Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA

  • Susanti Susanti UIN Ar Raniriy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal setara PISA berdasarkan Newman prosedur. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Unggul Sigli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan soal tes matematika serara PISA yang terdiri dari 5 soal. Analisis kesalahan siswa berpedoman pada analisis yang dikembangkan oleh Newman yang terdiri dari 5 jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan ketrampilan proses, dan kesalahan penulisan. Hasil penelitian diperoleh besarnya persentase tiap jenis kesalahan dari 5 soal yang diberikan yaitu 37,1% siswa melakukan kesalahan dalam membaca, 47% terjadi kesalahan dalam memahami masalah, 73% kesalahan dalam menstransformasi, 80% kesalahan dalam kemampuan memproses dan 78,1% kesalahan dalam menuliskan hasil akhir. Dari persentase tersebut dapat diketahui bahwa kesalahan terbesar terjadi pada kesalahan dalam memproses, kesalahan transformasi, kesalahan dalam memahami masalah dan kesalahan dalam menuliskan hasil akhir.

References

Handayani, Y., Zulkardi, Z., dan Mulyono, B. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA di SMP Negeri 2 Lahat. Jurnal Edukasi Matematika, 5(10), 682-688

Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah KalkuluS II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.

Mujib, A., & Suparingga, E. (2013, November). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Prakitipong, N. dan Nakamura, S., 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), . 113-114.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62. doi:10.32939/ejrpm.v1i2.302

Singh, P., Rahman, A. A., dan Hoon, T. S., The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Malaysian Perspective.
Published
2019-05-14
How to Cite
SUSANTI, Susanti. Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-7, may 2019. ISSN 2620-8911. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/283>. Date accessed: 15 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283.