Teknologi dan Kreativitas Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Moderen di SMA Kartika Kendari

  • Edisus Suseng Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Fenti Nur Aviani Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Endriani Endriani Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Ririn Ririn Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Naya Insiani Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Zila Razilu Universitas Muhammadiyah Kendari
Keywords: media pembelajaran modern, teknologi pendidikan, kreativitas guru, motivasi siswa, pembelajaran interaktif., Media pembelajaran modern, teknologi pendidikan, kreativitas guru, motivasi siswa, pembelajaran interaktif.

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran modern berbasis teknologi di SMA Kartika, dengan fokus pada peningkatan kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif. Isu pokok yang diangkat adalah rendahnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah tersebut, yang berdampak pada motivasi dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan kepada guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan alat teknologi, seperti aplikasi presentasi interaktif dan platform kuis online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% siswa merasa lebih termotivasi dan 78% merasa lebih memahami materi setelah penerapan media baru tersebut. Selain itu, keterampilan guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran meningkat secara signifikan, dengan rata-rata kemampuan yang lebih tinggi dalam mengedit video, membuat presentasi, dan menggunakan platform pembelajaran digital. Kendala utama yang dihadapi adalah waktu yang terbatas untuk persiapan materi, yang menunjukkan perlunya pendampingan lanjutan. Secara keseluruhan, penerapan teknologi dalam pembelajaran di SMA Kartika memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eggen, P., & Kauchak, D. (2023). Educational psychology: windows on classrooms. 11th edition. Pearson.

Fathoni, A., Prasodjo, B., Jhon, W., & Zulqadri, D. M. (2023). Media dan pendekatan pembelajaran di era digital: hakikat, model pengembangan & inovasi media pembelajaran digital.

Hidayat, M., et al. (2022). Inovasi media pembelajaran berbasis teknologi di era digital. Yogyakarta: Deepublish.

Indrawati, D., Lestari, R., & Saputra, Y. (2022). Interactive learning media: a case study in mathematics and history lessons. Indonesian Journal of Educational Media, 8(3), 152–168.

Kartika, E. (2021). Pengaruh kreativitas guru terhadap keterlibatan siswa. Bandung: Mizan.

Kusumawati, D., & Setiawan, A. (2023). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 45–59.

Mulyadi, A., Rahmat, H., & Kuswandi, W. (2023). Effectiveness of technology-based training for teachers in rural areas. Journal of Educational Technology, 9(1), 45–59.

Prasetya, A. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pendidikan menengah. Jakarta: Gramedia.

Setiawan, I. (2023). Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan keterampilan siswa. Bandung: Alfabeta.

Sundari, E. (2024). Transformasi pembelajaran di era digital: mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan modern. Jurnal Sindoro: Cendikia Pendidikan., 4(5), 25-35.

Susilo, H. (2022). Pembelajaran berbasis teknologi di sekolah menengah: studi kasus dan praktik. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, S. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran abad 21. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

CROSSMARK
Published
2024-12-29
DIMENSIONS
How to Cite
Suseng, E., Aviani, F. N., Endriani, E., Ririn, R., Insiani, N., & Razilu, Z. (2024). Teknologi dan Kreativitas Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Moderen di SMA Kartika Kendari. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 4(2), 31–40. https://doi.org/10.32939/altifani.v4i2.4551
Section
Articles