PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR DALAM MENGURANGI TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Dosi Juliawati

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang memulai maupun menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan bidang akademik, sehingga menghambat kinerja dalam rentang waktu terbatas yang akhirnya menimbulkan perasaan cemas pada pelakunya. Guru BK/Konselor memiliki peranan penting dalam mengurangi tingkat prokrastinasi akademik siswa di sekolah dengan memberikan pelayanan yang efisien dan komprehensif kepada seluruh siswa dalam menangani perilaku prokrastinasi akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Davidson, J. 2004. The 60 Second Procrastinator. Canada: Adams Media.
Ferrari, J.R, Johnson, J.L, & McCown, W.G. 1995. Procrastination and Task Avoidance:
Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press.
Fitria S dan Yudi S. 2013. “Self-regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik
pada Siswa”. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 01 (01): 65-74.
Knaus, W. 2010. And Procrastination Now!: Get It Don’t with a Proven Psychological
Approach. New York: The McGraw-Hill.
Lively, L. 1999. The Procrastinator’s Guide to Success. New York: The McGraw-Hill.
M. Nur G dan Rini R.S. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prayitno. 2009. Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP.
Racmahana R.S. 2002. “Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa”. Jurnal
Psikodimensia. 2 (3):132-137.
Rizvi A, Prawitasari J.E, & Soetjipto H.P. 1997. “Pusat Kendali dan Efikasi Diri Sebagai
Prediktor terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa”. Jurnal Psikologika. 3 (2): 51-
66.
Rothblum, E. D., Solomon, L. J., & Murakami, J. 1986. “Affective, Cognitive, and Behavioral
Differences Between High and Low Procrastinators”. Journal of Counseling
Psychology. 33, 387-394.
Solomon, L.J, & Rothblum, E.D. 1984. “Academic Procrastination: Frecuency and Cognitive
Behavioral Correlates”. Journal of Counseling Psychology. (31):504-510.

Downloads

Published

2016-11-25