https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/issue/feedAl Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance2025-04-03T00:00:00+00:00Dafiar Syarif, M.E[email protected]Open Journal Systems<p><strong>Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance</strong> dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Kerinci dengan <em>focus </em>dan <em>scope</em> pada bidang Perbankan, Asuransi dan Keuangan.</p>https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4091A article text2024-09-10T08:16:25+00:00Titin Agustin Nengsih[email protected]Erva Mega retwa Erva[email protected]Zada Rahma[email protected]Alif Erfana Fauzi[email protected]<p>Penelitian ini menguji dampak pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli <br>daerah (PAD) di provinsi Jambi. Melalui metode regresi linier berganda, hasil penelitian <br>menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara pajak daerah dan pendapatan asli daerah, <br>serta pengaruh signifikan retribusi daerah meskipun bersifat negatif. Hasil ini menegaskan <br>pentingnya peran pajak dan retribusi dalam mendukung keuangan daerah dan pembangunan. <br>Dengan demikian, kebijakan perpajakan dan retribusi perlu diperhatikan secara cermat untuk<br>meningkatkan pendapatan asli daerah dan memajukan Provinsi Jambi secara berkelanjutan.</p>2025-03-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Financehttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4917PENGARUH PAHAM KEAGAMAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP ETOS KERJA PEDAGANG MUSLIM DI KOTA SUNGAI PENUH 2025-01-28T14:10:01+00:00Elvi Nilda[email protected]Syukrawati Syukrawati[email protected]Vhyola Dewi Kartika[email protected]<p>This study aims to analyze the influence of religious beliefs and religiosity on the work ethic of Muslim traders in Sungai Penuh City. The method used is a quantitative approach, with data collected through questionnaires distributed to 104 Muslim traders. Data analysis was conducted using linear regression techniques to determine the extent to which religious beliefs and religiosity contribute to work ethic. The results show that religious beliefs have a significant positive effect on the work ethic of traders, where religious values motivate them to work harder and more honestly. Additionally, religiosity also significantly contributes to the enhancement of work ethic, with traders who possess high levels of religiosity tending to demonstrate better discipline and responsibility in running their businesses. These findings are expected to provide insights for traders and policymakers in developing strategies to improve work ethic within the community, as well as to strengthen the role of religious values in the business world. This study also aims to serve as a foundation for further research on the relationship between religion, religiosity, and economic behavior in a broader context.</p>2025-03-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Financehttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4121Pengaruh Penerimaan Dana ZISWAF, BOPO, Dan Laba/Rugi Non Operasional Terhadap Simpanan Giro Wadiah Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2018.Q1-2023.Q32024-09-10T08:18:45+00:00Miftahul Farichah Mita[email protected]Eka Wahyu Hestya Budianto Hestya Budianto[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerimaan Dana ZISWAF, BOPO, dan Laba/Rugi Non Operasional terhadap Simpanan Giro Wadiah dengan Firm Size sebagai Variabel Moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perbankan syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2018.Q1-2023.Q3. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, dengan total sampel sebanyak 5 perusahaan dengan periode 6 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Data Panel dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan penerimaan dana ZISWAF berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap simpanan giro wadiah dalam perbankan syariah pada periode 2018.Q1-2023.Q3. BOPO menunjukkan pengaruh negatif signifikan terhadap simpanan giro wadiah dalam perbankan syariah pada periode 2018.Q1-2023.Q3. Laba/rugi non operasional menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap simpanan giro wadiah dalam perbankan syariah pada periode 2018.Q1-2023.Q3. Firm size tidak dapat memoderasi pengaruh penerimaan dana ZISWAF terhadap simpanan giro wadiah perbankan syariah pada periode 2018.Q1-2023.Q3. Firm size dapat memoderasi pengaruh BOPO terhadap simpanan giro wadiah dalam perbankan syariah pada periode 2018.Q1-2023.Q3. Firm size dapat memoderasi pengaruh laba/rugi non operasional terhadap simpanan giro wadiah dalam perbankan syariah pada periode 2018.Q1-2023.Q3. Pada penelitian masa mendatang diharapkan untuk mengkaji masalah ini dari sudut pandang bank syariah dan konvensional, sehingga temuan penelitian dapat diterapkan pada lembaga keuangan atau perusahaan perbankan di Indonesia.</p>2025-04-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Financehttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4964PENGARUH JUMLAH KANTOR, TINGKAT IMBAL HASIL, DAN PEMBIAYAAN BERMASALAH TERHADAP PERTUMBUHAN DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2019-20232025-03-18T04:50:39+00:00Fatmah[email protected]Ayus Ahmad Yusuf[email protected]Layaman,[email protected]<p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah kantor, tingkat imbal hasil, dan pembiayaan bermasalah terhadap pertumbuhan deposito mudharabah pada bank umum syariah tahun 2019-2023. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan bank umum syariah dan publikasi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sampel penelitian terdiri dari 7 bank umum syariah yang ada di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kantor berpengaruh positif secara signifikan terhadap pertumbuhan deposito mudharabah, yang mengindikasikan bahwa aksesibilitas yang lebih luas dapat meningkatkan penghimpunan dana. Sementara itu, tingkat imbal hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan deposito mudharabah, karena deposito mudharabah bukan satu-satunya sumber dana bagi bank syariah dalam bentuk investasi yang menggunakan imbal hasil. Selain itu, pembiayaan bermasalah berpengaruh negatif secara signifikan terhadap pertumbuhan deposito mudharabah, karena meningkatnya risiko dapat menurunkan tingkat kepercayaan nasabah.</p> <p> </p> <p>Kata kunci: Deposito, Kantor, Imbal Hasil, Pembiayaan Bermasalah.</p>2025-03-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Financehttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4639Etika Dan Moral Dalam Ekonomi Islam Serta Implementasinya Pada Distribusi Pendapatan Melalui Pengelolaan Zakat2025-03-15T05:07:33+00:00Rohmat Wardiman[email protected]<p>Dalam agama Islam, pendapatan didistribusikan dengan cara yang efektif dan tidak menyimpang dari aturan syariah. Dalam Islam, konsep moral dan kedisiplinan sangat penting untuk membimbing setiap orang ke dalam sistem ekonomi. Tujuannya adalah untuk menghentikan ketidakadilan ekonomi dan ketimpangan sosial yang merupakan sumber utama dari kerukunan umat Islam. Hal ini menunjukkan bagaimana konsep moral menjadi komponen dalam sistem ekonomi, membuat etika ekonomi berkembang dan terasa nyata untuk mengatasi kepentingan pribadi. Dalam ekonomi Islam, nilai kebebasan dan keadilan adalah dasar bagi pembagian pendapatan. Salah satu cara lain untuk mendistribusikan harta adalah dengan memberikan zakat. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode studi kepustakaan, atau kajian literatur sebagai pendekatan utama dalam penulisannya. Dalam penyusunan artikel ini, penulis menggunakan data-data kepustakaan dari berbagai sumber seperti buku, jurnal atau artikel. Untuk memastikan bahwa zakat dikelola secara efektif dan efisien sesuai dengan etika, moral dan prinsip syariah beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan antara lain pemahaman syariah yang mendalam dan pendidikan berkelanjutan para pengurus lembaga pengelola zakat, transparansi dan akuntabilitas lembaga pengelola, sosialisasi dan edukasi pada masyarakat, menjalin kemitraan dengan lembaga/organisasi lainnya, serta identifikasi mustahik.</p>2025-03-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Financehttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4907IMPLEMENTASI PELAYANAN ONLINE MELALUI MUAMALAT DIN (DIGITAL ISLAMIC NETWORK) DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT KC SUMBER2025-02-25T05:34:43+00:00Siti Khoiriah Mus[email protected]Alvien Septian Haerisma[email protected]Nur Eka Setiowati[email protected]<p><em>Bank Muamalat KC Sumber in increasing customer loyalty through the implementation of Muamalat DIN online services faces challenges that come from external factors, namely from the side of customers who experience the Muamalat DIN application blocked due to incorrect password, PIN or TIN. Customers also often change cellphone numbers so that the Muamalat DIN application cannot be used because the data does not match the system at the Bank.</em> <em>The purpose of this research is to analyze in depth the implementation of online services through Muamalat DIN, this research also identifies inhibiting factors in the implementation of online services both from a technical perspective and from customer perceptions. In addition, this research also focuses on online service development strategies undertaken by Bank Muamalat KC Sumber in order to increase customer loyalty.</em></p> <p><em>This research is a qualitative research with a case study approach. The data sources used are primary and secondary data. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation. Researchers use data reduction techniques, present data and draw conclusions in data analysis.</em></p> <p><em>The results showed that the implementation of Muamalat DIN related to accessibility, such as opening accounts from home, using attractive transaction features and ease of use that can be done anywhere and anytime, the implementation of online services through Muamalat DIN has been running optimally to provide convenience to customers. The obstacles found are related to technical constraints such as blocked applications, obstacles originating from external factors, namely customers entering the wrong password, PIN or TIN. Nevertheless, customer loyalty is maintained because the Muamalat DIN application makes it easier for customers to transact. Strategies used by Bank Muamalat KC Sumber such as direct education to customers, innovative feature development and direct promotion. The development strategy that is considered the best and adopted by Bank Muamalat KC Sumber is direct promotion, which can increase customer understanding and loyalty to online banking services through Muamalat DIN.</em></p> <p>Bank Muamalat KC Sumber dalam meningkatkan loyalitas nasabah melalui implementasi layanan online Muamalat DIN menghadapi tantangan yang berasal dari faktor eksternal yakni dari sisi nasabah yang mengalami aplikasi Muamalat DIN terblokir karena salah dalam memasukkan kata sandi, PIN maupun TIN. Nasabah juga sering mengganti nomor handphone sehingga aplikasi Muamalat DIN tidak dapat digunakan karena data yang tidak sesuai pada sistem pada Bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam mengenai implementasi pelayanan online melalui Muamalat DIN, penelitian ini juga mengidentifikasikan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan online baik itu dari segi teknis maupun yang berasal dari persepsi nasabah. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada strategi pengembangan pelayanan online yang dilakukan oleh Bank Muamalat KC Sumber dalam rangka meningkatkan loyalitas nasabah.</p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan dalam analisis data.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implementasi Muamalat DIN terkait dengan aksesibilitas, seperti pembukaan rekening dari rumah, penggunaan fitur transaksi yang menarik dan kemudahan penggunaan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, implementasi pelayanan online melalui Muamalat DIN telah berjalan dengan maksimal guna memberikan kemudahan kepada nasabah. Hambatan yang ditemukan terkait kendala teknis seperti aplikasi yang terblokir, kendala berasal dari faktor eksternal yakni nasabah salah memasukkan kata sandi, PIN ataupun TIN. Meskipun demikian, loyalitas nasabah tetap terjaga karena aplikasi Muamalat DIN mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Strategi yang digunakan oleh Bank Muamalat KC Sumber seperti edukasi langsung kepada nasabah, pengembangan fitur yang inovatif dan promosi langsung. Strategi pengembangan yang dinilai paling baik dan di adopsi oleh Bank Muamalat KC Sumber ialah promosi secara langsung, dapat meningkatkan pemahaman dan loyalitas nasabah terhadap pelayanan perbankan online melalui Muamalat DIN.</p>2025-04-03T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Financehttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/4806APPLICATION OF 5C PRINCIPLES TO MINIMIZE BAD CREDITS AT PT. BANK PENGKREDITAN RAKYAT PEMBANGUNAN KERINCI2025-02-27T05:07:53+00:00Sabardin Sabardin[email protected]Romi Hidayat[email protected]<p><em>This study discusses strategies for resolving bad debts guaranteed by mortgage rights at PT. Kerinci Development People's Credit Bank. One method is to make efforts to save credit through a repayment plan (rescheduling) based on Bank Indonesia Circular Letter No.26/4/BPPP dated 29 May 1993. The bank also provides verbal and written warnings to debtors before taking further action. In addition, credit settlement is carried out using a family approach (non-litigation) through a mutual agreement to sell collateral, in accordance with applicable legal provisions</em></p>2025-03-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance