https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/issue/feed Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance 2024-09-24T00:00:00+00:00 Suci Mahabbati mahabbatisuci@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance</strong> dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Kerinci dengan <em>focus </em>dan <em>scope</em> pada bidang Perbankan, Asuransi dan Keuangan.</p> https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/3012 PENGARUH DEBT TO ASSETS RATIO (DAR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) 2024-09-06T00:41:51+00:00 Erwin Saputra Siregar erwinsaputrasiregar@uinjambi.ac.id Puteri Anggi Lubis puterianggi20@uinjambi.ac Wahyu Toni Hidayat wahyutonihidayat@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Assets Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2018-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Berdasarkan metode purpose sampling terdapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Debt to Assets Ratio (DAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE), sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan Jakarta Islamic Index. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan Debt to Assets Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan Jakarta Islamic Index.<br>Kata Kunci: Debt to Assets Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE).</p> 2024-09-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/3560 PENGARUH TABUNGAN WADIAH DAN GIRO WADIAH TERHADAP LABA BERSIH PADA BANK BJB SYARIAH PERIODE 2020-2022 2024-01-26T14:06:51+00:00 Yuaffa Sholawati yuaffasholawati25@gmail.com Toto Suharto toto24@gmail.com <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>This research was conducted to determine whether or not there is an effect of wadiah savings and wadiah demand deposits on net income at Bank BJB Syariah for the period 2020 - 2022. The type of research used in this study using quantitative research with secondary data and purposive sampling techniques. In this study, the sample data used was 36 months, the data were wadiah savings, wadiah current accounts and net profit of BJB Syariah bank for the period 2020 - 2022 which were sourced from the financial statement data of BJB Syariah bank. The data analysis technique used in this research is descriptive statistical test, classical assumption test, multiple linear regression test, determination coefficient test and hypothesis testing using SPSS Version 25. The results of this study indicate that the wadiah savings variable has a positive and significant effect on net profit with a positive regression coefficient value of 0.231. However, the wadiah current account variable has a negative and insignificant effect on net profit with a negative regression coefficient value of -0.231. negative regression coefficient value of -0.070. While there is positive and significant effect of the independent variable or both independent variables on net profit with a regression coefficient value of -0.070. independent variables on net income with a coefficient of determination of 0.761.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tabungan wadiah dan giro wadiah terhadap laba bersih pada Bank BJB Syariah periode 2020 – 2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder dan teknik pengambilan sampling secara <em>purposive sampling</em>. Dalam penelitian ini sampel data yang digunakan sebanyak 36 bulan, data tersebut yaitu tabungan wadiah, giro wadiah dan laba bersih bank BJB Syariah periode 2020 – 2022&nbsp; yang bersumber dari data laporan keuangan bank BJB Syariah. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel tabungan wadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih dengan nilai koefisien regresi bertanda positif sebesar 0,231. Namun pada variabel giro wadiah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba bersih dengan nilai koefisien regresi bertanda negatif sebesar -0,070. Sementara terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel independen atau kedua variabel bebas terhadap laba bersih&nbsp; dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,761.</p> 2024-09-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/3563 PENGARUH KELAYAKAN USAHA DAN NILAI JAMINAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH INDONESIA KCP MAJALENGKA JATIWANGI 2024-09-06T00:44:59+00:00 Helma Tiana tianahelma24@gmail.com Eef Saefulloh eef68@gmail.com Abdus Salam Dz ad.salam121@gmail.com <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of business feasibility and collateral value on financing decisions at Bank Syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi. The population used in this study were all customers who had applied for financing at BSI KCP Majalengka Jatiwangi. The sampling technique was carried out using probability sampling and simple random sampling methods. So it is known that the sample in this study amounted to 89 respondents. The analysis method used is quantitative method. The data analysis method uses the research instrument test method, classical assumption test, multiple linear analysis, hypothesis testing (t test and f test), coefficient of determination using the help of IBM Stastistic SPSS software version 25. The results showed that the business feasibility variable had a positive and significant effect on the decision to provide financing as evidenced by the regression coefficient value of 0.535. The guarantee value has a positive and significant effect on the decision to grant financing as evidenced by the regression coefficient value of 0.842. Meanwhile, the variables of business feasibility and collateral value have a positive and significant effect on the decision to grant financing of 0.414.</em></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelayakan Usaha dan Nilai Jaminan Terhadap Keputusan Pemberian Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang pernah mengajukan pembiayaan di BSI KCP Majalengka Jatiwangi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dan simple random sampling. Sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrument penelitian, Uji asumsi klasik, Analilis linier berganda, Uji hipotesis (uji t dan uji f), Koefisien determinasi menggunakan bantuan software IBM Stastistic SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelayakan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemberian pembiayaan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,535. Nilai jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemberian pembiayaan dibuktikan dengan nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,842. Sedangkan pada variabel kelayakan usah dan nilai jaminan bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemberian pembiayaan sebesar 0,414.</p> 2024-09-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/3647 PENGARUH EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN QRIS BRI SEBAGAI SITEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA UMKM DI KOTA SUNGAI PENUH 2024-09-06T00:46:21+00:00 Bunga Permata Yeza bungapermatayeza@gmail.com Yuserizal Bustami yuserizalbustami@gmail.com Dafiar Syarif dafiarsyarif24@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan efektivitas dan efisiensi terhadap minat menggunakan QRIS BRI sebagai sistem pembayaran digital pada umkm di kota sungai penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. objek penelitian adalah pedagang UMKM di Kota Sungai Penuh sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data yang yang dilakukan menggunakan kuisioner. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis rgresi linear berganda, uji t dan f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Secara parsial variabel efektivitas beerpengaruh terhadap minat menggunakan dengan nilai thitung 2,276 &gt; ttabel 2.012 dan signifikansi sebesar 0,0008 &lt; 0,050. 2). Secara parsial variabel efisiensi tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan dengan nilai thitung 1,383 &lt; ttabel 2,012 dan nilai signifikansi sebesar 0,173 &gt; 0,050. Secara simultan variabel efektivitas dan efisiensi berpengaruh terhadap minat menggunakan dengan nilai fhitung 16,914 &gt; ftabel 2, 80. Dan nilai signifikansi sebesar0,000 &lt; 0,050</p> <p><strong>Kata Kunci : Efektivitas ,Efisiensi, Pembayaran Digital, Qris</strong></p> 2024-09-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/3692 ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN EMAS DI PT. PEGADAIAN CABANG SUNGAI PENUH 2024-09-10T04:43:44+00:00 Yulia Yulia yuliajuli00@gmail.com Eko Sujadi sujadieko21@gmail.com Wiyan Mailindra wiyan23@gmail.com <p>&nbsp;</p> <p><em>Strategi </em><em>public relations</em> dan publisitas di PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh dalam memasarkan tabungan emas dilaksanakan dalam bentuk promosi&nbsp; dilakukan di media sosial secara berkesinambungan, <a href="https://radvoice.id/peran-media-sosial-untuk-public-relations/">peran media sosial untuk <em>public relations</em></a> dan publisitas dapat memperkuat pengaruh publik, baik dalam hal positif dan sebaliknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: mengetahui strategi <em>public relations </em>dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas di PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh, mengetahui strategi publisitas dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan emas di PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh dan mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat penerapan strategi&nbsp; <em>public relations </em>dan publisitas di PT. Pegadaian Cabang Sungai PenuhJenis penelitian adalah penelitian kualitatif, &nbsp;objek penelitian ini adalah Analisis Strategi <em>public relations </em>dan publisitas dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah tabungan emas. Subjek Penelitian Petugas dan nasabah. Informan adalah pimpinan, Karyawan dan Nasabah PT. Pegadaian Sungai Cabang Penuh. Jenis data yaitu data primer berupa hasil wawancara dengan Karyawan dan nasabah, data sekunder berasal dari sumber tertulis.Teknik pengumpulan data yaitu observasi<strong>, </strong>wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data digunakan tiga triangulasi,triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi <em>public relations </em>terdiri dari <em>Strategy Of Publicity</em><em>, </em><em>Strategy Of Pesuation</em><em>, </em><em>Strategy Of Argumentation </em>dan <em>Strategy Of Image</em><em>. </em>Penerapan starategi publisitas oleh PT. Pegadaian Cabang Sungai Penuh dilakukan melalui 3 bentuk strategi publisitas yaitu <em>Pure publicity Tie-In Publicity </em><em>dan </em><em>Paid publicity </em><em>&nbsp;</em>Faktor yang mendorong&nbsp; <em>Public Relations </em><em>. </em>Faktor pendukung <em>Public Relations</em> dan Publisitas pihak adanya&nbsp; dukungan dan semangat dari semua pihak pegadaian, selain itu adanya hubungan solit antara pimpinan dan bawahan sehingga terbentuk tim solid dalam menjalankan strategi <em>Public Relations </em>dan Publisitas. Faktor penghambat kurang kesadaarn masyarakat untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai tabungan emas, selain itu adanya keterbatasn biaya untuk mengadakan promosi itu terlihat dengan sedikitnya iklan dan brosur yang beredar di masyarakat.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> strategi, <em>&nbsp;public relations</em><em>, </em>&nbsp;publisitas</p> 2024-09-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-fiddoh/article/view/3954 ANALISIS EFEKTIFITAS DAN KONTRIBUSI PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN, REKLAME, DAN PENERANGAN JALAN PADA PAD KABUPATEN PEKALONGAN 2024-09-10T08:10:28+00:00 Imahda Khoiri Furqon imahda.khoiri.furqon@uingusdur.ac.id Muhammad Luki Faturrokhman muhammadlukifatrrokhman@mhs.uingusdur.ac.id <p>Total dari semua pajak kota, retribusi, berbagai biaya manajemen aset lokal, dan aliran pendapatan tambahan disebut sebagai pendapatan daerah. Pajak daerah antara lain mencakup pajak restoran, reklame, dan penerangan jalan. Penerangan jalan, restoran, dan reklame merupakan industri yang memungkinkan untuk meningkatkan efektivitas penerimaan pajak dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memeilki tujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan kontribusi pajak penerangan jalan, restoran, dan reklame terhadap PAD Kabupaten Pekalongan. Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pekalongan menjadi lokasi penelitian. Informasi mengenai realisasi pajak penerangan jalan, pajak reklame, dan pajak restoran dari tahun ke tahun 2019 dan 2020 dikaji dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Secara keseluruhan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, dan pajak restoran sangat efektif pada tahun 2019 dan 2020. Pendapatan dari pajak penerangan jalan, pajak reklame, dan pajak restoran memberikan pengaruh yang positif kepada PAD pada tahun 2019-2020. Para pemimpin DISPENDA harus berdedikasi untuk mencapai tujuan tahunan dan bekerja untuk meningkatkan jumlah pengaruh restoran, reklame, dan penerangan jalan terhadap PAD.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> PAD, pajak daerah, efektifitas, kontribusi<em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em></p> 2024-09-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance