Cultural Relations: Javanese Elements in Macapat Metre Composed in Madura

Authors

  • Anasom Anasom Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nur Ahmad Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.757

Keywords:

Javanese macapat, Madurese macapat, cultural relations, traditional literatures

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur sastra tradisional Jawa yang terdapat dalam teks macapat Madura. Dengan sumber utama naskah Sumenep, penelitian ini menggunakan analisis filologis terhadap teks tersebut. Dalam teori analisis intertekstual, artikel ini mengklaim menemukan unsur-unsur tradisi Jawa dalam teks Madura. Temuan ini penting untuk mendukung citra kompleks hubungan budaya kedua masyarakat yang diperkenalkan oleh beberapa sarjana. Dalam artikel ini, penelitian sebelumnya juga memberikan petunjuk tentang penyebaran luas bahasa Jawa dalam konteks Madura beberapa abad yang lalu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bouvier, Helene. 2002. Lèbur: Seni Musik Dan Pertunjukan Dalam Masyarakat Madura. T ranslated by Rahayu S. Hidayat and Jean Couteau. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Damono, Sapardi Djoko. 1989. Novel Jawa Tahun 1950-an: Telaah Fungsi, Isi, Dan Struktur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Fox, James J. 1986. Bahasa, Sastra Dan Sejarah. Kumpulan Karangan Mengenai Masyarakat Pulau Roti. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Imron, D. Zawawi. 1989. Sastra Madura: Yang Hilang Belum Berganti Dalam Agama, Kebudayaan, Dan Ekonomi, Studi-Studi Interdisipliner Tentang Masyarakat Madura. Edited by Huub de Jonge. Jakarta: Rajawali.

Kusmayati, A.M. 2000. Arak-Arakan: Seni Pertunjukkan Dalam Upacara Di Madura. Yogyakarta: Tarawang.

Rifai, Mien A. 2007. Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan, Dan Pandangan Hidupnya Seperti Dicitrakan Peribahasanya. Pilar Media.

Taum, Yoseph Yapi. 2020. Sastra dan Politik Representasi Tragedi 1965 dalam Negara Orde Baru. Sanata Dharma University Press.

Team Penelitian Fakultas Sastra Universitas Negeri Jember. 1980. Seni Macapat Madura. Jember: Proyek Penelitian Madura dalam Rangka Kerjasama Indonesia-Belanda untuk Pengembangan Studi Tentang Indonesia.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Tjiptoatmodjo, F. A. Soetjipto. 1983. “Kota-Kota Pantai Di Sekitar Selat Madura, Abad 17 Sampai Medio Abad 19.” Disertasi, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Tuloli, Nani. 1990. Tanggomo: Salah Satu Ragam Sastra Lisan Gorontalo. Intermasa.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Anasom, A., & Ahmad, N. (2022). Cultural Relations: Javanese Elements in Macapat Metre Composed in Madura. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(02), 109–118. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.757