Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

  • Ayu Wandari Program Studi Magister Pendidikan Matematika
  • Kamid Kamid
  • Maison Maison

Abstract

This research aims to describe the process of students’ worksheet development for math subject and find out the quality of students’ worksheet produced for geometry subject which is based on Jambi culture. This research applies research and development (R&D) method to produce a particular product. Development model applied in this research is ADDIE with 5 stages, analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjects of this research are two validators which consist of validator of material expert, validator of design expert and students of a junior high school in grade VII. Data collected in this research are qualitative and quantitative data. Instruments used in this research are a questionnaire and a final test. The result of this study shows the development of students’ ability in mathematical representation at high category based on a gain test with 0,7 in high criteria. The result of the analysis from the questionnaire shows > 80% positive. It can be concluded that students’ worksheet for math subject is good and can improve students’ creativity. Therefore, students’ worksheet can be effectively used by both teachers and students in geometry subject.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD matematika dan mengetahui kualitas LKPD yang dihasilkan pada materi geometri berbasis budaya Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yaitu mengembangkan LKPD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian pada pengembangan ini adalah dua orang validator yang terdiri dari validator uji ahli materi, validator uji ahli desain dan media, dan juga sasaran pemakai dari produk ini adalah siswa kelas VII SMP. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh  peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada kategori tinggi berdasarkan uji gain terlihat skor yang didapat 0,7 berada pada kriteria tinggi. Dan hasil analisis dari angket persepsi siswa didapat persentase > 80% yang dinyatakan sangat positif. Dapat disimpulkan LKPD matematika yang dikembangkan sangat baik dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga LKPD efektif digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada materi geometri.

References

Akker, Jan Van Den., Robert Maribe Branch, Kent Gustafson, Nienke Nieveen, dan Tjeerd Plomp. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
Branch, Robert. (2009). Instructional Design The ADDIE Approach. USA: Springer.
Indriyani, Irma Rosa. (2013). Pengembangan LKS Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA kelas X Pokok Bahasan Elektromagnetik. Thesis. Universitas Ahmad Dahlan.
Kamid. Resmita & Rohati. (2016). Analisis Nilai-Nilai Budaya Jambi yang Terkandung dalam Alat Musik Kelintang Kayu yang Berkaitan dengan Pembelajaran Pola Barisan dan Deret. AKSIOMA. Vol.3, p.1.
Karim, Asrul. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. [Online].
Khotimah, H. Kamid. Marzal, J. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori APOS untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika. EDUMATICA. Vol.4, p.26.
Kusmaryono, I. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Edutainment Berbasis Budaya Lokal di Daerah Bencana. Jakarta: Makalah Seminar Kemendikbud Dikti 25 s/d 27 September 2012.
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Dira Press.
Rachmawati, Inda. (2012). Eksplorasi Matematika Masyarakat Sidoarjo. UNESA. Vol.1, (p.1).
Rinaldi, Taruga. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toman, Ufuk., Ali Riza Akdenis, Sabiha Odabasi Cimer, Fatih Gurbuz. (2013). Extended Worksheet Develoed According to Model Based on Contrucyivist Learning Approach. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4 (4): 173-183.
Published
2018-11-13
How to Cite
WANDARI, Ayu; KAMID, Kamid; MAISON, Maison. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 47-55, nov. 2018. ISSN 2620-8911. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/232>. Date accessed: 22 jan. 2019.
Section
Artikel