Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah

Authors

  • Ismi Adelia Iain kerinci
  • Oki Mitra IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pendidikan di Indonesia secara umum ini, adalah kualitas, relevansi, elitisme, dan menajemen. Permasalahan ini terjadi pada pendidikan secara umum di Indonesia, termasuk pendidikan islam yang di nilai justru lebih besar problematikanya. Metodelogi dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dalam arti penelitian ini difokuskan pada kasus (fenomena) yang kemudian di pahami dan di analisis secara mendalam. Metode penelitian ini digunakan untuk mendiskripsikan secara holistik dan komperhensif tentang gejala dan peristiwa dalam permasalahan pendidikan islam khususnya Madrasah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengungkapkan permasalahan yang ada pada Madrasah sehingga bisa menjadi pedoman untuk kedepannya agar madrasah bisa lebih baik dan mandiri.  Adapun hasil Penelitian dari Bentuk permasalahan Pendidikan Islam di Madrasah antara lain adalah Lemahnya akhlak siswa di Madrasah, kurangnya kontribusi siswa dalam menyiarkan ajaran Islam di masyarakat, Berkurangnya minat siswa di bandingkan pada sebelumnya, dan banyak yang memilih untuk pindah ke sekolah umum. Adapun Pembahasan dari penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah dalam pendidikan Islam dengan melihat dari dua sisi permasalahan pokok yaitu permasalahan internal dan  permasalahan eksternal. Faktor lain yang secara umum dihadapi oleh Madrasah adalah masyarakat agaknya kurang memiliki kebebasan untuk mengelola dengan caranya sendiri, karena hampir semua hal yang berkaitan dengan pendidikan sudah ditentukan oleh pemegang otoritas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanuddin, J. (2011). Mencetak Muslim Modern Peta Pendidikan Nasional Indonesia . Jakarta: PT Raja Grapindo persada.

Fajar, A. M. (2010). Madrasah dan tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.

Fakih, M. (2000). Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Inset Press dan Pustaka Belajar.

Kuntowijiyo. (2011). Muslin Tanpa Mesjid Esai-Esai Agama Budaya dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transcental . Bandung: Mizan.

Maarif, A. S. (1987). Masalah Pembaharuan Pendidikan Islam. Yogyakarta: LPM UII.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyasa, E. (2013). Menajemen Berbasis Sekolah : Konsep Strategi dan Implememtasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidiakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musrifah. (2018). Analisis Kritis Permasalahan Pendidikan Islam Indonesia di Era Global. Journal of Islamic Studies and Humanities, Vol. 3, No.1.

Prasetyo, M. T. (2011). Strategi Pengelolaan SD/MI Visioner. Malang: UIN Maliki Press.

Qomar, M. (2010). Menajmen pendidikan Islam. Bandung: Erlangga.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Ismi Adelia, & Mitra, O. (2021). Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah . Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32–45. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832