Pendidikan Berbasis Al-Qur’an : Pengembangan Kurikulum dan Disiplin Madrasah Diniyah Tarbiyatusshibyan Madiun

  • Wahyu Ihsan IAIN PONOROGO
Keywords: Displin, Kurikulum, Pendidikan

Abstract

Pengabdian ini berfokus pada perbaikan kurikulum pendidikan Madrasah dan peningkatan disiplin santri Madrasah Tarbiyatusshibyan yang terletak di Dusun Basekan Desa Banjarsari Wetan Madiun. Pengembangan kurikulum dilakukan karena sudah usang dan tidak layak diajarkan oleh para santri. Ditambah dengan santri yang tidak mau berdisiplin dan tidak taat pada ustadz. Masalahnya adalah tidak ada kesejahteraan guru, jam pelajaran yang sebentar, latar belakang keluarga dan sifat para santri yang berbeda sampai kualitas SDM yang sangat minim. Untuk mengatasi masalah ini memanfaatkan asset dan potensi yang ada, seperti masyarakat, masjid, lembaga Madrasah dan pihak KEMENAG Kab.Madiun. hasilnya sangat memuaskan bahwa (1)pemahaman santri terhadap kurikulum baru yaitu penambahan pelajaran Akhlaq, Bahasa Arab dan SKI bisa diterima santri, mereka paham dan menerapakannya di luar pelajaran, (2)disiplin santri yang meningkat karena para ustadz memberlakukan aturan ketat disertai dengan hukuman apabila melanggar aturan, (3)disetujuinya proposal bantuan anggaran Madrasah dari pihak KEMENAG Kab.Madiun untuk mengatasi kesejahteraan para ustadz serta meningkatkan sarana prasarana. Maka dengan melihat hasil kegiatan, bisa dinilai bahwa pengabdian ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan disiplin para santri, mengatasi kesenjangan kesejahteraan para ustadz dan antusias baik para masyarakat sekitar serta pengurus Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an : Penerapan Pola Sistematika Nuzulnya Wahyu (SNW) di Pondok Pesantren Hidayatullah Panyula Kabupaten Bone. Lentera Pendidikan, 19(1), 30–41.

Mukhid, A. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. Nuansa, 13(2).

Nuzuli, A. K. (2021a). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815

Nuzuli, A. K. (2021b). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci. com. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887

Nuzuli, A. K. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN MOTIF BARU KERAJINAN BATIK SONJIWANI. PROSIDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT, 457–562. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2479/2297

Utami, N. A. D. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Membangun Karakter Siswa SMPIT Harapan Ummat Purbalingga. IAIN Purwokerto.

Wulandari, D. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Al-Qur;an Dalam Pencapaian Karakter Peserta Didik Di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

CROSSMARK
Published
2022-06-28
DIMENSIONS
How to Cite
Ihsan, W. (2022). Pendidikan Berbasis Al-Qur’an : Pengembangan Kurikulum dan Disiplin Madrasah Diniyah Tarbiyatusshibyan Madiun. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(2), 168–777. https://doi.org/10.32939/altifani.v1i2.1019
Section
Articles