Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Peta Pikiran pada Materi Peluang

Authors

  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Loria Wahyuni STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.670

Keywords:

Modul Pembelajaran Matematika, Pengembangan, Peta Pikiran, Materi Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul pembelajaran matematika berbasis peta pikiran yang valid, praktis dan efektif pada materi peluang untuk peserta didik kelas XI.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and thedevelopment) dengan model 4-D (define, desain, develop, desemenaid). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI pada salah satu SMA di Sungai Penuh. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan guru, lembar observasi aktivitas belajar, angket motivasi peserta didik dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis peta pikiran pada materi peluang yang telah dikembangkan berada pada kategori valid, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi modul oleh ahli dengan nilai rata-rata 76,95% termasuk kategari valid dan hasil uji kepraktisan modul oleh peserta didik nilai rata-rata 82,72% termasuk kategori sangat praktis dan guru dengan  nilai rata-rata 75,3% termasuk kategori praktis. Selain itu, hasil uji efektivitas modul berdasarkan data aktivitas peserta didik menunjukkan terjadi peningkatan yaitu pertemuan I, II dan III dengan rata-rata aktivitas peserta didik 70%, 72,22 dan 81,11%. Angket motivasi berada pada kriteria sangat termotivasi dengan rata-rata persentase motivasi peserta didik dalam belajar adalah 80,8%. Sedangkan hasil tes diperolah 88,9% artinya tingkat kelulusan peserta didik lebih dari 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis peta pikiran pada materi peluang layak dijadikan sebagai bahan  ajar bagi pesrta didik kelas XI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017).Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA NEGERI 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179-189. doi:10.24014/juring.v2i2.7684

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Segitiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147-161.

Lia, A. (2019). Pengembangan Modul Fisiologi Tumbuhan Berorientasi Konstruktivisme Dilengkapi Peta Pikiran. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15(1), 107-117

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(1), 39-49. doi:10.25273/jems.v6i1.5327

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62. doi:10.32939/ejrpm.v1i2.302

Riduwan, S. (2012). Pengantar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teoti, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10),1938-1942.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widura, S. (2013). Mind Map untuk Siswa, Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2020-12-09