CONTRIBUTION OF KNOWLEDGE AND RELIGIOSITY TO INCREASE THE NUMBER OF CUSTOMERS AT ISLAMIC BANK

  • Dayang Dwi Wahyuni IAIN Kerinci
  • Dina Sentika IAIN KERINCI
  • Aura Salsabila IAIN KERINCI
Keywords: Knowledge, Religiosity, Interest

Abstract

This research was motivated by the use of conventional banks, which are more dominant than Islamic banks in Tapan. The purpose of this study is to determine the influence of the level of knowledge and religiosity on customer interest in choosing savings products at Bank Nagari Sharia Unit Tapan Branch. This research uses a quantitative research design. The population in this study is all people who use the Bank Nagari Sharia Unit Tapan Branch. Samples were taken using the Hair formula with a total sample of 55 people. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 21. The results showed that partially and simultaneously, the variables of Knowledge and Religiosity had a significant and positive effect on interest in saving. This result can provide an overview to the bank to pay attention to the level of knowledge and religiosity of customers so that the number of customers increases. Some of them are by providing understanding to the public related to aspects of Sharia that must be considered.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman & Soejono. (2005). Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta.

Andriani, Durri. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Anthony, Robert N. (2007). Akuntansi Manajemen, Jakarta: Rineka Cipta.

Antonio, Muhammad Syafi'i. (2007). Bank Syariah. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ascarya. (2008). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Grafino Persada. Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bustami, Bastian & Nurlela. (2009). Akuntansi Biaya, Edisi I. Mitra Wacana Media: Jakarta. Darmawan, Deni & Didi Supriadie. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Departemen Agama RI, (2012). Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Yayasan Penyelenggara

Penterjemah Al-Qur’an.

Djalali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hafied, Hamzah & Muhammad Nasir. (2013). Lembaga Keuangan Syariah. Makassar: PT.

Umitoha Ukhuwah Grafika

Hair. (2010). Penelitian Untuk Mahasiswa. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Faqih Wildan. (2020). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Minat

Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kota Bandar Lampung Tahun 2019) Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55353/1/FAQIH%20WILD AN%20HAKIM-FEB.pdf

Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Reflika Aditama.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan

Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. __________. (2010). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. Ismail. (2014). Perbankan Syari’ah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kasmir, (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

__________. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.

Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung:

Rafika Aditama

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok

Gramedia.

Lestari, Alfi Muflikhah. (2018). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan,

Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 3(1).

Lupiyoadi. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maisya, Fitri. (2012). Pengaruh Periklanan, Pomosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung di PT. Bank Negara Indonesia, tbk. Cabang Bukittinggi.

Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. 2(1).

Masruroh, A. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap

Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah. Skripsi. IAIN Salatiga. http://e-

repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/666/

Mudyahardjo, Redja. (2008). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar

Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Ngalimun. (2011). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Perusahaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: BRI Syariah KCP Kudus). Skripsi,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga, Salatiga, 2018.

Purba, Kuras. (2011). Manajemen Perbankan. Bandung: Yrama Widya.

Purwanto, Ngalim. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis Berbagai Teori Pendidikan

Kontemporer dibahas dan Setiap Permasalahan dijelaskan dengan Contoh Praktis. Rujukan Utama Mahasiswa dan Penyegaran Bagi Para Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian (untuk Guru – Karyawan dan Penelitian Pemula). Bandung: CV Alfabeta.

Santosa, R. Ery Wibowo Agung. (2014). Analisis Religiusitas, Pemahaman Produk dan Sistem Pembiayaan Syariah dengan Sikap Pengusaha. Prosiding. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Semarang, 1(2):20-30

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar dalam Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Sedarmayanti. (1982). Sumber Daya dan Produktivitas Kerja. Yogyakarta: BPFE.

Siamat, D. (2005). Manajemen Lembaga Keuangan: Kebijakan Moneter Dan Perbankan. Edisi Kelima. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sjahdeni, Sutan Remy. (2014). Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya. Kencana: Jakarta.

Slameto. (2014). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta. Sudijono, Anas. (2013). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D). Bandung: Alvabeta.

__________. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

__________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS. Suprihati, Sumadi, Muhammad Tho’in (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan

Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi

Islam, 7(01), 443-450.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kharisma

Putra Utama

Taufiqurrahman. (2014). Pengaruh Pengetahuan Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat

Memilih Produk Perbankan Syariah. Skripsi. Jogjakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Uno, Hamzah B. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

__________. (2018). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarti. (2021). Pengaruh Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Menabung Di BNI Syariah

KCP Kuningan, Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 2(2).

Zain, Abdurrahman. (2017). Pengaruh Pengetahuan Santri Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Jakarta: Skripsi..

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35568

CROSSMARK
Published
2024-07-11
DIMENSIONS
How to Cite
Dwi Wahyuni, D., Sentika, D., & Salsabila, A. (2024). CONTRIBUTION OF KNOWLEDGE AND RELIGIOSITY TO INCREASE THE NUMBER OF CUSTOMERS AT ISLAMIC BANK. AICOS: Asian Journal Of Islamic Economic Studies, 1(2), 103–117. Retrieved from https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/acs/article/view/4157