Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Pemasaran Keripik Belut “Aji Jaya”

  • Abror Kevin Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Teknologi Digital, UMKM, Pemasaran Online

Abstract

Teknologi digital berdampak besar pada pemasaran di era digital saat ini, dengan peluang baru untuk memasarkan serta mempromosikan produk dan jasa. Pemasaran digital atau digital marketing dapat digunakan sebagai media pemasaran untuk menarik konsumen agar dapat mengenalkan lebih lanjut tentang produk dan jasa yang ditawarkan denagn menggunakan media online dan media sosial. Dusun Gancahan merupakan salah satu dusun yang terletak di Kecamatan Godean Kabupatan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Didusun ini mempunyai beberapa pelaku UMKM seperti penjual keripik belut, keripik melinjo, keripik bayam, dan lainnya. Salah satunya yaitu pelaku UMKM bernama ibu Maryati. Permasalahannya adalah bagaimana pemanfaatan medis sosial sebagai sarana promosi Keripik Belut di Dusun Gancahan tersebut dapat meningkatkan penjualannya. Target luarannya yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penerbitan jurnal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, karena pengumpulan data yang kami ambil menggunakan wawancara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. B., & Rahmawati, D. (2017). The use of mathematical module based on constructivism approach as media to implant the concept of algebra operation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 579-583

Bismala, Lila. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Enterepreneuship. 5(1)

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN METODE PENDIDIKAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR. Journal of Scientech Research and Development (JSRD), 5(1), 208–219. https://doi.org/https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Dhora, S. T., Hidayat, O., Tahir, M., Arsyad, A. A. J., & Nuzuli, A. K. (2023). Dakwah Islam di Era Digital: Budaya Baru “e-Jihad” atau Latah Bersosial Media. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 306. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1804

Chaffey. (2000). Pengertian Pemasaran Online, Cara, Jenis, dan Keuntungan yang Pasti. PENGERTIAN PEMASARANA ONLINE MENURUT PARA AHLI.

Gary, W. P. (2008). Pengertian Digital Marketing. DIGITAL MARKETING.

Handaruwati, Indah. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online. Buletin Bisnis & Manajemen. 3(1)

Nuzuli, A. K. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jejak Pustaka.

Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci.com. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887

Nuzuli, A. K., Sari, R. J., Kurnia, P., Indah, R. R., & P, R. R. (2023). OPTIMALISASI PENINGKATAN KETERAMPILAN MANAJEMEN REFERENSI DI DALAM KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MENDELEY PADA MAHASISWA IAIN KERINCI. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 135–145. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1409

PROV.D.I.Y, K. D. (2022, Juni 2). Kajian Fiskal Regional D.i Yogyakarta Triwulan. Kajian Fiskal Regional D.I. Yogyakarta Triwulan III Tahun 2021, p. 1.

PROV D.I.Y, R. K. (n.d.). Kajian Fiskal Regional D.I. Yogyakarta Triwulan I Tahun 2022. Djpb.kemenkeu.go.id. Retrieved January 20, 2023, from https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/diy/id/profil/309-artikel/3294-kajian-fiskal-regional-d-i-yogyakarta-triwulan-i-tahun-2022.html

Permatasari, D. L. (2022, August 17). Digital Marketing: Strategi Pemasaran di Era Industri 4.0. #DigitalBisa. https://digitalbisa.id/artikel/digital-marketing-strategi-pemasaran-di-era-industri-40-T9FCd

Purwidiantoro. M. H, SW. D. F. K, Hadi. W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Ilmiah EKACIDA Dinamika Ekonomika. 1(1).

Rahman, Danial. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. MAKTABATUN Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 1(1)

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 6(1)

Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis. JASTI Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Universitas Slamet Riayadi Surakarta, 8(1

CROSSMARK
Published
2023-06-19
DIMENSIONS
How to Cite
Kevin, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Pemasaran Keripik Belut “Aji Jaya”. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 3(1), 100–108. Retrieved from https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/2327
Section
Articles