Literasi Digital Dalam Mencegah Penyebaran Konten Hoaks Pada Aparatur Pemerintah Desa

  • Ade Novia Maulana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Vina Devi Setyaningrum Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Abstrak

Era digital membawa banyak perubahan besar dalam kehidupan khususnya masyarakat. Hoaks dianggap sebagai suatu persoalan yang serius pada era digital. Semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia saat ini maka akan semakin tinggi frekuensi masyarakat dalam mengakses informasi dan konten di sosial media. Sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah penyebaran konten hoaks pada aparatur pemerintah desa di Desa Argosari sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat di Desa Argosari. Pelaksanaan kegiatan webinar tentang tentang mencegah penyebaran konten hoaks kepada pemerintah Desa Argosari yang bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang literasi  digital, serta untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah desa dalam mencegah penyebaran konten hoaks yang marak terjadi. Selain itu, juga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, pemerintah desa mempunyai kesadaran tentang pentingnya wawasan mengenai literasi digital bagi masyarakat, sehingga aparatur desa dapat menjadikan kegiatan ini menjadi gerakan literasi digital bagi masyarakat desa. Dengan demikian, sasaran dari kegiatan gerakan literasi digital ini nantinya akan memiliki daya jangkau yang lebih luas lagi di kalangan masyarakat desa.   Kata Kunci: Literasi Digital, Hoaks, Media Sosial, Aparatur Desa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, I.F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1).

Amaly, N., & Armiah, A. (2021). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v2 0i2.6019

Amelia, D. J., & Ulumu, B. (2019). Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa PGSD Universitas Muhamamdiyah Malang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 106–111. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i 2.144

Bahri, S. (2021). Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media. Jurnal Ilmu Komunikasi |, 10(1), 16–28.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN METODE PENDIDIKAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR. Journal of Scientech Research and Development (JSRD), 5(1), 208–219. https://doi.org/https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Dhora, S. T., Hidayat, O., Tahir, M., Arsyad, A. A. J., & Nuzuli, A. K. (2023). Dakwah Islam di Era Digital: Budaya Baru “e-Jihad” atau Latah Bersosial Media. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 306. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1804

Fatmawati, S., Salzabila, R., Rizkitama, G. A., & Nugroho, R. A. (2019). Analisis Berita Hoaks di Korpus Sosial Media Guna Mengembangkan Model “KAPAK HOAKS” (Kemandirian Pembaca Menganalisis Konten Hoaks) Studi Analisis Wacana Kritis. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(2), 113–135. https://doi.org/10.33633/lite.v15i2.2525

Fitriarti, E. A. (2019). Urgensi Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax. Meta Communicatio Journal Of Communication Studie, 4(2), 234–246.

Monggilo, Z. M. Z. (2020). Analisis Konten Kualitatif Hoaks Dan Literasi Digital Dalam @Komikfunday. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.1- 18.

Naufal, H.A. (2021). Literasi Digital. Perspektif. 1(2)

Nuzuli, A. K. (2021). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815

Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci.com. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887

Nuzuli, A. K., Putra, O. J., Putri.T, N. Y., Darmansyah, N., Pratama, R. P., & Chandra, R. R. (2022). Strategi Komunikasi Guru Konseling SMAN 4 Sungai Penuh Dalam Pemenuhan Perhatian Pada Siswa Slow Learner. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 537–544. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v9i2.3417

Nuzuli, A. K., Sari, R. J., Kurnia, P., Indah, R. R., & P, R. R. (2023). OPTIMALISASI PENINGKATAN KETERAMPILAN MANAJEMEN REFERENSI DI DALAM KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MENDELEY PADA MAHASISWA IAIN KERINCI. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 135–145. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1409

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575

Rizkinaswara, L. (2021). Kominfo Temukan 1.819 Isu Hoaks Seputar Covid-19. Aptika.Kominfo.Go.Id, 2–3. https://aptika.kominfo.go.id/2021/08/ko minfo-temukan-1-819-isu-hoaks- seputar-covid-19

Sulianta, F. (2020). Buku Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Universitas Pendidikan Indonesia, June, 81–82. June. https://www.researchgate.net/publicati on/341990674

UNESCO. (2018). JOURNALISM, ‘ FAKE NEWS ’ & Handbook for Journalism Education and Training.

CROSSMARK
Diterbitkan
2024-08-28
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Novia Maulana, A., & Setyaningrum, V. D. (2024). Literasi Digital Dalam Mencegah Penyebaran Konten Hoaks Pada Aparatur Pemerintah Desa. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.32939/altifani.v3i1.1791 (Original work published 19 Juni 2023)
Bagian
Articles