Pendampingan Metode Talaqqi: Kunci Sukses Membentuk Hafiz Qur'an yang Berkualitas di Rumah Tahfiz Nur Jannah

  • Muhammad Furqan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat melalui pendampingandengan metode talaqqi: kunci sukses membentuk hafiz Qur'an yang berkualitas di rumah tahfiz Nur Jannah ini bertujuan untukmemberikan bimbingan dan pendampingan kepada anak-anak di sekitar Kelurahan Tanjung Aur agar dapat membaca dan menghafal ayat-ayat suci al-Qur'an dengan baik dan benar sertalancar. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Aur, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat. Pesertayang mengikuti pendampingan ini sebanyak 20 orang anak yang berasal dari tiga kecamatan tetangga. Metode pendampinganyang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan pendampingan meliputi tahap pertamapersiapan, yaitu memberikan pelatihan kepada peserta didiktentang tajwid dan membaca ayat-ayat al-Qur'an dengan baikdan benar. Tahap kedua pelaksanaan yaitu peserta didikdiberikan waktu untuk menghafal sejumlah ayat atau surah sesuai dengan target yang ingin dicapai. Tahap ketiga evaluasiyaitu peserta didik menyetorkan hafalannya kepada guru denganbenar. Hasil dari pendampingan dengan menggunakan metodetalaqqi adalah peserta didik mampu memahami dan meningkatkan kualitas membaca ayat-ayat al-Qur'an sesuaikaidah ilmu tajwid dengan baik dan benar. Dari aspek hafalan, peserta didik dengan mudah menghafal al-Qur'an.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, A. (2013). Modul Participatory Action Research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (Community Organizing). Surabay: LPPM UIN Sunan Ampel, 41–42.

Al Fitri, H. M. (2023). Penerapan reward pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 006 Bengkulu Utara. Insan Cendekia: Jurnal Studi Islam, Sosial dan Pendidikan, 2(1), 45–57.

Albersa, R., Kustati, M., & Gusmirawati, G. (2023). Pendampingan siswa pada kegiatan tahfidz Alqur’an dengan metode Jibril di SD 14 Koto Panjang. Renata: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(3), 79–84.

Albersa, R., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2024). Pendampingan siswa pada kegiatan tahfidz alqur’an dengan metode Jibril di SMPN 44 Padang. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 305–312.

Azmi, N. I., & Ashoumi, H. (2024). Perspektif remaja terhadap pembelajaran al-qur’an studi kasus minat remaja belajar membaca Al-Qur’an. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 7(4), 122–132.

Cahyani, N., Sobarna, A., & Aziz, H. (2019). Evaluasi metode pembelajaran mubahatsah sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 37–44.

Damayanti, N. Y., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Pendampingan ekstrakurikuler tahfiz dengan metode Talaqqi di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(5), 1562–1571.

Faiz, A., & Kustati, M. (2023). Pendampingan pembelajaran tahfidz menggunakan metode Talaqqi kelas Xi di SMK kesehatan genus Sumatera Barat. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(06), 1703–1714.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Meygamandhayanti, J. A., & Saepudin, A. (2022). Implementasi metode Talaqqi melalui pembelajaran Hybrid pada mata pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal riset pendidikan agama islam, 73–80.

Muzdalifah, Q., & Mustaghfirin, U. (2021). Edukasi dan pelatihan administrasi terhadap Santri Putri Pondok Pesantren Mbah Ashfiya’ di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 2(3), 125–142.

Silmi, N., Kurniawan, B., & Subhan, M. (2024). Perencanaan dalam ilmu pengantar manajemen. Journal of Student Research, 2(1), 106–120.

Zainal Arifin. (2019). Manajemen Pendidikan Islam: teori dan praktik. Remaja Rosdakarya.

Zulfikar, M. Y., & Azzahro, S. (2024). Penerapan metode Talaqqi dalam program tahfidz anak usia dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755–1766.

CROSSMARK
Diterbitkan
2025-01-24
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Furqan, M., Kustati, M., Gusmirawati, G., & Amelia, R. (2025). Pendampingan Metode Talaqqi: Kunci Sukses Membentuk Hafiz Qur’an yang Berkualitas di Rumah Tahfiz Nur Jannah. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 4(2). Diambil dari https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/4828
Bagian
Articles