ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EMAS DI PT. PEGADAIAN CABANG SUNGAI PENUH

  • Yulia Yulia Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Eko Sujadi Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Wiyan Mailindra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: strategy, public relations, publicity

Abstract

  Strategi public relations dan publisitas di PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh dalam memasarkan tabungan emas dilaksanakan dalam bentuk promosi  dilakukan di media sosial secara berkesinambungan, peran media sosial untuk public relations dan publisitas dapat memperkuat pengaruh publik, baik dalam hal positif dan sebaliknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: mengetahui strategi public relations dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas di PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh, mengetahui strategi publisitas dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas di PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh dan mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat penerapan strategi  public relations dan publisitas di PT. Pegadaian Cabang Sungai PenuhJenis penelitian adalah penelitian kualitatif,  objek penelitian ini adalah Analisis Strategi public relations dan publisitas dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah tabungan emas. Subjek Penelitian Petugas dan nasabah. Informan adalah pimpinan, Karyawan dan Nasabah PT. Pegadaian Sungai Cabang Penuh. Jenis data yaitu data primer berupa hasil wawancara dengan Karyawan dan nasabah, data sekunder berasal dari sumber tertulis.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data digunakan tiga triangulasi,triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi public relations terdiri dari Strategy Of Publicity, Strategy Of Pesuation, Strategy Of Argumentation dan Strategy Of Image. Penerapan starategi publisitas oleh PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh dilakukan melalui 3 bentuk strategi publisitas yaitu Pure publicity Tie-In Publicity dan Paid publicity  Faktor yang mendorong  Public Relations . Faktor pendukung Public Relations dan Publisitas pihak adanya  dukungan dan semangat dari semua pihak pegadaian, selain itu adanya hubungan solit antara pimpinan dan bawahan sehingga terbentuk tim solid dalam menjalankan strategi Public Relations dan Publisitas. Faktor penghambat kurang kesadaarn masyarakat untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai tabungan emas, selain itu adanya keterbatasn biaya untuk mengadakan promosi itu terlihat dengan sedikitnya iklan dan brosur yang beredar di masyarakat. Kata Kunci: strategi,  public relations,  publisitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastiya Putri, Della. 2021. Strategi Pemasaran Konsep. Edited by Pascal Books. Edisi Ke-1. Cipayun.

Anshar, Muhammad. 2019. “Electric Public Relations (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi Di Era Digital.” Jurnal Komodifikasi 8: 200–2013.

Arif, Dafiar, Wawan Devis Wahyu, Ahmad Yani, Yuse Rizal Bustami, and Dafid Hidayat. 2023. “Kelangkaan (Scarcity) Ekonomi: Perbedaan Dan Kecocokan Perspektif Islam.” Tasharruf : Journal of Islamic Economics and Business 4 (2): 118–34. https://doi.org/10.55757/tasharruf.v4i2.271.

Artis. 2011. “Strategi Komunikasi Public Relations.” Sosial Budaya 8 (02): 184–97.

Deni P, Indira Fatra. 2018. “Komunikasi Dan Publisitas Ditinjau Dalam Komunikasi Massa.” Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan 9 (2): 13–25. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i2.1736.

Fitriawati.N.H. 2022. “Analisis Strategi Public Relations Dan Publisitas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Emas Di PT Pegadaian Cabang Jember.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Kukuh Sinduwiatmo. 2019. Teknik Publisitas. Edisi Revi. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo : UMSIDA PRESS.

Lestari, Hessy, and Lestari Nurhajati. 2019. “Strategi Public Relation Untuk Menciptakan Minat Pengunjung Ke Galeri Indonesia Kaya.” Jurnal Lontar Vol.7 No.1 7 (1): 9–15.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Musdalipa. 2018. “Analisis Kegiatan Publisitas Pemerintah Kota Dalam Meningkatkan Citra Kota Samarinda.” Dunia Komunikasi Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman 6 (1): 413–27.

Musi, Suryani. 2022. PENULISAN KREATIF PUBLIC RELATIONS. Edisi Ke-1. Yogyakarta: Yogyakarta : PT. Nas Media Indonesi.

Musyawarah, Irdha Yanti, and Desi Idayanti. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju.” Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 1 (1): 1–13.

Purba, Budiman. 2020. “Pengaruh Public Relations Terhadap Peningkatan Pengguna Jasa Di Bandara Internasional Kualanamu Kab. Deli Serdang.” Network Media 1 (1). https://doi.org/10.46576/jnm.v1i1.604.

Safitri, Novita Dwi, and Asiah Wati. 2023. “Analisis Perkembangan Pegadaian Syariah Di Indonesia.” Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 5 (1): 22–32. https://doi.org/10.18592/msr.v5i1.9375.

Satira, Ulfa, and Rossa Hidriani. 2021. “Peran Penting Public Relations Di Era Digital.” Sadida: Islamic Communications Media Studies 1 (1): 179–202.

Tarmizi, Tarmizi, and Nur Hilal. 1970. “Keputusan Memilih Produk Tabungan Emas: Efek Promosi Dan Kualitas Layanan Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palu Timur.” JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 3 (2): 160–70. https://doi.org/10.26533/jmd.v3i2.743.

CROSSMARK
Published
2024-09-24
DIMENSIONS
How to Cite
Yulia, Y., Sujadi, E., & Mailindra, W. (2024). ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EMAS DI PT. PEGADAIAN CABANG SUNGAI PENUH. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 5(2), 107–115. https://doi.org/10.32939/fdh.v5i2.3692