Optimalisasi Layanan Informasi pada Remaja Di SMKN 2 Sungai Penuh Dalam Memperbaiki Moral Siswa Di Sekolah
Abstract Tulisan ini menjelaskan tentang layanan informasi di sebuah sekolah untuk memperbaiki moral para siswanya. Usia Remaja adalah usia seseorang mencari jati diri, tidak jarang remaja selaku pelajar terjebak perilaku negatif. Oleh sebab itu, sangat diperlukan layanan informasi yang tepat untuk memperbaiki perilaku dan moral pelajar. Pengabdian ini bertujuan untuk memberi layanan informasi bagi pelajar dan berharap adanya perbaikan moral pada mereka. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa layanan sangat penting bagi siswa. Bagi mahasiswa yang tetap melanggar pelanggaran serius, akan berdampak akan berdampak dikeluarkan dari sekolah
Downloads
References
Abidin, A. M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282
Alfin Siregar, M. P. . (2016). Penggunaan Layanan Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Minat Kewirausahaan (Enterpreunership) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Penggunaan Layanan Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Kewirausahaan (Enterpreunership) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017.
Astuti, A. D. (2017). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menguatkan Nilai-Nilai Moral Remaja yang Berkarakter. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2. https://doi.org/http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/57
Nida, Khoirun. (2013). intervensi teori perkembangan moral lawrence kohlberg dalam dinamika pendidikan karakter. Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter, 8.
Gomes, F. De. (2015). Prosedur Pengubahan Tingkah Laku dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 286. https://doi.org/https://doi.org/https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/44
Gustiyana. (2018). Perbedaan Perilaku Moral Siswa Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Umum Dan Agama ( Sma Negeri 1 Negeri Besar Way Kanan Dan Man 1 Bandar Lampung ). Psikologi Agama. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5998
Hudi, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa Smp Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orang Tua. Jurnal Moral Masyarakat, 2(1), 30–44. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v2i1.1698
Karmila. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak Pada Mata Pelajaran Pkn Sdn 03 Ele Kec. Tanete Riaja Kab. Barru. Universitas Muhammadiyah Makassar. https://doi.org/https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19155-Full_Text.pdf
Kasmia. (2020). Pengaruh Pola Pikir Terhadap Kemampuan Presentasi Mahasiswa Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Iain Parepare. IAIN Parepare. https://doi.org/http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1585
Laia, F. (2022). Kesalahan Tata Bahasa Pada Surat Izin DiSekolah Yang Ditulis Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Amandraya Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Kohesi/article/view/475
Listianah. (2013). Penerapan Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Movie Maker Untuk Meningkatkan Pemahaman Memilih Studi Lanjut Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 3 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1). https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/245548-penerapan-layanan-informasi-dengan-mengg-a6211b95.pdf
Maqbul. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri Bontoa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar. https://doi.org/https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3885-Full_Text.pdf
Mayanti, I. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas Iv Di Mi Al- Ittihadul Islamiyah Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Mataram. https://doi.org/http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2339
Mulyadi. (2018). Tingkah Laku Menyimpang Remaja dan Permasalahannya. Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15548/atj.v4i1.509
Mutakin, A. (2018). Apa Lingkungan Itu ? Jurnal Geografi, 1(2), 65. https://doi.org/https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/147
Rambe, S. apriani. (2017). pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter siswa di pondok pesantren dar al-ma’arif kecamatan kota pinang. UIN Sumatera Utara. https://doi.org/http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6783
Sapara, mensi m. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud, 13(3). https://doi.org/https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/29607
Sukma. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Moral Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan. https://doi.org/http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2053
Suriyanti, E. (2020). Analisis Pola Pikir (Mindset), Penilaian Kerja Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Jurnal Kindai, 16(1), 102–101. https://doi.org/10.35972/kindai.v16i1.358
Widowati, N. (2015). Dampak Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa Terhadap Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v4i4.9379
Zainudin, J. (2019). Judul Pendidikan Moral Terhadap Perilaku Anak Didik SMA Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal Penelitian Tarbawi, 4(2), 12–13. https://doi.org/https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i2.231
Copyright (c) 2022 Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.