PERBEDAAN KETERAMPILAN BELAJAR ANTARA SISWA IPA DAN IPS

  • Isnaria Rizki Hayati UIN Suska Riau
  • Eko Sujadi IAIN Kerinci

Abstract

Keterampilan belajar adalah suatu keterampilan yang sudah dikuasai oleh siswa untuk dapat sukses dalam menjalani pembelajaran di kampus (sukses akademik) dengan menguasai materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan belajar siswa kelas X IPA di MAN 1 Pekanbaru?; 2) keterampilan belajar siswa kelas X IPS di MAN 1 Pekanbaru; dan 3) perbedaan keterampilan belajar antara siswa kelas X IPA dan keterampilan belajar siswa kelas X IPS di MAN 1 Pekanbaru?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Instrumen yang digunakan yakni angket keterampilan belajar. Angket keterampilan belajar diadaptasi dari item pernyataan AUM PTSDL Format- 2 SLTA berkaitan dengan keterampilan belajar yang kemudian item pernyataan tersebut diperbaiki kalimatnya. Data dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif dan t-test. Temuan penelitian ini antara lain: 1) keterampilan belajar siswa jurusan IPA berada dalam kategori sedang yakni sebesar 71,58%; 2) keterampilan belajar siswa jurusan IPS berada dalam kategori sedang yakni sebesar 69,12%; dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan  keterampilan belajar antara siswa jurusan IPA dan IPS di MAN 1 Pekanbaru.
Published
2018-09-14
How to Cite
HAYATI, Isnaria Rizki; SUJADI, Eko. PERBEDAAN KETERAMPILAN BELAJAR ANTARA SISWA IPA DAN IPS. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 1-10, sep. 2018. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/250>. Date accessed: 20 oct. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.