Islamisasi Ilmu Pengetahuan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Isma’Il Raji Al-Faruqi

Authors

  • ruchhima ruchhima universitas darussalam gontor

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v19i01.366

Keywords:

Islamization, consumption theory, modernization

Abstract

Abstrak Islamisasi muncul karena kekhawatiran intelektual Muslim yang melihat umat Islam berada dalam krisis akibat penerapan ilmu pengetahuan Barat yang berbass sekuler. Konsep sekuler dalam ilmu pengetahuan tidak sesuai dengan umat Islam karena memisahkan agama dari ilmu. Intelektual Muslim yang gencar mengagas Islamisasi adalah syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Isma’il Raji Al-Faruqi. Keduanya sama-sama beranggapan bahwa ilmu pengetahuan Barat tidak bebas nilai karena berisi ide-ide, nilai-nilai dan doktrin dari kebudayaan dan peradaban Barat. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, konsep, dan langka-langkah dalam proses Islamisasi ilmu menurut pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Isma’il Raji Al-Faruqi. Makalah ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode kualitatif. Kata kunci: Islamisasi, Al-Attas, Al-Faruqi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Ni’Mah. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Naquib Al-Attas Di Tengah Kemunduran Dunia Ilmiah Islam. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 1978. Islam And Secularism. Kuala Lumpur, Art Printing Works Sdn. Bhd, Istac.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 1980. The Consept Of Education In Islam. (Malaysia:International Institute Of Islamic Thought And Civilization (Istac).
Mauliyah, Anita. 2016. Gerakan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Naquib Al-Attas. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam Volume 6, Nomor 1.
Salafudin. 2013. Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Forum Tarbiyah Vol. 11, No. 2.
Sholeh. 2017. Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Jurnal Al-Hikmah Vol. 14, No. 2.
Taufik, Muhammad Dan Muhammad Yasir. 2017. Mengkritisi Konsep Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi: Telaah Pemikiran Ziauddin Sardar. Jurnal Ushuluddin Vol. 25 No.2.
Thoib, Ismail Dan Mukhlis. 2013. Dari Islamisasi Ilmu Menuju Pengilmuan Islam: Melawan Hegemoni Epistemologi Barat. Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, Volume 17 Nomor 1.
Zuhdiyah. 2016. Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi. Tadrib Vol. Ii No. 2 .

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

ruchhima, ruchhima. (2019). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Isma’Il Raji Al-Faruqi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(01), 26–33. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i01.366