pengembangan kurikulum dapat dianggap memuaskan  anak-anak Pulau Mentawai dalam ukuran keagamaan.

##submission.authorBiography##

Aprizal Ahmad Ahmad
IAIN Imam Bonjol Padang, Universitas Pendidikan Indonesia 

Referensi

Abdul Aziz Ahyadi. 1991. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Indonesi.Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Glock, Charles Y. Stark, Rodney. 1966. Religion and Society in Tension. United State: Rand McNally & Cooperation.
Haris, Abdul. Putra, Kivah Aha. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Fokus Media.
King, Laura A. 2010. Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Komaruddin hidayat dan Muhammad Wahyuni Nafis. 2003. Agama Masa Depan Perspektif Filsafat Perenial. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Muhaimin, et. Al. 2004.Paradigma Pendidikan Islam.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyadi Kartanegara. 2006. Gerbang Kearifan. Jakarta : Lentera Hati.
Ornstein, Allan C. Hunkins, Francis P. 2008. Curriculum; Foundations, Principles, and Issues, Fifth Edition, United States: Pearson.
Rojj, Peter Van. 2012. Membangun Kembali Mata Pencaharian Kepulauan Mentawai Pasca Bencana Tsunami dan Gempa Tahun 2010. Jakarta: Warta ILO.
Smith, Ronald Edward.Sarason, Irwin G. Sarason, Barbara R. 1982. Psychology: The Frontiers of Behavior. United Kingdom: Harpercollins College.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2000. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zais, Robert S. (1976). Curriculum Principles and Foundations. New York: Harper & Row Publishers.
Zuhairini, 1995.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.
Manaqib Syekh Samman al-Madani al Hasani. Sumber: biografiulamahabaib. blogspot.co.id/2012/11/manaqib-syekh-samman-al-madani-al-hasani.html. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016
Moleong, Lexy J., Prof. Dr, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya: 2010, Cet. Ke-8
Mulyati, Hj. Sri, Dr, MA, et.al, Mengenal dan Memahami Tarekat-tarekat Muktabarah di Indonesia, Jakarta: Prenada Media: 2005, Cet. Ke-2
Said, H. A. Fuad, Hakikat Tarekat Naqsabandiyah, Jakarta: PT Al Husna Zikra, 2001, Cet. IV
Suyono Suyatno, Revitalisasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Identitas Keindonesiaan. Sumber: badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa// artikel136. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016
Tarekat Samaniyah. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/tarekat-samaniah. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016
At-Tadafi, Muhammad bin Yahya, Mahkota Para Aulia: Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, Penerjemah: A. Kasyful Anwar, Jakarta: Prenada, 2003, Cet. I
Vj., Budi, Mengenal Ratib Saman/Ratib Tegak di Pulau Tengah Kerinci. Sumber: jambi.antaranews.com/berita/307395/mengenal-ratib-saman-tegak-di-pulau-tengah-kerinci
Zuhairini, 1995.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2017-07-17
##submission.howToCite##
AHMAD, Aprizal Ahmad; MUSTAQIM, Mujahidil. THE DYNAMICS OF MENTAWAI ISLAND CHILDREN: REFERRING ON CLASSICAL CURRICULUM DEVELOPMENT AS CHARACTER TRANSFORMATION EFFORTS. ISLAMIKA, [S.l.], v. 16, n. 2, juli 2017. ISSN 2502-7565. Tersedia pada: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/121>. Tanggal Akses: 23 okt. 2017
Bagian
Articles