Komunikasi Bencana Menghadapi Era New Normal di Masa Pandemi Covid
Abstract Penanggulangan bencana menyebutkan, ada tiga jenis bencana, yakni bencana alam, non alam, dan bencana sosial. Bencana non alam yang saat ini kita alami yaitu wabah atau pandemi covid 19. Pentingnya komunikasi bencana saat bencana masih berlangsung yaitu agar masyarakat menerima pesan dari sumber yang jelas. Selain itu masyarakat dapat menerima informasi yang telah dikelola dengan keteraturan dan terkoordinasi secara integratif. Pengabdian ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman warga masyarakat Dusun Bromonilan terhadap protokol kesehatan di masa pandemi covid 19, serta menanamkan pemahaman terhadap kebijakan era new normal di masa pandemi covid 19 dan peran masyarakat untuk menghidupkan kembali perekonomian dengan tetap mematuhi kebijakan era new noramal di masa pandemi covid 19. Selain itu, penggunaan media yang tepat untuk menyampaikan informasi kepada warga masyarakat Dusun Bromonilan di masa pandemi covid 19 juga menjadi hal penting. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan transfer of knowledge melalui penguatan literasi edukasi yang dikemas dalam konsep komunikasi bencana dengan implementasi melaui FGD (Focus Group Discussion) serta melalui media komunikasi massa dan tools.
Downloads
References
Coppola, P, D., & Maloney, E. K. (2009). Communicating Emergency Preparedness Strategies for Creating a Disaster Resilient Public. Auerbach Publications.
Etinay, N., Egbu, C., & Murray, V. (2018). Building Urban Resilience for Disaster Risk Management and Disaster Risk Reduction. Procedia Engineering, 575*582. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.proeng.2018.01.074
Fisher, B., Atwell, A., Iles, I., & Herovic, E. (2019). Tornado Warning : Understanding the National Weather Service’ s communication strategies. Public Relations Review. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101879
Haddow, G. D., & Kims. (2008). Disaster Com-munications, In A Changing Media World. Elsevier.
Lestari, P. (2018). Komunikasi Bencana. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Mega Sara Yulianti &Meyla Angeline Mohede. (2015). MANAJEMEN INFORMASI DALAM BENCANA ALAM (p. 47).
Nuzuli, A. K. (2021a). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815
Nuzuli, A. K. (2021b). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci. com. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887
Richard West, L. H. T. (2008). PENGANTAR TEORI KOMUNIKASI ANALISIS DAN APLIKASI. SALEMBA HUMANIKA.
Simonovi´c, & Slobodan, P. (2011). Systems Approach to Management of Disasters : Methods and Applications. John Wiley & Sons Hoboken.
Tamtomo, A. B. (2020). INFOGRAFIK: Panduan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 untuk Sambut New Normal. Kompas.Com.
Copyright (c) 2021 Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.