PEMBERDAYAAN MAHASISWA JURUSAN SYARIAH SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN IPTEK DALAM MENYONGSONG ERA REFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.32939/islamika.v14i2.28Abstract Muslim students are expected to have ideals, commitment, and high integrity of religion and humanity. Therefore, to realize the Muslim’s personality as mentioned above, State Islamic College (STAIN) Kerinci has tried hard to make improvements and changes ranging from the very basic thing like formulate the vision and mission to the things that are physical development such as constructing of buildings, infrastructure facilities, and other facilities. There are many factors that can inhibit and disrupt the progress of learning, and often also the case of failure. These factors include endogen and exogenous factors. To resolve the learning problems, students’ empowerment is done to support the development of their learning Department of Syari'ah of State Islamic College (STAIN) Kerinci is empowering the students by doing the development of teaching materials, teaching, students affairs, and institutional. Mahasiswa muslim diharapkan mempunyai idealisme, komitmen dan integritas yang tinggi terhadap agama dan kemanusiaan. Karena itulah untuk mewujudkan pribadi muslim seperti yang disebutkan di atas, STAIN Kerinci telah berusaha keras dan melakukan upaya perbaikan dan perubahan mulai dari hal-hal yang sangat mendasar seperti merumuskan visi dan misi sampai pada hal-hal yang bersifat pembangunan fisik seperti pembangunan gedung, sarana prasarana dan fasilitas lainnya. Ada banyak faktor yang dapat menghambat dan mengganggu kemajuan belajar, bahkan sering juga terjadi suatu kegagalan. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor indogen dan faktor eksogen. Dalam mengatasi masalah belajar dilakukan pemberdayaan terhdap mahasiswa untuk menunjang perkembangan belajar mahasiswa. Di Jurusan Syariah STAIN Kerinci dilakukan pengembangan bahan ajar, pembelajaran, kemahasiswaan dan kelembagaan untuk memberdayakan mahasiswa
Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, Suharsimi 1993,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Galia
Indonesia.
Abu Ahmadi, 1993 Cara Belajar Mandiri dan Sukses , Solo: CV aneka.
---------------, Teknik Belajar Dengan Sistem SKS,Surabaya : Bina Ilmu.
A.G Lunandi, 1982 Pendidikan Orang Dewasa, Jakarta:Gramedia
Ali, Muhammad.1987 Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Bakr bin Abdullah Abu Zaid, 1994 ,Kiat Menuntut Ilmu Dalam Islam, Jakarta:Andes Utama
Hasbullah Tabrani, 1994 Rahasis Sukses Belajar. Jakarta :Rajawali Press.
Harjanto, 2000, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J 1988 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Rosda Karya
M. Uzer Usman dkk, 1993 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung : Rosda
Karya.
Muhaimin, 2001,Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama
Islam di Sekolah, Bandung: Rosdakarya.
MilesMatthew B.Huberman.A.Michael.Analisis Data Kualitatif.Bandung:Remaja
Rosdakarya.1992
Nawawi.Hadari.1993, Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta:Gajahmana Universitas
Press.
Nadzir. S.1987.Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Pedoman Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) STS Jambi” (Paradigma Baru
Menuju Universitas Islam Negeri ) tahun 2009 – 2010 Jambi Press
Suprayogo, Imam 2004 Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an Malang : UIN Press
Sejana, Nana 1990 Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran, Jakarta: FE UI.
Supeno, Hadi, 1995, Potret Guru, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Zaini, Hisyam dkk,2004,Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD
Indonesia.
Abu Ahmadi, 1993 Cara Belajar Mandiri dan Sukses , Solo: CV aneka.
---------------, Teknik Belajar Dengan Sistem SKS,Surabaya : Bina Ilmu.
A.G Lunandi, 1982 Pendidikan Orang Dewasa, Jakarta:Gramedia
Ali, Muhammad.1987 Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Bakr bin Abdullah Abu Zaid, 1994 ,Kiat Menuntut Ilmu Dalam Islam, Jakarta:Andes Utama
Hasbullah Tabrani, 1994 Rahasis Sukses Belajar. Jakarta :Rajawali Press.
Harjanto, 2000, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J 1988 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Rosda Karya
M. Uzer Usman dkk, 1993 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung : Rosda
Karya.
Muhaimin, 2001,Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama
Islam di Sekolah, Bandung: Rosdakarya.
MilesMatthew B.Huberman.A.Michael.Analisis Data Kualitatif.Bandung:Remaja
Rosdakarya.1992
Nawawi.Hadari.1993, Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta:Gajahmana Universitas
Press.
Nadzir. S.1987.Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Pedoman Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) STS Jambi” (Paradigma Baru
Menuju Universitas Islam Negeri ) tahun 2009 – 2010 Jambi Press
Suprayogo, Imam 2004 Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an Malang : UIN Press
Sejana, Nana 1990 Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran, Jakarta: FE UI.
Supeno, Hadi, 1995, Potret Guru, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Zaini, Hisyam dkk,2004,Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD
Downloads
Published
2016-08-17
How to Cite
Wahyudi, W. (2016). PEMBERDAYAAN MAHASISWA JURUSAN SYARIAH SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN IPTEK DALAM MENYONGSONG ERA REFORMASI. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v14i2.28
Issue
Section
Articles