Tinjauan Bahaya Kecanduan Gadget Di SMPN 27 Kerinci

  • Pitrianti Pitrianti STIKIP Muhamadiah SungaI Penuh
  • Herman Ahmad MIN Tamiai
Keywords: sosialisasi, kecanduan gadget, siswa, anak

Abstract

Kecanduan merupakan permasalahn yang muncul akibat perkembangan teknologi dan penggunaan gadget yang berlebihan. Anak berumur 13 tahun hingga 18 tahun merupakan usia yang paling mudah terkena kecanduan gaget. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menambah pemahaman peserta agar lebih tahu mengenai dampak negatif dari kecanduan gadget serta bagaimana giat dalam menghidari kecanduat tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 27 Kerinci, dengan peserta sebanyak 30 siswa. Acara ini diharapakan bisa dilaksanakan di instansi, sekolah, atau tempat lain, agar pemahaman mengenai bahaya kecanduan gadget bisa dipahami lebih banyak lapisan masyarakat.Kecanduan merupakan permasalahn yang muncul akibat perkembangan teknologi dan penggunaan gadget yang berlebihan. Anak berumur 13 tahun hingga 18 tahun merupakan usia yang paling mudah terkena kecanduan gaget. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menambah pemahaman peserta agar lebih tahu mengenai dampak negatif dari kecanduan gadget serta bagaimana giat dalam menghidari kecanduat tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 27 Kerinci, dengan peserta sebanyak 30 siswa. Acara ini diharapakan bisa dilaksanakan di instansi, sekolah, atau tempat lain, agar pemahaman mengenai bahaya kecanduan gadget bisa dipahami lebih banyak lapisan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aric, S. (2017). Screen Dependency Disorder; A New Challenge for Child Neurology. Journal of the International of the International Child Neurology Association, Mey, 1–15. https://jicna.org/index.php/journal/article/view/jicna-2017-119/pdf

Asif, A. R. (2017). HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU REMAJA USIA 11-12 TAHUN. JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO, 6(2), 148–157. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/medico

Budi, M. E. P. (2020). PELAKSANAAN KELAS DIGITAL PARENTING BERTEMA CARA MENCEGAH KECANDUAN GADGET DI MASA GOLDEN AGE. Rosyada: Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 23–38. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/rosyada/article/view/2413

Chaidirman. (2019). Fenomena Kecanduan Penggunaan Gawai (Gadget) pada Kalangan Remaja Suku Bajo. Journal of Holistic Nursing and Health Science, 2(2), 33–41. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/hnhs

Chusna, P. A. (2017). PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK. Jurnal Dinamika Penelitian, 17(2), 315–330. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330

Ghufron. (2010). Teori-teori psikologi. Jogjakarta. AR-Ruzz Media.

Kominfo. (2018). Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak. Kominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media#:~:text=Dari riwayatnya%2C pemuda itu memiliki,rentang usia 13-18 tahun.

Marlina, D. (2021). DUA SISI GADGET PADA MASA PANDEMI. STIT Al-Kifayah Riau. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dua-sisi-gadget-pada-masa-pandemi/

Nuzuli, A. K. (2020). Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Komunikasi antar Pemain Game Online PUBG. Jurnal Komunikasi Global, 9(1), 20–41. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jkg.v9i1.15775

Nuzuli, A. K. (2021). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815

Ramadhani, R. F. (2019). PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN INTERNET GAMING DISORDER PADA ANAK USIA SEKOLAH. JIPT : Jurnal Ilmu Psikologi Terapan, 1(1), 81–100. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/download/7837/6364/21083

Sundus. (2018). The Impact of using Gadgets on Children. Journal Depress Anxiety, 7(1), 1–3. https://www.longdom.org/open-access/the-impact-of-using-gadgets-on-children-2167-1044-1000296.pdf

Yusuf. (2020). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT. Remaja Rosdakarya.

CROSSMARK
Published
2022-06-28
DIMENSIONS
How to Cite
Pitrianti, P., & Ahmad, H. (2022). Tinjauan Bahaya Kecanduan Gadget Di SMPN 27 Kerinci. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.32939/altifani.v1i2.908
Section
Articles