Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pertidaksamaan dan Fungsi Limit

  • Deby Erdriani Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Dewi Devita Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesulitan mahasiswa dalam belajar kalkulus pada materi pertidaksamaan dan fungsi limit, materi pertidaksamaan dan fungsi limit merupakan materi awal dan dasar pada matakuliah kalkulus. Penelitian ini bersifat Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif, Penelitian dilaksanakan di Universitas  Putra Indonesia Padang Tahun Ajaran 2018/2019, subjek penelitian satu kelas mahasiswa jurusan Sistem Komputer berjumlah 53 orang. Sampel yang diambil 6 mahasiswa, yang dikelompokkan menjadi 2 orang dari kelas tinggi, 2 orang dari kelas sedang dan 2 orang dari kelas rendah, tiap kelas yang diambil sudah mewakili dari rata-rata kesalahaan yang dilakukan oleh mahasiswa. Waktu penelitian dari bulan Febuari sampai April. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang menyebabkan mahasiswa kurang bisa mengikuti mata kuliah kalkulus terutamanya pada materi pertidaksamaan dan fungsi limit yaitu: 1) kekurang mampuan mahasiswa dalam melakukan operasi pecahan campuran, 2) kekurang mampuan mahasiswa dalam menggunakan teorema dalam kasus pertidaksamaan dalam nilai mutlak 3) kekurangmampuan mahasiswa dalam mencari faktorisasi dalam suku banyak, 4) kekurangmampuan mahasiswa dalam melakukan operasi fungsi limit dalam polynomial pecahaan.

References

Apriandi, D & Krisdiana. (2016) .Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjutan. Jurnal Pendidikan, 7(2).

Dewanti. (2013). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar.

Dewimarni, S. (2017) . Analisis kesalahan mahasiswa program studi manajemen informatika universitas putra indonesia “yptk” padang dalam menyelesaikan soal- soal statistika dan probability. PHI : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Hamzah, B.U. (2007) . Model Pembelajaran: Menetapkan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Lithner, J. 2011. University Mathematics Student’s Learning Difficulties. Journal of Education Inquiry. 2 (2).

Leithold. (1988). Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik. Terjemahan oleh Hutahaean. Jakarta: Erlangga.

Mutakin, T. (2013) . Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 3(1).

Nasution, E.Y.P., (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(1)

Sriati, A. 1994. Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Kependidikan Jogjakarta

Wahyuni, A. (2007). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). 1(1) hal.10
Published
2019-05-18
How to Cite
ERDRIANI, Deby; DEVITA, Dewi. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pertidaksamaan dan Fungsi Limit. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 52-62, may 2019. ISSN 2620-8911. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/330>. Date accessed: 15 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.330.