Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832Abstract Permasalahan yang dihadapi pendidikan di Indonesia secara umum ini, adalah kualitas, relevansi, elitisme, dan menajemen. Permasalahan ini terjadi pada pendidikan secara umum di Indonesia, termasuk pendidikan islam yang di nilai justru lebih besar problematikanya. Metodelogi dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dalam arti penelitian ini difokuskan pada kasus (fenomena) yang kemudian di pahami dan di analisis secara mendalam. Metode penelitian ini digunakan untuk mendiskripsikan secara holistik dan komperhensif tentang gejala dan peristiwa dalam permasalahan pendidikan islam khususnya Madrasah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengungkapkan permasalahan yang ada pada Madrasah sehingga bisa menjadi pedoman untuk kedepannya agar madrasah bisa lebih baik dan mandiri. Adapun hasil Penelitian dari Bentuk permasalahan Pendidikan Islam di Madrasah antara lain adalah Lemahnya akhlak siswa di Madrasah, kurangnya kontribusi siswa dalam menyiarkan ajaran Islam di masyarakat, Berkurangnya minat siswa di bandingkan pada sebelumnya, dan banyak yang memilih untuk pindah ke sekolah umum. Adapun Pembahasan dari penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah dalam pendidikan Islam dengan melihat dari dua sisi permasalahan pokok yaitu permasalahan internal dan permasalahan eksternal. Faktor lain yang secara umum dihadapi oleh Madrasah adalah masyarakat agaknya kurang memiliki kebebasan untuk mengelola dengan caranya sendiri, karena hampir semua hal yang berkaitan dengan pendidikan sudah ditentukan oleh pemegang otoritas pendidikan.
Downloads
References
Burhanuddin, J. (2011). Mencetak Muslim Modern Peta Pendidikan Nasional Indonesia . Jakarta: PT Raja Grapindo persada.
Fajar, A. M. (2010). Madrasah dan tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Fakih, M. (2000). Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Inset Press dan Pustaka Belajar.
Kuntowijiyo. (2011). Muslin Tanpa Mesjid Esai-Esai Agama Budaya dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transcental . Bandung: Mizan.
Maarif, A. S. (1987). Masalah Pembaharuan Pendidikan Islam. Yogyakarta: LPM UII.
Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press.
Mulyasa, E. (2013). Menajemen Berbasis Sekolah : Konsep Strategi dan Implememtasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidiakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musrifah. (2018). Analisis Kritis Permasalahan Pendidikan Islam Indonesia di Era Global. Journal of Islamic Studies and Humanities, Vol. 3, No.1.
Prasetyo, M. T. (2011). Strategi Pengelolaan SD/MI Visioner. Malang: UIN Maliki Press.
Qomar, M. (2010). Menajmen pendidikan Islam. Bandung: Erlangga.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ismi Adelia, Oki Mitra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.