Pemberdayaan Remaja Masjid di Kabupaten Kerinci Melalui Kegiatan Kukerta Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Keywords: Remaja Masjid, Kukerta, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat merupakan program rutin dari Institut Agama Islam Negeri Kerinci yang bertujuan untuk pengembangan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap mahasiswa di masyarakat serta bisa berkontribusi bagi masyarakat sekitar. Metode kegiatan dilakukan dengan cara workshop, ceramah dan tanya jawab yang dilaksanakan sejak tanggal 19 Mei 2021 sampai dengan 19 Juli 2021. Lingkup kegiatan ini dilakukan di Kabupaten Kerinci yang memiliki desa yang aktif kegiatan remaja masjidnya. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan remaja masjid dalam mengayomi masyarakat sesuai dengan tema program di desa masing-masing yang terdiri dari bahasa inggris, baca tulis Al Quran, media sosial facebook, pergaulan bebas dan pacaran, pedagang kaki lima, keluarga islam, e-commerce, ekonomi kreatif, speaking English, riba, tauhid generasi muda, alat peraga matematika untuk anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jaziri, A. (1972). Kitab al-Fiqh 'ala Mazahib al-Arba'ah Beirut: Dar Al Fikr,

Antara, I. K. A., & Aswitari, L. P. (2016). Beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang kaki lima di Kecamatan Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(11), 165258.

Asa’ari, et. al. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Kerinci: LP2M IAIN Kerinci.

Chadijah, S. (2018). Karakteristik Keluarga Sakinah dalam Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1).

Covid, M. W., Mursyid, A. A., & Syamsir, H. A. (2021). Peran Mahasiswa Dalam Kontribusi Memecahkan Masalah Masyarakat Di Era New Normal. Laporan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas). Mengabdi di Kampung Halaman, 21.

Educationfirst. (2018). The world's largest ranking of English skills. Retrieved from https://www.ef.co.id/epi/

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1)

Handoyo, E. (2013). Kontribusi Modal Sosial dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Kaki Lima Pascarelokasi. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 5(2).

Hasan, M. (2018). Pembinaan ekonomi kreatif dalam perspektif pendidikan ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 81-86.

Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19-26. doi: https://doi.org/10.26638/jfk.485.2099

Juliawati, D., Yandri, H., Sujadi, E., & Ahmad, B. (2020). Pemantapan Tauhid Remaja Masjid Melalui Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 323-329. doi: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.4692

Kholidin, F. I., Putri, E. E., Yandri, H., Juliwati, D., & Erniyati, Y. (2020). The analysis of student’s junior high school perception of free sex behavior in terms of gender differences. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(2), 123-128. doi: https://doi.org/10.24042/kons.v7i2.7114

Laudon, K., & Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition, 11/E. KC Laudon, Management Information Systems: International Edition, 11.

Ma’mun, M. A. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2-10.

Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62-67.

Nuzuli, A. K. (2019). Pelatihan Pembuatan Motif Baru Kerajinan Batik Sonjiwani. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 457–562. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2479/2297

Pradana, M. (2017). Klasifikasi bisnis e-commerce di Indonesia. Modus, 27(2), 163-174

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Rahmawaty, A., & Ag, M. (2013). Riba dalam Perspektif Keuangan Islam. Jurnal Hukum Islam, 14(2).

Rendy, R. 2018. Pola Pertolongan Allah (Membumikan Tauhid sebagai Solusi Hidup). Jakarta: PPA Institut.

Salisa, A. (2010). Perilaku Seks Pranikah di Kalangan Remaja (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Seks Pranikah di Kalangan Remaja Kota Surakarta (Doctoral Dissertation, Surakarta: Universitas Surakarta)

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17. doi: https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351

Siswanto. (2010). Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta: Pustaka Al-Kutsar

Sujadi, E., Yusuf, A M., & Marjohan. (2016). Hubungan antara Locus Of Control dan Efektivitas Komunikasi antar Pribadi dengan Problem Focused Coping. Konselor, 5 (1), 25-32.

Sukreni, K., Damayanthi, L. P. E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2015). Korelasi antara Perilaku Penggunaan Media Sosial “Facebook” dan Minat Belajar TIK terhadap Kreativitas Belajar dan Prestasi Belajar TIK Siswa di SMA Negeri 1 Sawan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 4(4), 230-238.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Wibawa, R. A. (2018). Pendidikan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) di SMK Muhammadiyah Jawa Timur (Studi Kasus Pembelajaran BTQ di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo). Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 182-189.

Widiastuti, N., & Ika, Y. S. S. (2021). Berdaya di Tengah Pandemi dengan Bimbingan Pendidikan Islam. Laporan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas). Maslahat Bersama KKN Dari Rumah, 171.

Yandri, H., & Juliawati, D. (2018). Profile of the problem of the adolescent with parents as Indonesian migrant workers. Konselor, 7(4), 160-165. doi: https://doi.org/10.24036/0201874101452-0-00

Yandri, H., Alfaiz, A., & Juliawati, D. (2019). Pengembangan Keterampilan Berpikir Positif melalui Layanan Konseling Kelompok bagi Anggota Ikatan Mahasiswa Pemuda Pelajar Semurup, Kota Padang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 509-516. doi: https://doi.org/10.30653/002.201944.235

Yandri, H., Juliawati, D., & Musdizal, M. (2019). An Application of Group Guidance Service in Improving English Communication of Young Mosque Activist. GUIDENA Journal, 9(2), 51-56. doi: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v9i2.2190

CROSSMARK
Published
2021-12-11
DIMENSIONS
How to Cite
Yandri, H., Juliawati, D., & Sujadi, E. (2021). Pemberdayaan Remaja Masjid di Kabupaten Kerinci Melalui Kegiatan Kukerta Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 87–98. https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.905
Section
Articles