ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN CALON MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI DI DAERAH SUNGAI PENUH DAN KERINCI

  • Bahrum Bahrum Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Indah Herningrum Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Elex Sarmigi Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Keputusan Kuliah, Promosi, Kelompok Rujukan, Citra Perguruan Tinggi, Motivasi, Sikap

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah faktor internal dari dalam diri calon mahasiswa yang terdiri dari motivasi dan sikap serta faktor dari luar diri calon mahasiswa yang terdiri dari promosi, kelompok rujukan, dan citra perguruan tinggi berpengaruh terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi yang ada di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Alat analisis data yaitu dengan regresi linear berganda, sedangkan untuk pengujian hipotesis yaitu melalui uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari promosi, kelompok rujukan, citra perguruan tinggi, motivasi, dan sikap terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci dengan besarnya pengaruh tersebut yaitu 63,7%. Sedangkan secara parsial hanya Promosi, Citra Perguruan Tinggi, dan Sikap yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan calon mahasiswa memilih perguruan tinggi di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, sedangkan Kelompok Rujukan berpengaruh negatif, serta Motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, Henry (1998), Consumer Behavior and Marketing Action, 6th ed, New York :

South Western College Publishing.

Bouse and Hossler, 2005, The Studying College Choice: A Progress Report, Journal

Marketing For Higher Education, Volume 15 Number 2

Bowen & Brown, S. 1991. (Eds), Advance in services, marketing and management 3:

-67. Greenwich, CT:JAL

Canon, John and Broyles, Thomas W, 2006, Factors Influencing Gifted And Talented

Students’ College Decisions,

Journal of Southern Agricultural Education Research 136, Volume 56, Number 1

Carpenter, G.S., R. Glazer, dan K. Nakamoto.1995. “Meaningful Brands from

Meaningless Differences “, Journal of Marketing Research, Agustus

Engel, James F, Blackwell, Rogre D and Miniard, Paul W, (1994), Perilaku Konsumen, Jilid-1, Binaputra Aksara, Jakarta

Ferdinand, A, 2002. Structural Equation Modeling dalam penelitian Manajemen.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hawkins, Del I., Roger J., Best dan kanneth A., Coney, 1998. Consumer Behavior,

USA:Irwin McGraw-Hill.

Hossler, D., & Gallagher, K. (1987). Studying student college choice: A three-phase model and the implications for policymakers. College and University, 62(3), 207- 221.

Kotler, Philip, 1988. Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and

Control, Sixth Edition,Prenctice-Hall International, Inc., : New Jersey.

……………......., 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi kesembilan belas, Jilid-2, Indeks, Jakarta

Kotler, Philip Kotler & A.B. Sutanso, 1994. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku

, Salemba Empat : Jakarta.

Kotler, Philip Kotler & A.B. Sutanso, 1994. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku

, Salemba Empat : Jakarta.

Kotler, Philip, et al., 2004. Marketing, 6th ed, Pearson Edition Australia : Frenchs

Forest, NSW.

Kotler, Philip and Amstrong. 2001. Principle of Marketing, Prentice-Hall International, Inc : A Divison of Simon & Scuster. Englewood Cliffs, Nj07632.

Louden, David L and Albert. J. Della Bitta. 1988. Consumer Behavior Concepts and

Application, McGraw Hill, Inc, New York.

Lovelock, Christoper H and Wright, Laurin K, 2005, Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Salemba

Empat, Jakarta.

Macionis, John J, 1996. Society The Basic, USA : Prentice-Hall

MacCharty, E,J, 1978, Basic Marketing, 6th ed, Illionis : Richard D.Irwin

Malhotra, Naresh, K., 1993. Marketing Research An Applied Orientation, Prentice-Hall

International, Inc., New Jersey.

Mangkunegara, Anwar P, 2005, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Refika Aditama, Bandung

McInnis, C., James, R. & Hartley, R. (2000). Trends in the first year experience.

Evaluations and Investigations

Mowen, J. C., Minor M., (1998), Consumer Behavior. 5th edition, Prentice Hall, New

Jersey.

Nazir, Moh, (2005), Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor

Notodiharjo, Harjono, 1990. Pendidikan Tinggi dan Tenaga Kerja Tingkat Tinggi di Indonesia, Studi tentang kaitan antara Perguruan Tinggi dan Infdustri di Jawa, Penerbit UP Press : Yakarta

Ohmae, Kenichi, 1990. The MInd of The Strtegist : The Arto f Japanese Business, USA

: McGraw-Hill.

Pawitra, Teddy, 1993. Pemasaran : Dimensi falsafah, Displin dan Keahlian, Sekolah

Tinggi Manajemen Prasetiya Mulia : Jakarta

Payne, Adrian, 1993. The Essence of Service Marketing. Terjemahan oleh Fandy

Tjitono, 2000, Andi Offset : Yogyakarta.

Payne, J. (2003). Choice at the end of compulsory schooling: A research review.

Department for Education and Skills, Research Report No 414

Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw, John J.O.I, 2005, Perilaku Konsumen, Andi Offset, Yogyakarta

Robbins, Stephen P. 1991. Organizational Bahavior. Fifth Edition. New Jersey : Prentice Hall, Englewood Cliff.

Shiffman, Leon G and Kanuk, Leslie, Laser, 2007, Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh, Indeks, Jakarta.

CROSSMARK
Published
2024-09-24
DIMENSIONS
How to Cite
Bahrum, B., Herningrum, I., & Sarmigi, E. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN CALON MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI DI DAERAH SUNGAI PENUH DAN KERINCI. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 5(2), 130–142. https://doi.org/10.32939/fdh.v5i2.4706