Pelestarian Benda Cagar Budaya Di Batusangkar

  • Arki Auliahadi IAIN Kerinci
  • Doni Nofra UIN Bukit Tinggi
Keywords: benda cagar budaya, batu sangkar, pelestarian

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang bagaimana pelestarian Benda Cagar Budaya di Batusangkar. Pengabdian ini dilatar belakangi oleh perjalanan ke situs-situs cagar budaya Batusangkar. Dalam perjalanan itu ditemukan banyak benda cagar budaya yang tidak terawat dengan baik, hal ini terbukti sudah banyak benda cagar budaya  yang rusak, bahkan lokasi cagar budaya tersebut tidak terawat dan kotor. Melalui permasalahan yang dipaparkan di atas penulis ingin melihat sejauh mana partisipasi masyarakat di sekitar benda cagar budaya yang ada di Batusangkar sehingga benda cagar budaya tersebut dapat terjaga dengan baik. Hasil pengabdian yang dilakukan bahwa Benda Cagar Budaya di Batusangkar secara umum untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat. Adapun alasan dari masyarakat untuk tidak ikut serta dalam pelestariannya di Batusangkar karena adanya pemahaman masyarakat tentang yang menjaga benda cagar budaya adalah orang yang sudah ditetapkan oleh pihak BPCB, tidak ikut lagi untuk membersikan dan menjaganya. Selain itu, ada beberapa benda cagar budaya yang mendapat perhatian dan partisipasi dari masyarakat setempat seperti Masjid Raya Lima Kaum dam Makam Panjang Tantejo Gurano. Dalam hal ini, bentuk partisipasi yang diberikan masyarakat berupa; Partisipasi Buah Pikiran. Partisipasi Tenaga. Partisipasi Harta Benda. Partisipasi Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal. (2020) Masyarakat sekitar situs, Wawancara lansung di lokasih cagar budaya, Tanah Datar.

Asnia, Putriya. (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Pelestarian Cagar Budaya Candi Muara Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sumatera Barat, Undang-undang Republik Indonesia No. 11 tahun 2010, tentang Cagar Budaya.

Rahmiati. (2020). Masyarakat sekitar situs, Wawancara lansung di lokasi cagar budaya, Tanah Datar

Suharno. (2020). Masyarakat sekitar situs, Wawancara lansung di lokasi cagar budaya, Tanah Datar.

Slamet, Y. (1994). Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi, Surakarta: Sebelas Maret University Press

Wijaksono, Sigit. (2013). Pengaruh lama tinggal terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan pemukiman. Jurnal ComTech, 4(1)

CROSSMARK
Published
2022-12-15
DIMENSIONS
How to Cite
Auliahadi, A., & Nofra, D. (2022). Pelestarian Benda Cagar Budaya Di Batusangkar. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 2(2), 128–144. https://doi.org/10.32939/altifani.v2i2.1696
Section
Articles