Hubungan Antara Keterlibatan Keluarga (Family Involvement) dengan Ketaatan Beragama di Sekolah Berbasis Asrama pada Siswa SMP IT Se-Wilayah Gunungpati Semarang

  • Ratna Kusumaningtyas Universitas Negeri Semarang (Semarang State University)
  • Muslikah Muslikah
Keywords: keterlibatan keluarga, ketaatan beragama, sekolah berbasis asrama

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dari penelitian untuk: (1) mengetahui tingkat keterlibatan keluarga, (2) mengetahui tingkat ketaatan beragama, dan (3) mengetahui hubungan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-Wilayah Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling dan  proportionate stratified random sampling dengan jumlah 251 siswa dari total 859 siswa yang tersebar di seluruh kelas VII, VIII dan IX. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis, baik skala psikologis keterlibatan keluarga maupun skala psikologis ketaatan beragama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ketaatan beragama memiliki rata-rata kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 61,4%, tingkat keterlibatan keluarga memiliki rata-rata kriteria tinggi dengan persentase sebesar 75,3%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-wilayah Gunungpati Semarang dengan rhitung 0,46 > rtabel 0,113 dan nilai (p) 0,000 < 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, D., & Suroso, F.N,. 2011. Psikologi Islam : Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Epstein, Joyce L., M.G. Sanders, B.S. Simon, K.C. Salinas, N.R. Jansorn, F.L. Van Voorhis. 2002. School, Family and Community Partnerships: Your Handbook for Action (Second Edition). Thousand Oaks, California: Corwin Press, Inc

Hurlock, Elizabeth B. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Ihsanudin, Ahmad. 2015. Peran Orang Tua Dalam Membentuk Religiusitas Anak Berprestasi di SD Negeri Panjatan Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga

Jalaluddin. 2016. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Juliawati, D. (2017). Studi Kasus Terhadap Mahasiswa yang Menikah Saat Menempuh Masa Kuliah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 43-49.

Juliawati, D., Yandri, H., Sujadi, E., & Ahmad, B. (2020). Pemantapan Tauhid Remaja Masjid Melalui Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 323-329.

Kaukab, Syeda Rakhshanda. 2016. The Impact of Parent/Family Involvement on Student Learning Outcomes. Jurnal Vol. 4 Iss.10. Pakistan: Departement Of Education, Sindh Madrassatul Islam University

Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. 2017. Diunduh tanggal 16 Oktober 2019, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2017_Nomor030.pdf

Pujosuwarno, Sayekti. 2008. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas Offset

Rifa’I, Aaan Fauzan. 2009. Kenakalan Remaja di Kalangan Santri Putra di Asrama Diponegoro Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Santrock, J.W. 2012. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi ke-13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriatna, Dedi. 2018. Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren untuk Anaknya. Intizar (Vol. 24. No.1). 17

Sutoyo, Anwar. 2015. Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

------. 2017. Bimbingan & Konseling Islami (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim KPAI. (2020, 10 Februari). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Diunduh tanggal 10 Maret 2020 dari https://www.kpai.go.id/berita/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Widyanuratikah, I. (2018, 08 Januari). KPAI Terima Pengaduan 4.885 Kasus Anak Selama 2018. Diunduh tanggal 16 Oktober 2019 dari https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/19/01/08/pl0dj1428-kpai-terima-pengaduan-4885-kasus-anak-selama-2018

Windiharta, Bima Suka. 2017. Pendampingan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Anak Didik di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Yandri, H., & Juliawati, D. (2018). Profile of the problem of the adolescent with parents as Indonesian migrant workers. Konselor, 7(4), 160-165.

CROSSMARK
Published
2021-07-02
DIMENSIONS
How to Cite
Kusumaningtyas, R., & Muslikah, M. (2021). Hubungan Antara Keterlibatan Keluarga (Family Involvement) dengan Ketaatan Beragama di Sekolah Berbasis Asrama pada Siswa SMP IT Se-Wilayah Gunungpati Semarang. Indonesian Journal of Counseling and Development, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.32939/ijcd.v3i1.534
Section
Articles