THE DYNAMICS OF MENTAWAI ISLAND CHILDREN: REFERRING ON CLASSICAL CURRICULUM DEVELOPMENT AS CHARACTER TRANSFORMATION EFFORTS

Authors

  • Aprizal Ahmad Ahmad
  • Mujahidil Mustaqim

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v16i2.121

Abstract

Pulau Mentawai dikenal memiliki budaya yang bebas tidak seperti nilai-nilai dan norma-norma masyarakat di daerah lain umumnya di Sumatera Barat. Penelitian ini mengungkapkan apa saja tahap perencanaan, pelaksanaan dan hasil dari referensi pengembangan kurikulum klasik sebagai upaya transformasi karakter anak-anak Pulau Mentawai. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dinyatakan sebagai berikut: Pertama, tujuan untuk tahap perencanaan pengembangan kurikulum anak KP mengacu pada teori pendidikan perennialism. Hal ini dapat dilihat dari konsep kegiatan sehari-hari  anak khusus panti asuhan yang cenderung secara  umum kegiatannya untuk memperkenalkan dan menerapkan prinsip-prinsip karakter kehidupan Islami. Kedua, pelaksanaan kurikulum pada anak-anak Pulau Mentawai Dilakukan secara terus menerus. Pelaksanaan Kurikulum anak yang keberlanjutan di Pulau Mentawai ditentukan oleh pembangun khusus panti asuhan. Ketiga, hasil pengembangan kurikulum dapat dianggap memuaskan  anak-anak Pulau Mentawai dalam ukuran keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aprizal Ahmad Ahmad

IAIN Imam Bonjol Padang, Universitas Pendidikan Indonesia 

References

Abdul Aziz Ahyadi. 1991. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Indonesi.Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Glock, Charles Y. Stark, Rodney. 1966. Religion and Society in Tension. United State: Rand McNally & Cooperation.
Haris, Abdul. Putra, Kivah Aha. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Fokus Media.
King, Laura A. 2010. Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Komaruddin hidayat dan Muhammad Wahyuni Nafis. 2003. Agama Masa Depan Perspektif Filsafat Perenial. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Muhaimin, et. Al. 2004.Paradigma Pendidikan Islam.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyadi Kartanegara. 2006. Gerbang Kearifan. Jakarta : Lentera Hati.
Ornstein, Allan C. Hunkins, Francis P. 2008. Curriculum; Foundations, Principles, and Issues, Fifth Edition, United States: Pearson.
Rojj, Peter Van. 2012. Membangun Kembali Mata Pencaharian Kepulauan Mentawai Pasca Bencana Tsunami dan Gempa Tahun 2010. Jakarta: Warta ILO.
Smith, Ronald Edward.Sarason, Irwin G. Sarason, Barbara R. 1982. Psychology: The Frontiers of Behavior. United Kingdom: Harpercollins College.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2000. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zais, Robert S. (1976). Curriculum Principles and Foundations. New York: Harper & Row Publishers.
Zuhairini, 1995.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.
Manaqib Syekh Samman al-Madani al Hasani. Sumber: biografiulamahabaib. blogspot.co.id/2012/11/manaqib-syekh-samman-al-madani-al-hasani.html. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016
Moleong, Lexy J., Prof. Dr, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya: 2010, Cet. Ke-8
Mulyati, Hj. Sri, Dr, MA, et.al, Mengenal dan Memahami Tarekat-tarekat Muktabarah di Indonesia, Jakarta: Prenada Media: 2005, Cet. Ke-2
Said, H. A. Fuad, Hakikat Tarekat Naqsabandiyah, Jakarta: PT Al Husna Zikra, 2001, Cet. IV
Suyono Suyatno, Revitalisasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Identitas Keindonesiaan. Sumber: badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa// artikel136. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016
Tarekat Samaniyah. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/tarekat-samaniah. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016
At-Tadafi, Muhammad bin Yahya, Mahkota Para Aulia: Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, Penerjemah: A. Kasyful Anwar, Jakarta: Prenada, 2003, Cet. I
Vj., Budi, Mengenal Ratib Saman/Ratib Tegak di Pulau Tengah Kerinci. Sumber: jambi.antaranews.com/berita/307395/mengenal-ratib-saman-tegak-di-pulau-tengah-kerinci
Zuhairini, 1995.Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2024-09-09

How to Cite

Ahmad, A. A., & Mustaqim, M. (2024). THE DYNAMICS OF MENTAWAI ISLAND CHILDREN: REFERRING ON CLASSICAL CURRICULUM DEVELOPMENT AS CHARACTER TRANSFORMATION EFFORTS. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 16(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v16i2.121