Sosialisasi Bahaya Kecanduan Tik Tok
Abstract Pengabdian ini berfokus pada fenomena aplikasi berbagi video yang sedang berlangsung. Popularitas masyarakat dengan aplikasi berbasis smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS, atau Tik Tok. Antusiasme Indonesia untuk Aplikasi Video Sharing Menggunakan koneksi 4G LTE yang luar biasa. Aplikasi ini mendukung pengguna meihat video rekaman. Aplikasi berbagi video sangat berguna untuk selebriti dan bisa Bantu mereka meningkatkan popularitas mereka di masyarakat. Namun, aplikasi ini juga memiliki kerentanan Karena disalahgunakan oleh beberapa pengguna untuk menampilkan kesan negatif, Hal ini menimbulkan pertanyaan besar di antara banyak pemangku kepentingan, terutama para pendidik dan ilmuwan. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta teknik pengumpulan data Teknik observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen, serta analisis data deskriptif informan Penelitian ini mempengaruhi pengguna aplikasi Tik Tok dan berbagai pemangku kepentingan. Rumusan pertanyaan penelitian Dampak penggunaan aplikasi video sharing Tik Tok pada mahasiswa IAIN Kerinci prodi bimbingan dan konseling .Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi berbagi video memiliki Tik Tok Banyak celah yang menimbulkan bahaya bagi pengguna. diantara merekaBatas usia santai untuk pengguna. nomor telepon, akun Gmail, atau Pengguna Facebook kini dapat melihat video rekaman melalui aplikasi ini. kasus ini Berikan kesempatan bagi anak di bawah umur untuk menonton acara sensitive Seperti mengakses konten porno. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai pembuat kebijakan Sektor TIK mencoba mengakses ke aplikasi berbagi video Tik-tok melalui langkah-langkah Pemblokiran sementara.
Downloads
References
Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.549
Asdiniah Triana, E. N. A. L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Vol. 5 No. 1 (2021): 2021), 1675–1682.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Dodi Priyatmo Silondae. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang, 3(2), 6.
Egy Novita Fitri, M. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24.
Fauza, W., & Chalidaziah, W. (2021). Konseling Individual dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i1.3236
Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250
Gatot Marwoko C A. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam, 26(1), 60–75.
Genny Gustina Sari, Nasution, B., & Yesicha, C. (2019). Citra dan Opini Publik. UR Press, 7(2), 77–83.
Hidayati, F. W., Jhoansyah, D., Deni, R., & Danial, M. (2021). Jurnal Indonesia Sosial Sains. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 230–240. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.505
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–7.
Muttaqin, R., Wagimin, & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 174–179.
Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci.com. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887
Nuzuli, A. K., Sari, R. J., Kurnia, P., Indah, R. R., & P, R. R. (2023). Optimalisasi Peningkatan Keterampilan Manajemen Referensi Di Dalam Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Mendeley Pada Mahasiswa Iain Kerinci. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 135–145. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1409
Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan pengaruhnya terhadap self-esteem siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 4–6.
Putri, D., & Adawiyah, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. 14(2), 135–148.
Rahmayani, M., Ramdhani, M., & Lubis, F. O. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3327. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3563
Rosini, R., & Nurningsih, S. (2018). Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 226. https://doi.org/10.22146/bip.33844
Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sikap Prososial. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 79–85.
Suryani, S., & Khairani, K. (2017). Pendapat Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 53. https://doi.org/10.29210/12017287
Copyright (c) 2023 Ahmad Zuhdi, Fahkri Fahkri, Besti Alvy Almy, Naidari Naidari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.