TEMA DAN PENDEKATAN DALAM KAJIAN ISLAM MAHASISWA USHULUDDIN KONTEMPORER

Authors

  • Moh. Asror Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v16i2.125

Abstract

Kajian Islam di Indonesia dihadapkan pada tantangan bukan sekadar untuk penanaman doktrin tapi juga pengembangan ilmu dan kontribusinya bagi penyelesaian persoalan kemas-yarakatan. Beberapa upaya telah dilakukan untuk penguatan kajian Islam baik dalam ranah normatif maupun historis, diantaranya adalah dengan mengembangkan materi dan pendekatan dalam kajian Islam. Sebagai bagian dari itu, kajian Islam di tingkat mahasiswa juga perlu dikembangkan, karena mahasiswa adalah subjek sekaligus objek dari pelaksanaan pendidikan tinggi. Tulisan ini bermaksud memahami dan menjelaskan tema-tema kajian dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian (skripsi) mahasiswa Ushuluddin STAIN Kediri Prodi Perbandingan Agama dan Tafsir Hadits. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kajian mahasiswa bukan sekadar kajian normatif, tapi sudah banyak yang historis-empiris. Kajian yang mereka lakukan sudah mencoba untuk mendialogkan antara ajaran normatif dengan kenyataan sosial-historis dan keberagamaan masyarakat. Kecen-derungan kajian yang semakin historis-empiris ini tampaknya terkait erat dengan upaya pengembangan tema-tema kajian yang bersifat lapangan, dan penguatan materi dan metodologi lintas disiplin, yang selama ini dilakukan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Moh. Asror Yusuf

STAIN Kediri

References

A. Muri Yusuf, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. (Padang: UNP Press, 2013).
Abdillah, Maskuri, “Menimbang Kurikulum IAIN: Kasus kurikulum 1995 dan 1997”, dalam Komaruddin Hidayat dan Hendro Prasetyo, ed. Problem dan Prospek IAIN, (Jakarta: Dir. Bimbaga DEPAG, 2000)
Abdullah, M. Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).
Abdullan, Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi, pendekatan integratif-interkonektif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Abu Zaid, Nasr Hamid, Kritik Wacana Agama, diterjemahkan dari Naqd al-Khitab al-Dini oleh Khoiron Nahdliyyin, (Yogyakarta: LkiS, 2003)
Azhar, Muhammad, Metode Islamic Studies: Studi komparatif Antara Islamization of Knowledge danScientification of Islam, Jurnal Mukaddimah,Vol.XV,No.26 JANUARI - JUNI 2009
Bakar, Osman, Hierarki Ilmu; Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu, (alih bahasa Purwanto), (Bandung:Mizan, 1992)
Dhofier, Zamakhsyari,The Intellectualization of Islamic Studies InIndonesia, Indonesia Circle. School of Oriental & African Studies. Newsletter, 20:58, 19-31
Kuntowijoyo, Islam sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi dan Etika, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006)
Muhajir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta:Rake Sarasin1,1992)
Muslih, Mohammad, Filsafat Ilmu, (Yogyakarta: Belukar, 2006).
Nakosteen, Mehdi, Kontribusi Islam Atas Dunia Barat,diskripsi analisis abad keemasan Islam, (Surabaya: Risalah Gusti, 1995)Rahman, Fazlur, Islam and Modernity: Transformation of an Intellecual Tradition, (Chicago and London: The University of Chicago Press, 1982)
Ni’am, Syamsun, Menimbang Kembali Pendekatan Kajian Keislaman Di Perguruan Tinggi Agama Islam, Al-Tahrir Vol.11, No. 2 November 2011
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2005)
Smith, Wilfred Cantwell, The meaning and End of Religion: A New Approach to religious Traditions of Mankind, (New York: Macmillan, 1963)
Saeed, Abdullah, “the Qur’an, Interpretation and the Indonesian Context”, dalam Abdullah Saeed, ed. Approaches to the Qur’an in Contemporary Indonesia, (London: OXFORD, 2004)
Yusuf, Moh. Asror, “Pengembangan Sains Pada Pendidikan Islam: Belajar dari sejarah”, dalam buku prosiding dengan judul Implementasi Pendidikan Sains di Lembaga Pendidikan Islam, (STAIN Kediri Press: 2010)
Zamroni, Pengantar Pengembangan Teori Sosial, (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1992)
Zuhriyah, Luluk Fikri, Metode Dan Pendekatan Dalam Studi Islam: Pembacaan atas pemikiran Charles J. Adams, Jurnal Islamica, Vol.2 No1. September, 2007, hal. 29
http://www.ditpertais.net/artikel/dadi01.asp, diakses 2 Oktober 2013
http://www.ditpertais.net/artikel/arief01.asp, diakses tanggal 2 Oktober 2013

Published

2017-07-17

How to Cite

Yusuf, M. A. (2017). TEMA DAN PENDEKATAN DALAM KAJIAN ISLAM MAHASISWA USHULUDDIN KONTEMPORER. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 16(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v16i2.125