KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (6-12) TAHUN DI LINGKUNGAN KELUARGA MENURUT PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Usman Yahya

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.50

Abstract

How is The concept of education of children primary school age (6-12) years in a family environment according to Islamic education? This formulation is detailed within the following limits: (1) What educational preparation of primary school age children (6-12) years in a family environment according to Islamic education, and (2) what materials and methods used in the education of parents of primary school age (6-12 ) years in a family environment education according to Islam The usefulness of this study were (1) provide insight to scientists information and about the education of children in the womb, (2) provide intellectual insight, especially to the mother and the father to educate elementary school-age children (6- 12) years in a family environment. Results in discussion are: (1). Preparatory education of children of primary school age (6-12) years in a family environment according to Islamic education is very important. Children at this age have already started critical and can do so directly with the good. Therefore, parents must understand the family environment and prepare for what materials and how to carry out the education of children of this age. (2) Materials and methods of primary school age children (6-12) years in a family environment according to Islamic education is also very important. Parents should know the educational material that will be given to their children well and parents also do it correctly. Konsep pendidikan anak usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam? Rumusan ini dirinci dalam batasan berikut: (1) Apa persiapan pendidikan anak usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam, dan (2) apa materi dan metode yang digunakan orangtua dalam pendidikan usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam. Kegunaan penelitian ini adalah (1) memberikan informasidan wawasan terhadap para ilmuwan tentang pendidikan anak dalam kandungan, (2) memberikan wawasan intelektual terutama kepada ibu dan ayah untuk mendidik anak usia sekolah dasar (6- 12) tahun di lingkungan keluarga. Hasil bahasan yang ditemuakan adalah: (1). Persiapan pendidikan anak usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam adalah sangat penting. Anak pada Usia ini sudah mulai kritis dan dapat melakukannya secara langsung dengan baik. Untuk itu, orangtua dilingkungan keluarga harus mengerti dan mempersiapkan materi apa dan bagaimana melakukan pendidikan terhadap anak usia ini. (2) Materi dan metode anak usia sekolah dasar (6-12) tahun di lingkungan keluarga menurut pendidikan Islam juga sangat penting. Orangtua hendaknya mengetahui materi pendidikan yang akan diberikan kepada anaknya dengan baik dan orangtua juga melakukannya dengan dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Usman Yahya

Dosen Jurusan Tarbiyah di STAIN Kerinci

References

Abuddin Nata, Pendidikan dalam perspektif al-Qur’an, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. al-Ma’arif, 1989
An-Nawawi, Syarah Shahih Muslim, juz XV, Kairo: Dar al-Fikr, 1981
Arif Furchan dan Agus Maimun, Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh , Yokyak
Burhan Bungin (ed.), Conten Analysis dan Fokus Discussion dalam Penelitian Sosial;
Metodologi Penelitian Kualitatif; Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Varian
Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001
--------------------, (Ed.) Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologi ke Arah
Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001
Departemen dan Kebudyaaan Republik Indonesia, kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 1988
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta:Balai
Pustaka, 1990
Djama’an Satori, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: ALFABETA, 2009
Elizabeth B. Hurlock, Development Psychology, Alih bahasa oleh Istiwidayanti dkk,
Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupn, Jakarta:
Erlangga, t.th.
Jhon M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggersi Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, 1996
Klaus Krippedndorff, Analisis Isi: Teori dan Metodologi,Terj. Farid Wjadi), Jakarta:
Rajawali Press, 1991
Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta Bumi Aksara, 1991
Masri Singarimbun, “Tipe, Metode dan Proses Penelitian: Dalam Metode Penelitian Surveey,
(Jakarta: LP3ES, 1987
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008
Moh. Kasiran, Ilmu Jiwa Perkembangan, Surabaya usaha Nasional, 1983
Moh. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988
Muhammad Fadhil al-Jamaly, Nahwa al-Tarbiyat al-Mu’minah, T.Kp.: al-Syirkah alTunisiyah,
li al-Tauziq 1977
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,
2006
Noeng Moehajir Metode Penelitian Kualitatif, Yokyakarta: Rake Sarsin, 1996
Paul Hendri Musen et.al. child Development and Personality 6 th” Alih bahasa oleh Med.
Meitasi Djandrasa, Perkembangan dan Kepribadian Anak, (Jakarta: Erlangga, 1988
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, jakarta: Kalam Mulia, 2008
Rianto Adi, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit, 2004
Siti Rahayu, Haditono, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai Bagiannya,
Hasil penerjemahan, penyesuaian dan penulisan kembali dari buku yang berjudul
Ontwikkelings Psychologie” Oleh Monk F.J. et al (Yokyakarta: Gajah Mada Universits
Press, 1991
Sudirman N. Ilmu Pendidikan, Bandung: Rosdakrya, 1987
Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, tt
-------------- Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,
Bandung: Alfabeta, 2006
Usman Yahya, Konsep Pendidikan Akhlak Keberagamaan Anak di Lingkungan Keluarga
Perspektif Psikologi Agama,Tesis, (Padang; IAIN IB., 2002

Published

2016-08-18

How to Cite

Yahya, U. (2016). KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (6-12) TAHUN DI LINGKUNGAN KELUARGA MENURUT PENDIDIKAN ISLAM. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.50