Pengembangan Strategi Pemasaran di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan dengan Media Digital

  • Wiwid Adiyanto Univerisita Amikom Yogyakarta
  • Bayu Wicaksono Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: desa Brajan, pemasaran digital, promosi, wisata

Abstract

Desa Brajam memiliki potensi terkait kerajinan bambu yang diproduksi oleh masyarakatnya. Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan ini di kembangkan oleh warga di desa tersebut. Permasalahan industi berbasis desa wisata tersebut adalah belum memaksimalkan pemasaran digital secara optimal. Kegiatan ini menawarkan program pelatihan dan sosialisasi terkait pemasaran digital untuk keperluan promosi. Kegiatan ini dilakukan secara luring yang melibatkan dosen, mehasiswa, relawan, dan masyarakat umum, khususnya masyarakat desa Brajan. Kegiatan di awali dengan observasi, lalu pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM di desa Brajan dalam membuat intrumen promosi secara digital. Hal tersebut menjadi titik masuk untuk mengembangkan strategi pemasaran desa kerajinan bambu Brajan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmoko, M., Yunita, A., & Ramadhanti, D. (2022). Pengembangan Kawasan Desa Wisata Selotapak Melalui Digital Branding Guna Meningkatkan Mutu Media Promosi. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 301–313. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3235

Herlina, Y. (2007). Komposisi dalam Seni Fotografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 9(2), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.9.2.pp.%2082-88

Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2014). Wow Marketing. Erlangga Pustaka Utama.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2012). Teori Komunikasi (9th ed.). Salemba Humanika.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2021). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Kajian Ruang, 1(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790

Nasatama, A., & Widiastuti, A. (2018). Potensi Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan dalam Menumbuhkan Peluang Usaha. Social Studies, 7(6), 637–642.

Novitaningtyas, I., Achsa, A., & Rahardjo, B. (2020). Strategi Pemasaran Desa Brajan Menuju Desa Wisata Mandiri. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 6(3), 591–601. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.17358/jabm.6.3.591

Nugraha, W. S. (2020). Desa Wisata Brajan. Tribunnews.

Nuzuli, A. K., Khirani, S. A., Putri, S. Y., Rahmadani, S. U., Wahyuni, W., & Sandra P., Z. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI KONSELING DALAM MENGINTERNALISASIKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 104. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9227

Nuzuli, A. K., Putra, O. J., Putri.T, N. Y., Darmansyah, N., Pratama, R. P., & Chandra, R. R. (2022). Strategi Komunikasi Guru Konseling SMAN 4 Sungai Penuh Dalam Pemenuhan Perhatian Pada Siswa Slow Learner. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 537–544. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v9i2.3417

Nuzuli, A. K., Yuliani, D. S., Yudialza, A., Satria, E. D., R, F. F., & Ritama, F. D. (2023). Strategi Komunikasi Membina Siswa Broken Home. Warta ISKI, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.199

Parasari, N. S. M., Suputra, I. M. G., Anggreswari, N. P. Y., & Pidada, I. A. I. (2023). Upaya Peningkatan Usaha Mikro Kecil menengah di Desa Pitra Tabanan Melalui Sosialisasi Edukasi Pemasaran Digital. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 837–845. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5371

Rahma, P. D., & Aldila, R. (2017). Identifikasi Potensi dan Masalah Desa Sidomulyo Sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata di Kota Batu. Jurnal Reka Buana, 2(1), 89–97. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33366/rekabuana.v2i1.667

Ramadhian, N. (2021). Kendala Pengembangan Desa Wisata, Konflik hingga Penyediaan Toilet Standar. Kompas.Com.

Richard West, L. H. T. (2008). PENGANTAR TEORI KOMUNIKASI ANALISIS DAN APLIKASI. SALEMBA HUMANIKA.

Rubiyanti, Y. (2020). Konsep Ecotourism Masa Transisi Pandemi Covid-19 di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Yogyakarta. Jurnal Pengetahuan Dan Perancangan Desain Interior, 8(2), 39–47. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v8i2.5202

Thohir, M. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Budaya Berdasarkan Pendekatan Kualitatif. Fasindo.

Utami, R., & Fauzi, A. (2023). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL JAMAN, 3(1), 90–94. https://doi.org/https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663

Yunianto, I. (2021). Teknik Fotografi Belajar dari Basic Hingga Professional. Yayasan Primaagus Teknik.

CROSSMARK
Published
2024-08-28
DIMENSIONS
How to Cite
Adiyanto, W., & Wicaksono, B. (2024). Pengembangan Strategi Pemasaran di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan dengan Media Digital. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.32939/altifani.v3i2.2925 (Original work published December 24, 2023)
Section
Articles