Perempuan Muslimah ODHA di Kebumen, Sebuah Kajian Transformasi Awal

  • Agus Salim Chamidi IAINU Kebumen

Abstract

Riset ini riset transformatif sosial dalam upaya memberdayakan perempuan muslimah yang tertular HIV AIDS, yang kemudian mereka menjadi Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Dalam riset ini mereka disebut sebagai perempuan muslimah ODHA. Lokasi riset  di Kebumen Jawa Tengah Indonesia. Riset ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan model participatory action research (PAR) dan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang diramu dalam  model knowledge sharing  dan diskusi hasil temuan secara partisipatoris. Informan kuncinya adalah sejumlah perempuan muslimah ODHA di Kebumen. Riset dilakukan pada Mei-Juni 2018. Meskipun masih pada tahapan perencanaan kegiatan, hasil riset sudah cukup menggembirakan.  Adapun hasilnya adalah bahwa (1)perempuan muslimah ODHA menyadari dan setuju terhadap  upaya  penguatan mereka melalui kegiatan keagamaan Islam dan kegiatan ekonomi produktif, (2)kalangan pegiat HIV AIDS juga mendukung upaya penguatan tersebut, (3)kalangan perempuan muslimah ODHA masih khawatir dan takut akan stigma dan diskriminasi dengan adanya open status sehingga mereka masih memerlukan bantuan dari pegiat HIV AIDS untuk mendampingi mereka, (4)adanya rencana bersama menyelenggarakan kegiatan bagi upaya penguatan para perempuan muslimah ODHA, dan (5)model PAR masih direkomendasikan. Adapun rekomendasi dari riset ini adalah pentingnya manajemen  pemberdayaan perempuan  muslimah  ODHA secara massif dan komprehensif yang menggandeng bersama berbagai kalangan mitra secara partisipatori.
Published
2018-10-01
How to Cite
CHAMIDI, Agus Salim. Perempuan Muslimah ODHA di Kebumen, Sebuah Kajian Transformasi Awal. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 55-67, oct. 2018. ISSN 2502-7565. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/270>. Date accessed: 12 dec. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.