Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Problem Solving dengan Menggunakan 3D Pageflip untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Biologi

Authors

  • Emayulia Sastria Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Novinovrita M Novinovrita M Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Toni Haryanto Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.574

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan penuntun praktikum Biologi Umum berbasis problem solving menggunakan 3D pageflip sebagai bahan ajar yang digunakan mahasiswa pada praktikum Biologi umum. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersedian penuntun praktikum Biologi umum di IAIN Kerinci dan menggali pengetahuan dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa. Model yang digunakan dalam mengembangkan penunntun praktikum  ini adalah model ADDIE yang terdiri dari terdiri dari 5 tahap meliputi tahap analisa (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan penilaian (evaluate). Penuntun praktikum divalidasi oleh ahli media sebanyak dua kali dengan perolehan persentase akhir 81% pada kategori sangat valid dan validasi oleh ahli materi sebanyak tiga kali dengan persentase akhir 82% pada kategori sangat valid. Dengan kesimpulan e-modul Genetika berbasis konstruktivisme dilengkapi dengan mind mapping menggunakan 3D pageflip layak digunakan di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N dan Edie, S. 2014. Pendekatan Problem Solving Laboratory untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil BelajarSiswa Kelas XI MA Asror Gunungpati Semarang. Unnes Physics Education Journal. 3(3): 28-33
Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam mengajar). Yogyakarta: Gava Media
Hayati S, Setyo SB, dan Handoko E. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika , 4, pp. 49-54.
Haryanto. 2011. Macam-macam Metode Pembelajaran. [Online]. http://belajarpsikologi.com
Malik, A., Handayani, w., dan Nuraini, R. 2015. Model Praktikum Problem Solving Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Prosiding Semposium Inovasi dan Pembelajaran Sains. 194-196.
Maya Ektryana Waluyo. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP (skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang
Mukhtar, & Iskandar. 2012. Desain Pembelajaran berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Mustakim, Z.(2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Flash Flip Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Pratama D J, Ranti S, Usmeldi U dan Syafriani S. 2018. Preliminary analysis of learners in developing student book oriented research based learning models using 3D pageflip professionals on science lessons junior. Journal of Physics: Conference Series
Richey, C.R dan Klein, D.J. 2007. Design and Development Research: Methods, Strategies and Issues. London: Lawrence Erlbaum Associates (LEA)
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawati, dan Peneliti Pemuda. Bandung: Alfabeta.
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidikan Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.Jakarta: Kencana.
Siwi, N. K. 2016. Desain Model Praktikum IPA Berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) Di Sekolah Dasar SE-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum, 6(2) : 180-188. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Sujadi, E. (2018). Perbedaan Locus of Control ditinjau dari Etnis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 128–138. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i2.371
Sujadi, Eko, Yusuf, A. M., & Marjohan, M. (2016). Hubungan antara Locus Of Control dan Efektivitas Komunikasi antar Pribadi dengan Problem Focused Coping. Konselor, 5(1), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/02016516490-0-00
Syahrowardi, Sandy dan Permana, Handoko. 2016. Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional Untuk Media Pembelajaran Pada Sistem Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 2 (1), 89-96.

Published

2020-07-24