KONDISI EMPATI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PERGURUAN TINGGI X

Authors

  • Ifdil dkk

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v14i2.27

Abstract

This research was motivated by the low condition of empathy shown by the students of guidance and counseling study program in college X. Meanwhile, empathy is one of the basic skills that should be possessed by a counselor. This study aims to describe the condition of empathy of students of guidance and counseling study program in college X. This study used descriptive approach, with a sample of 77 people selected by simple random sampling technique. The instruments used are Gina Empathy Scale (GE-S) with Alpha Cronbach 0.829. The Data obtained was analyzed by SPSS for windows release 20.0. Research findings illustrated that empathy of students in general were at medium category. Based on the research findings, it was suggested for lecturers of students of Guidance and Counseling study program to help them to improve empathy, as well as for students to be able to improve the empathy for the better, as empathy is an integral part of candidate counselor’s personality. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi rendahnya empati yang ditampilkan oleh mahasiswa Prodi BK PT X. Sedangkan, empati merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki konselor. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi empati mahasiswa Prodi BK PT X. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan sampel 77 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Gina Empathy Scale (GE-S) dengan AlphaCronbach 0.829. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program SPSS for windows release 20.0. Temuan penelitian menggambarkan bahwa empati mahasiswa secara umum berada pada kategori sedang. Berdasarkan temuan penelitian disarankan bagi dosen Prodi BK PT X untuk gayomi mahasiswa untuk meningkatkan empati, serta bagi mahasiswa BK Prodi BK PT X agar mampu meningkatkan empati menjadi lebih baik, karena empati merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian calon konselor.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ifdil dkk

Dosen Bimbingan Konseling UNP Padang

References

Arikunto, S. (2002). "Metodologi penelitian." Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Babbie, E. (2015). The practice of social research, Cengage Learning.
Baron & Byrne. 2005. Psikologi Sosial. Alih Bahasa: Ratna Djuwita. Jakarta : Erlangga.
Burhan, R. and I. Farid (2010). Basis Pengetahuan Dan Mesin Inferensi Sistem Pakar Untuk
Pembimbingan Akademik di FMIPA Uny, UNY.
Burkard, A. W. and S. Knox (2004). "Effect of Therapist Color-Blindness on Empathy and
Attributions in Cross-Cultural Counseling." Journal of Counseling Psychology 51(4):
387.
Chaplin. 1999. Psikologi Sosial (edisi ke 5). Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Kharisma.
Duckham, B. C. (2007). COUNSELORS’RELIGIOUS Beliefs And Empathy: An Exploratory
Study, Loyola University Chicago.
Dustin, D. and S. Ehly (1984). "Skills for effective Consultation." The School Counselor: 23-
29.
Erman Amti. 1983. Penyuluhan (counseling). Ghalia Indonesia: Jakarta.
Gina Nafsih, Asrul Said, dan Ifdil. 2015. Gina Empathy Scale (GE-S). Padang. Universitas
Negeri Padang.
Goleman, D. 2007. Kecerdasan Emosional. Alih Bahasa: T. Hermaya. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama..
Gulo, W. (2002). Metodologi penelitian, Grasindo.
Houser, R. A. (2014). Counseling and educational research: Evaluation and application, Sage
Publications.
Jackson, S. (2015). Research methods and statistics: A critical thinking approach, Cengage
Learning.
Jaycox, L. H., R. Ramchand, et al. (2015). "RAND's Silent Monitoring Protocol for Assessing
Suicide Crisis Line Call Content and Quality."
Kristiyani, E. (2008). Kontribusi Pemahaman Kewirausahaan Terhadap Motivasi
MAHASISWA Untuk Menciptakan Lapangan Kerja (Studi Kasus Pada
Mahasiswa calon wisudawan periode I Program Studi Pendidikan Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Surakarta), Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Listyarini, D. (2015). "Prismatika Nilai Ekonomi Dan Nilai Kepentingan Sosial Sebagai
Dasar Kebijakan Pembangunan Hukum Nasional." Asy-Syir'ah: Jurnal Ilmu
Syari'ah dan Hukum 42(2).
Lumongga, N.2011. Memamahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta:
Kencana.
Nurdin, B., S. Jurubahasa, et al. (2013). "Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Contextual
Teaching And Learning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Fisika Umum I." Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of
Physics Education) 9(1).
Pedersen, P. B., H. C. Crethar, et al. (2008). Inclusive cultural empathy: Making relationships
central in counseling and psychotherapy, American Psychological Association.
Putri Carina Afrilia (2010). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Intensi Berwirausaha Pada
Mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Raheem, M. A., C. E. Myers, et al. (2015). "An Investigation of Ethnic Identity Development
and Counselor Educator Comfort and Competence Addressing Multicultural
Issues." CLEARvoz Journal 2(1).
Rahman, B. (2009). "Perkembangan Sosiologi di Indonesia." SOSIOLOGI 1(1).
Stein, S & J., Book, H. E. 2002. Ledakan EQ: 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional
Meraih Sukses. Alih Bahasa: Trinanda Rainy Januarsari. Bandung: Kaifa.
Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Truax, C. B. and R. Carkhuff (2007). Toward effective counseling and psychotherapy:
Training and practice, Transaction Publishers.
Trusty, J., K. M. Ng, et al. (2005). "Model of effects of adult attachment on emotional
empathy of counseling students." Journal of Counseling & Development 83(1):
66-77.

Published

2016-08-17

How to Cite

dkk, I. (2016). KONDISI EMPATI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PERGURUAN TINGGI X. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v14i2.27