Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bagi Anak Tunagrahita Ringan

  • Kena Gustika Sari Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Irdamurni Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang anak tunagrahita ringan yang memiliki keterampilan membuat souvenir yang sangat rendah sehingga perlu adanya pengajaran untuk meningkatkan keterampilan anak tunagrahita ringan agar mahir dalam membuat souvenir sehingga ini bisa menjadi bekal untuk anak dimasa yang akan datang dan dapat berkompetensi dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas dari video tutorial dalam meningkatkan kemampuan membuat souvenir dari saputangan handuk di SLB Muhammadiyah nanggalo padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu single subjek research dengan design A-B-A. kondisi baseline A1 terdiri dari empat kali pertemuan, kondisi intervensi terdiri dari tujuh kali pertemuan dan kondisi baseline kedua (A2) terdiri dari tiga kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pencatatan kejadian dengan mengumpulkan data pada saat anak membuat souvenir dari saputangan handuk. Berdasarkan pengamatan langsung, data dianalisis mengguanakan analisis visual dan grafik. Hasil penelitian menyatakan bahwa video tutorial membuat souvenir dari saputangan handuk dapat meningkatkan kemampuan keterampilan vokasional pada saat proses pembelajaran dan bertujuan untuk kelangsungan hidup dimasa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amriliyanto, A. (2013). Pembelajaran Chaning Bermedia Origami Terhadap Kemempuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3).

DeVaney, T. A. (2009). Impact of video tutorials in an online educational statistics course. Journal of Online Learning and Teaching, 5(4), 600-608.

Ghazi, R. H., Amsyaruddin, A., & Irdamurni, I. (2018). Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1).

Irdamurni. 2018. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena.

Iswari, M. 2008. Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Kurniati, Y., Amsyaruddin, A., & Fatmawati, F. (2013). Efektifitas Tarian Untuk Meningkatkan Konsep Orientasi Ruang Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).

Rikarno, R. (2018). Pemanfaatan Handpone Android Sebagai Media Produksi Video Tutorial Pembelajaran Seni. Melayu Arts and Performance Journal, 1(1), 73–87.

Sehana, F., Ambarita, B., & Siagian, S. (2015). Meningkatan Kemampuan Guru dalam Membelajarkan Keterampilan Vokasional kepada Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 2(2), 41-52.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. Padang: UNP Press.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Universitas Tsukuba: Crice.
Published
2020-12-09
How to Cite
SARI, Kena Gustika; IRDAMURNI, Irdamurni. Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 148-153, dec. 2020. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/679>. Date accessed: 27 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.679.