Lanskap Corak Filsafat Islam

  • Andi Muhammad Ikbal Salam IAIN Parepare

Abstract

Studi ini perlu menggambarkan sejarah filsafat Islam sebagai salah satu jalan komparasi antara filsafat Barat, sekaligus sebagai jawaban atas polemik sejarah perjalanan ilmu pengetahuan di dunia Islam, di satu sisi ada yang menganggap bahwa ilmu pengetahuan di dunia Islam pernah mengalami kemandegan sebagaimana yang terjadi di Barat, yang lazimnnya disebut sebagai abad pertengahan. Tudingan ini datang baik dari kalangan pemikir Islam sendiri, dan pemikir Barat, di lain sisi ada anggapan bahwa pengetahuan di dunia Islam tidak pernah redup hingga hari ini. Karenanya studi ini dianggap perlu untuk menyodorkan titik terang atas polemik yang terjadi melalui penelusuran sejarah perkembangan filsafat Islam.
Published
2020-08-06
How to Cite
SALAM, Andi Muhammad Ikbal. Lanskap Corak Filsafat Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 20, n. 01, p. 73-79, aug. 2020. ISSN 2502-7565. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/567>. Date accessed: 30 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32939/islamika.v20i01.567.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.