THE INFLUENCE OF PRODUCT EXCELLENCE AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION AT PT. BANK 9 JAMBI SUNGAI PENUH CITY BRANCH

  • Veni Rahayu Putri IAIN KERINCI
  • Yudesman Yudesman IAIN KERINCI
  • Zul Ihsan Muarrif IAIN KERINCI
Keywords: Produk Excellence, Service Quality, Costumer Statisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of product excellence and service quality on customer satisfaction at Bank 9 Jambi Sungai Penuh Branch. This research includes quantitative research, which can be interpreted as a method used to examine specific populations and samples. The number of samples used in this study was 30 people. The data in this study were obtained by distributing questionnaires or research questionnaires to customers at Bank 9 Jambi Sungai Penuh Branch. The results of this study indicate that product excellence and service quality have a positive and significant simultaneous (equally) effect on customer satisfaction at Bank 9 Jambi Branch Sungai Penuh. The findings partially show that product superiority has a positive and significant impact on customer satisfaction at Bank 9 Jambi Penuh Branch, and service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction at Bank 9 Jambi Sungai Penuh Branch.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pratikto, Harka. (2019). Pengaruh Keunggulan Produk, Rasa Percaya, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Pengkreditan Rakyat “Kusuma Sumbing” Kantor Cabang Temanggung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiah Magelang.

Aina, Nur. (2021). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Penerapan Nilai-Nilai Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Tabungan Negara Pada Kantor Cabang Pembantu Syariah Parepare). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Aziz, Guffron, Abdul et, al. (2020). Pengaruh Keunggulan Produk Pembiayaan Murabahah, Rhan, dan Penerapan Nilai-Nilai Islam Dengan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Syariah Lantabur Tebuireng Kantor Cabang Gresik. Journal Of Sharia Economics, 2(2). 93-108.

Ahmad, Mauledy, et al. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Religiusitas Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah PT. Bank Nagari. Journal business, economics and entrepreneurship, 4(1). 50-62.

Susanti, Nawal, Ika et, al. (2020). Pengaruh Faktor Keluarga, Religiusitas dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Konvensional (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Darussalam). jurnal ekonomi islam, 11(2). 221-240.

Ayu, Reski. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Kalosi Kabupaten Enrekang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rini, Eka, Setia. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Cabang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aulia, Muhammad, Razik & Hafasnuddin. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1). 108-121.

Sangi et, al. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. Cabang Rantana. Jurnal Productivity, 3(2). 107-112.

Muslikhatun. (2015). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Dalam Menggunakan Produk Simpanan Sukarela Lancar Di BMT Puspa Bulu Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Meliana, Ayu, Azhari. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Di Bank Safir Kota Bengkulu (Ditinjau Dari Produk Terhadap Pembiayaan). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Rajab, Badi’u. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank DKI Syariah. Skripsi. Fakultas Syariah dan Hukum. Uin Syarif Hidayatullah.

Madonna, Fitri. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Raden Fatah Palembang.

Safira, Huri. (2021). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Penerapan Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus BSI Cabang Ratulangi Palopo). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Kamila, Intan. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jakarta Simprung). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Klavert, Lorry, Priska. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Politeknik. Skripsi. Program Studi Manajemen Bisnis. Politeknik Negeri Manado.

Aini, Nur, Miming, Okta. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di BRI Syariah KCP Ponorgo. Skripsi. Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Fahmi, Irham. (2014). Pengantar perbankan teori dan aplikasi. Bandung: Deepublish.

Husniah, Nafisatul. (2021). Pengaruh Religiusitas, Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Wijanarko, Pramonosidi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Religiusitas Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Agustina, Ratih. (2021). Pengaruh Keunggulan Produk dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Pangarso, Prasetyono, Putro. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Di Yogyakarta. Tesis. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia.

Kasmir. (2008). Manajemen perbankan. Jakarta: depublish

Sugiyono. (2018). Metode penelitian manajemen. Yogyakarta. Deepublish.

Sarwono, Salim. (2017). Prosedur-Prosedur Popular Statistik Untuk Analisis Data Riset Skripsi. Bandung: Deepublish.

Abdullah & Tantri. (2014). Bank dan Lembaa Keungan. Jakarta: Deepublish.

CROSSMARK
Published
2024-07-11
DIMENSIONS
How to Cite
Rahayu Putri, V. ., Yudesman, Y., & Ihsan Muarrif, Z. . (2024). THE INFLUENCE OF PRODUCT EXCELLENCE AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION AT PT. BANK 9 JAMBI SUNGAI PENUH CITY BRANCH. AICOS: Asian Journal Of Islamic Economic Studies, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.32939/aicos.v1i2.3599