ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN CALON MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI DI DAERAH SUNGAI PENUH DAN KERINCI
Abstract Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah faktor internal dari dalam diri calon mahasiswa yang terdiri dari motivasi dan sikap serta faktor dari luar diri calon mahasiswa yang terdiri dari promosi, kelompok rujukan, dan citra perguruan tinggi berpengaruh terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi yang ada di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Alat analisis data yaitu dengan regresi linear berganda, sedangkan untuk pengujian hipotesis yaitu melalui uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari promosi, kelompok rujukan, citra perguruan tinggi, motivasi, dan sikap terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci dengan besarnya pengaruh tersebut yaitu 63,7%. Sedangkan secara parsial hanya Promosi, Citra Perguruan Tinggi, dan Sikap yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, sedangkan Kelompok Rujukan berpengaruh negatif, serta Motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan.
Downloads
References
Assael, Henry (1998), Consumer Behavior and Marketing Action, 6th ed, New York :
South Western College Publishing.
Bouse and Hossler, 2005, The Studying College Choice: A Progress Report, Journal
Marketing For Higher Education, Volume 15 Number 2
Bowen & Brown, S. 1991. (Eds), Advance in services, marketing and management 3:
-67. Greenwich, CT:JAL
Canon, John and Broyles, Thomas W, 2006, Factors Influencing Gifted And Talented
Students’ College Decisions,
Journal of Southern Agricultural Education Research 136, Volume 56, Number 1
Carpenter, G.S., R. Glazer, dan K. Nakamoto.1995. “Meaningful Brands from
Meaningless Differences “, Journal of Marketing Research, Agustus
Engel, James F, Blackwell, Rogre D and Miniard, Paul W, (1994), Perilaku Konsumen, Jilid-1, Binaputra Aksara, Jakarta
Ferdinand, A, 2002. Structural Equation Modeling dalam penelitian Manajemen.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Hawkins, Del I., Roger J., Best dan kanneth A., Coney, 1998. Consumer Behavior,
USA:Irwin McGraw-Hill.
Hossler, D., & Gallagher, K. (1987). Studying student college choice: A three-phase model and the implications for policymakers. College and University, 62(3), 207- 221.
Kotler, Philip, 1988. Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and
Control, Sixth Edition,Prenctice-Hall International, Inc., : New Jersey.
……………......., 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi kesembilan belas, Jilid-2, Indeks, Jakarta
Kotler, Philip Kotler & A.B. Sutanso, 1994. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku
, Salemba Empat : Jakarta.
Kotler, Philip Kotler & A.B. Sutanso, 1994. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku
, Salemba Empat : Jakarta.
Kotler, Philip, et al., 2004. Marketing, 6th ed, Pearson Edition Australia : Frenchs
Forest, NSW.
Kotler, Philip and Amstrong. 2001. Principle of Marketing, Prentice-Hall International, Inc : A Divison of Simon & Scuster. Englewood Cliffs, Nj07632.
Louden, David L and Albert. J. Della Bitta. 1988. Consumer Behavior Concepts and
Application, McGraw Hill, Inc, New York.
Lovelock, Christoper H and Wright, Laurin K, 2005, Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Salemba
Empat, Jakarta.
Macionis, John J, 1996. Society The Basic, USA : Prentice-Hall
MacCharty, E,J, 1978, Basic Marketing, 6th ed, Illionis : Richard D.Irwin
Malhotra, Naresh, K., 1993. Marketing Research An Applied Orientation, Prentice-Hall
International, Inc., New Jersey.
Mangkunegara, Anwar P, 2005, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Refika Aditama, Bandung
McInnis, C., James, R. & Hartley, R. (2000). Trends in the first year experience.
Evaluations and Investigations
Mowen, J. C., Minor M., (1998), Consumer Behavior. 5th edition, Prentice Hall, New
Jersey.
Nazir, Moh, (2005), Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor
Notodiharjo, Harjono, 1990. Pendidikan Tinggi dan Tenaga Kerja Tingkat Tinggi di Indonesia, Studi tentang kaitan antara Perguruan Tinggi dan Infdustri di Jawa, Penerbit UP Press : Yakarta
Ohmae, Kenichi, 1990. The MInd of The Strtegist : The Arto f Japanese Business, USA
: McGraw-Hill.
Pawitra, Teddy, 1993. Pemasaran : Dimensi falsafah, Displin dan Keahlian, Sekolah
Tinggi Manajemen Prasetiya Mulia : Jakarta
Payne, Adrian, 1993. The Essence of Service Marketing. Terjemahan oleh Fandy
Tjitono, 2000, Andi Offset : Yogyakarta.
Payne, J. (2003). Choice at the end of compulsory schooling: A research review.
Department for Education and Skills, Research Report No 414
Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw, John J.O.I, 2005, Perilaku Konsumen, Andi Offset, Yogyakarta
Robbins, Stephen P. 1991. Organizational Bahavior. Fifth Edition. New Jersey : Prentice Hall, Englewood Cliff.
Shiffman, Leon G and Kanuk, Leslie, Laser, 2007, Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh, Indeks, Jakarta.