PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD ISLAM MUTIARA AL-MADANI SUNGAI PENUH
DOI:
https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.44Abstract Based on a preliminary study that the ultimate purpose of Civic Education in primary schools should not only expected to shape the mora lcharacter of students, SD Islam Mutiara Al-Madani Sungai Penuh, should shape both its students’ cognitive and affective aspect, such as faith and piety. This is a qualitative study, in which the data is collected through interviews and observations. The participants of this study are fifth grade students of Al- Madani Elementary School. Berdasarkan studi pendahuluan bahwa tujuan akhir dari Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar tidak hanya responsif, kritik, dan kreativitas sosial tetapi penanaman diharapkan untuk membentuk bangunan karakter moral siswa, pengembangan karakter di SD Islam Al Madani di kota Sungai Penuh, tidak hanya pada aspek proses belajar wawasan memiliki tetapi diimbangi dengan iman dan takwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan subjek siswa kelas lima SD studi Islam di Kota Sungai Penuh Penuh Al Madani. Hasil penekanan; pendidikan karakter acara itian memiliki visi terus disetel untuk pembentukan moral individu, yang dilakukan cakap mengambil keputusan dalam perilaku mereka, dan mampu berperan aktif dalam membangun kehidupan bersama dalam tantangan global.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Anonim, 2003. Undang - Undang Sistem Pendidikan Nasional
Budimansyah, D. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun
Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press.
Donie Koesuma, 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik di Zaman Global.Grasindo:
Jakarta
______________, 2009. Pendidik Karakter. Grasindo: Jakarta
Fatchul Mu’in, 2011. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoretik dan Praktek), Jogjakarta:
AR-RUZZ MEDIA.
Irwan,Landasan Membangun Karakter Bangsa. Artikel pendidikan, Januari 2010
Lickona, T. 1992.Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and
Responsibility, New York: Simon & Schuster, Inc.
_______. 2004.Character Matters: How to Help Our Children Develop
Ramli, 2003. Menguak Karakter Bangsa, Grasindo: Jakarta
Suyanto, 2010. Urgensi Pendidikan Karakter/ artikel pendidikan/ maret 2010
Sudrajat, Pendidikan Karakter 2005. Hal. 33
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008.
Tentang Guru dan Dosen, (Bandung : Citra Umbara, 2009), hal. 64
www.Pendidikan.com/Mendiknas/ Pendidikan Karakter/artikel/ Mei 2012
http://www.sekolahdasar.net/2011/09/hakekat-pendidikan-kewarganegaraan-
Budimansyah, D. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun
Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press.
Donie Koesuma, 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik di Zaman Global.Grasindo:
Jakarta
______________, 2009. Pendidik Karakter. Grasindo: Jakarta
Fatchul Mu’in, 2011. Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoretik dan Praktek), Jogjakarta:
AR-RUZZ MEDIA.
Irwan,Landasan Membangun Karakter Bangsa. Artikel pendidikan, Januari 2010
Lickona, T. 1992.Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and
Responsibility, New York: Simon & Schuster, Inc.
_______. 2004.Character Matters: How to Help Our Children Develop
Ramli, 2003. Menguak Karakter Bangsa, Grasindo: Jakarta
Suyanto, 2010. Urgensi Pendidikan Karakter/ artikel pendidikan/ maret 2010
Sudrajat, Pendidikan Karakter 2005. Hal. 33
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008.
Tentang Guru dan Dosen, (Bandung : Citra Umbara, 2009), hal. 64
www.Pendidikan.com/Mendiknas/ Pendidikan Karakter/artikel/ Mei 2012
http://www.sekolahdasar.net/2011/09/hakekat-pendidikan-kewarganegaraan-
Downloads
Published
2016-08-18
How to Cite
Candra, H. (2016). PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD ISLAM MUTIARA AL-MADANI SUNGAI PENUH. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.44
Issue
Section
Articles