Pendampingan Pengembangan Pengelolaan Informasi di Taman Bacaan Perigi Kota Depok
Abstract TBM adalah sarana atau lembaga pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahan bacaan berupa: buku, majalah, tabloid, koran, komik, dan bahan multimedia lain yang dilengkapi dengan ruangan untuk membaca, diskusi, bedah buku, menulis, dan kegiatan literasi lainnya, dan didukung oleh pengelola yang berperan sebagai motivator. Selain Sebagai sumber belajar - TBM dengan menyediakan bahan bacaan utamanya buku merupakan sumber belajar yang dapat mendukung masyarakat pembelajar sepanjang hayat, seperti buku pengetahuan untuk membuka wawasan, karena TBM itu penting maka perlu dikelola dengan baik, sebagai salah satu sumber informasi TBM harus memiliki pengelolaan informasi yang baik pula, maka dilakukanlah pengabdian di Taman Baca Perigi, Kota Depok. Metode pengabdian menggunakan cara-cara sebagai berikut: 1) Melakukan observasi dan wawancara dengan mitra; 2) Melakukan koordinasi dengan tim pengabdi, 3). Koordinasi dengan mitra. Adapun hasil dari pengabdian dilakukan dengan beberapa penerapan pendampingan, yaitu: 1. Mengidentifikasi kebutuhan Taman Bacaan Perigi; 2. Diskusi dan mengidentifikasi teknis dan potensi yang dimiliki oleh Taman Bacaan Perigi; 3. Memfasilitasi pendampingan; 4. Membantu dalam proses pembuatan produk pendataan berdasarkan hasil kegiatan belajar mandiri. Kata kunci: Taman Baca Masyarakat, Pengelolaan Informasi, Pendampingan TBM
Downloads
References
Ariyanti, Tatik. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No 1, 50 - 58
Gong, G. A. dan Irkham, A. I. 2011. Gempa Literasi: Dari Kampung untuk Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hasugian, Jonner. 2006. Penelusuran Informasi Ilmiah Secara Online: Perlakuan Terhadap Seorang Pencari Informasi sebagai Real User: Jurnal Pustaha Vol. 2, No. 1, hal. 1.
Hunt, T., Carper, J., Lasley, T., Raisch, C., & Wissick, C. A. (2013). What Works Clearinghouse.Encyclopedia of Educational Reform and Dissent, (November), 1–17. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n457
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan bantuan : Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Ditjen PAUDNI.
Nuzuli, A. K. (2021). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815
Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci.com. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887
Purwasasmita, Mulyati. Strategi Pendampingan Daum Peningkatan Kemandirian Beujar Masyarakat. https://media.neliti.com/media/publications/73058-ID-strategi-pendampingan-daum-peningkatan-k.pdf
Putro, N. H. P. S., & Lee, J. (2017). Reading interest in a digital age. Reading Psychology, 38(8), 778–807. https://doi.org/10.1080/02702711.2017.1341966
Saepudin, Asep dan Bunga Nisa Mentari. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi. Kwangsan, Vol. 4 No. 1, Edisi Juni 43-54. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/34
Saepudin, Encang, Sukaesih dan Agus Rusmana. 2017. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bagi Anak-Anak usia Dini. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol.5 No.1, Juni, 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/296285332.pdf
Springer, S. E., Harris, S., & Dole, J. A. 2017. From Surviving to Thriving: Four Research-Based Principles to Build Students’ Reading Interest. Reading Teacher, 71(1), 43–50. https://doi.org/10.1002/trtr.1581
Copyright (c) 2022 Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.