Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis PowerPoint untuk Guru PAUD
Abstrak Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam menciptakan media pembelajaran digital berbasis PowerPoint yang interaktif dan efektif. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran di PAUD, yang disebabkan oleh kurangnya pelatihan dan akses terhadap media digital. Permasalahan utama adalah minimnya keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi untuk menarik minat belajar anak usia dini. Kegiatan ini melibatkan pelatihan intensif dengan pendekatan praktis dan partisipatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru, khususnya dalam penggunaan elemen visual dan animasi. Pembahasan menyoroti relevansi temuan dengan kebijakan Merdeka Belajar dan pentingnya pelatihan berkelanjutan. Kesimpulan menegaskan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran anak usia dini. Kegiatan ini merekomendasikan pelatihan lanjutan berbasis teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih kreatif dan adaptif.
Unduhan
Referensi
Alamsyah, R., & Hartono, T. (2021). Efektivitas penggunaan powerpoint dalam pembelajaran PAUD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 110–120.
Apriani, W., Nuraisana, N., Perwira, Y., Kurniati, Y. E., & Irhami, F. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan powerpoint pada guru PAUD untuk pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 2(2), 82–90.
Arifin, Z. (2021). Penggunaan Animasi dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 15(2), 202–210.
Azizah, M., & Ramadhan, F. (2023). Pelatihan digital untuk guru PAUD di era merdeka belajar. Jurnal Transformasi Pendidikan, 6(1), 78–85.
Direktorat PAUD dan Dikmas. (2022). Strategi Transformasi digital dalam pendidikan anak usia dini. Jakarta: Direktorat PAUD.
Drucker, P. F. (2008). Management challenges for the 21st century. HarperBusiness.
Fadila, R., & Setiawan, M. (2022). Tantangan penggunaan teknologi di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 9(3), 120–131.
Hidayati, S. (2023). Teknologi dalam pembelajaran PAUD: tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi., 11(4), 95–102.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan nasional tentang pengembangan kompetensi guru PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kusnadi, R., & Setiawan, E. (2021). Peran media interaktif dalam pembelajaran PAUD. Jurnal Pembelajaran Anak, 13(1), 78–85.
Mulyadi, T., & Sulistiyani, R. (2023). Keterbatasan akses teknologi di Sekolah PAUD di daerah terpencil. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 14(3), 143–155.
Nurhidayah, R. (2023). Manfaat media interaktif dalam pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan Anak., 12(2), 110–119.
Simbolon, S., Tanjung, R., & Puspita, N. (2023). Implementasi media pembelajaran digital di wilayah terpencil. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 16(1), 75–89.
Supriyadi, I. (2022). Pengembangan Teknologi di pendidikan anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 45–56.
UNESCO. (2023). Digital Learning framework: integrating technology in early education. Paris: UNESCO Publishing.
Wahyu, D. (2022). Peran infrastruktur teknologi dalam pendidikan PAUD di Indonesia. 8(2), 34-42. Jurnal Pendidikan Teknologi, 8(2), 34–42.
Wahyuni, S., & Prasetyo, B. (2022). Implementasi teknologi digital dalam pembelajaran interaktif untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 32–40.
Hak Cipta (c) 2024 Lilianti, Adam, Nurzaima, Mujiati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.