Pembinaan Akhlak Pada Anak di Madrasah Ibtidayah No.04/E.72 Koto Baru Kota Sungai Penuh

  • Kholil Ismail Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Laela Asturi Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Dera asmilia Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Ilfan Mahendra Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstrak

Banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pembentukan akhlak  pada anak terutama tentang nilai norma dan moral. Hal itu yang membuat perlunya melakukan pembinaan akhlak pada anak. Untuk hal itu, tim melakukan pembinaan akhlak terhadap anak dengan menggunakan sistem ceramah.  Penggunaan metode ceramah juga sangat efektif dan praktis, karena banyak siswa yang berpartisipasi dan banyak hasil yang diperoleh dari materi yang dibuat.  Perwujudan nilai-nilai moral juga memerlukan proses yang sangat panjang, dan penamaannya tidak sekedar formal, tetapi sudah mencapai taraf praktis. Dan yang diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dapat memberi perhatian terhadap anak sebagai langkah awal untuk mencegah perbuatan yang melanggar nilai-nilai moral.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprily, N. M., Rosidah, A. K., & Hashipah, H. (2023). Maaf, Terima Kasih, Tolong dan Permisi: Empat Kata Ajaib dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 8(1), 123-132.

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Menghubungkan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa diLingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 380-390.

Firmanyah, A. (2020). pengaruh perhatian orang tua terhadap peningkatan akhlak anak. journal of islamic education, 2(1), 139-150.

Fitri, A. N., Riana, A. W., & Muhammad , F. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 230-242.

Habibah, M., & Wahyuni, S. (2020). Literasi agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa RA Al hikmah Kediri. JCE(Journal Of Childhood Education), 4(1), 46-61.

Hanifah, Sutedja, A., & Ahmaddien, I. (2020). pengantar statistika. Bandung: widina Bhakti Persada Bandung.

Ibrahim, M. J. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 1(1), 1-17.

Imran, A. (2019). Problematika Pembelajaran Akidah di Sekolah Dasar. Sosio Dialektika, 4(1).

Iriana, F. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 5(1).

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Universitas PGRI Palembang.

Ma'mun, S. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Ceramah Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 20(2), 137-150.

Marzuki. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM. Yogyakarta: AMZAH.

Moma, L. (2017). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA MELALUI METODE DISKUSI. Cakrawala pendidikan(1).

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57.

Nurrita, T. (2021). Pendidikan Anak dalam Konsep Islam. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur'an Hadist Syari Ah dan Tarbiyah, 6(1), 157-170.

Ramadhani, S. A. (2022). Metode dan Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah. Al-Fathonah, 1(5), 686-696.

Rusli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidik anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 143-146.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furmasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 7158-7163.

Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, k., Nuralfiah, S., & Ulfani, N. (2020). Pengarus Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa:Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 375-385.

Sari, D. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar. Universitas Negri PGRI Palembang.

Silviyanah, S. (2012). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar. Jurnal Tarbawi, 1(3), 191.

Subahri. (2015). Aktualisasi Akhlak dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167-182.

utami, S. W. (2019). Penrapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Wally, M. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70-81.

CROSSMARK
Diterbitkan
2023-12-24
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Ismail, K., Asturi, L. ., asmilia, D., & Mahendra, I. . (2023). Pembinaan Akhlak Pada Anak di Madrasah Ibtidayah No.04/E.72 Koto Baru Kota Sungai Penuh. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 3(2). Diambil dari https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/3136
Bagian
Articles