Hubungan Antara Keterlibatan Keluarga (Family Involvement) dengan Ketaatan Beragama di Sekolah Berbasis Asrama pada Siswa SMP IT Se-Wilayah Gunungpati Semarang
Abstract Penelitian ini memiliki tujuan dari penelitian untuk: (1) mengetahui tingkat keterlibatan keluarga, (2) mengetahui tingkat ketaatan beragama, dan (3) mengetahui hubungan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-Wilayah Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling dan proportionate stratified random sampling dengan jumlah 251 siswa dari total 859 siswa yang tersebar di seluruh kelas VII, VIII dan IX. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis, baik skala psikologis keterlibatan keluarga maupun skala psikologis ketaatan beragama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ketaatan beragama memiliki rata-rata kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 61,4%, tingkat keterlibatan keluarga memiliki rata-rata kriteria tinggi dengan persentase sebesar 75,3%, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan keluarga (family involvement) dengan ketaatan beragama di sekolah berbasis asrama pada siswa SMP IT se-wilayah Gunungpati Semarang dengan rhitung 0,46 > rtabel 0,113 dan nilai (p) 0,000 < 0,05
Downloads
References
Ancok, D., & Suroso, F.N,. 2011. Psikologi Islam : Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Epstein, Joyce L., M.G. Sanders, B.S. Simon, K.C. Salinas, N.R. Jansorn, F.L. Van Voorhis. 2002. School, Family and Community Partnerships: Your Handbook for Action (Second Edition). Thousand Oaks, California: Corwin Press, Inc
Hurlock, Elizabeth B. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Ihsanudin, Ahmad. 2015. Peran Orang Tua Dalam Membentuk Religiusitas Anak Berprestasi di SD Negeri Panjatan Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga
Jalaluddin. 2016. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Juliawati, D. (2017). Studi Kasus Terhadap Mahasiswa yang Menikah Saat Menempuh Masa Kuliah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 43-49.
Juliawati, D., Yandri, H., Sujadi, E., & Ahmad, B. (2020). Pemantapan Tauhid Remaja Masjid Melalui Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 323-329.
Kaukab, Syeda Rakhshanda. 2016. The Impact of Parent/Family Involvement on Student Learning Outcomes. Jurnal Vol. 4 Iss.10. Pakistan: Departement Of Education, Sindh Madrassatul Islam University
Lestari, Sri. 2016. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. 2017. Diunduh tanggal 16 Oktober 2019, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2017_Nomor030.pdf
Pujosuwarno, Sayekti. 2008. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas Offset
Rifa’I, Aaan Fauzan. 2009. Kenakalan Remaja di Kalangan Santri Putra di Asrama Diponegoro Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Santrock, J.W. 2012. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi ke-13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriatna, Dedi. 2018. Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren untuk Anaknya. Intizar (Vol. 24. No.1). 17
Sutoyo, Anwar. 2015. Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
------. 2017. Bimbingan & Konseling Islami (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tim KPAI. (2020, 10 Februari). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Diunduh tanggal 10 Maret 2020 dari https://www.kpai.go.id/berita/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Widyanuratikah, I. (2018, 08 Januari). KPAI Terima Pengaduan 4.885 Kasus Anak Selama 2018. Diunduh tanggal 16 Oktober 2019 dari https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/19/01/08/pl0dj1428-kpai-terima-pengaduan-4885-kasus-anak-selama-2018
Windiharta, Bima Suka. 2017. Pendampingan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Anak Didik di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Yandri, H., & Juliawati, D. (2018). Profile of the problem of the adolescent with parents as Indonesian migrant workers. Konselor, 7(4), 160-165.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Counseling and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.