Penguatan Etika Bermedia Sosial Dalam Kalangan Pelajar Di Era Society 5.0

  • Ainil Khuryati Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Yoza Andi Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Dara Rizki Meilizia Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Sri Mulyani Nuraliza Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Hanif Fadillah Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Nurkhalisah Nurkhalisah Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • M. Jais Kaharudin Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstrak

Generasi milenial saat ini sangat bergantung pada media sosial, namun mereka masik belum memiliki filter untuk menyaring informasi yang mereka terima. Berdasarkan hal tersebut dirasa perlu untuk dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada pelajar dalam memanfaatkan teknologi khususnya sosial media, serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam bermedia sosial, agar para pelajar lebih teliti dan bijak dalam bermedia sosial, sehingga dapat terhindar dari pembicaraan-pembicaraan tidak etis, komentar negatif, deskriminasi di media sosial dan hoax yang dapat menimbulkan konflik. Metode yang kami lakukan adalah metode ceramah dan diskusi, dimana metode ini lebih menekankan agar para pelajar paham dengan apa yang telah di sampaikan serta dapat berdiskusi untuk memecahkan permasalahan yang sekiranya dapat di tuntaskan melalui diskusi tersebut. Setelah acara sosialisasi ini di harapkan para pelajar dapat mengimplementasikan etika dalam bermedia sosialdalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan nilai-nilai pancasila, sehingga dapat membawa bangsa Indonesia ke arah yang jauh lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardianto, E (2011). Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, S & Jabar. (2004). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. dkk (2010). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt Bumi Aksara

Candra, DA. (2017). Kesepian dan Intensitas Penggunaan Media Sosial pada Mahasiswa. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang

Corry, A. (2009). Etika Berkomunikasi dalam Penyampaian Aspirasi. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara

Fahmi, Abu Bakar. (2011). Mencerna Situs Jejaring Sosial. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69-78.

Faiza, A dan Firda, SJ. (2018). Arus metamorfosa millennial. Kendal: Penerbit Ernest.

Falaq, Y. (2020). Education of citizenship in higher education as A fortress of nation characters in facing era society 5.0. Journal of Educational Sciences, 4(4), 802.

Hadi, A. (2019). Moralitas Pancasila dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga negaraan untuk Penguatan Nilai Moral dalam Konteks Globalisasi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 8(2), 123-138

Harris, B.M. (1985). Supervisory behavior in education . New Jersey: Prentice Hall.

Hermawan, C. W. (2009). Cara Mudah Membuat Komunitas Online dengan PHPBB. Yogyakarta: ANDI

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Nuzuli, A. K. (2021). Pelatihan Media Sensitif Gender bagi Penggiat Media Bersama DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 294–304. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3815

Nuzuli, A. K., & Mirdad, J. (2021). Pelatihan Menulis Tentang Kebudayaan Kerinci di Media Masa Bersama Kabarbaikkerinci.com. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 1(1), 33–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i1.887

Nuzuli, A. K., Sari, R. J., Kurnia, P., Indah, R. R., & P, R. R. (2023). OPTIMALISASI PENINGKATAN KETERAMPILAN MANAJEMEN REFERENSI DI DALAM KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MENDELEY PADA MAHASISWA IAIN KERINCI. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 135–145. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1409

Putra, F., Ravico, & Nuzuli, A. K. (2022). Pemberdayaan Fungsi Manajamen pada Organisasi Risma Desa Tanjung Genting Mudik. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin Adab Dan Dakwah, 2(1), 76–91. https://doi.org/10.32939/altifani.v2i1.918

Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi -Kemenristek, P., & Jl Raya Puspiptek -Kota Tangerang Selatan -Banten, B. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective Shiddiq Sugiono. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Salman. (2017). Media Sosial sebagai Ruang Publik. Jurnal Bisnis Komunikasi, 4(2), 124-131

Sari, S. (2019). Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(2), 30-42.

Sugihartati, Rahma (2014). Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kentemporer. PJakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. (2013). Mengembangkan Model Penilitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Tornjanski, V., & Čudanov, M. (2021). Towards Society 5.0 Era: Organisational Empowerment of the Sustainable Future. network, 15, 20.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Wahyudiyono, W. (2019). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 63. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.248

We Are Social (2023). Internet, Media Sosial, Seluler, dan Perilaku E-Commerce

Winurini, S. (2014). Media Sosial dan Tantangan Mewujudkan Masyarakat yang Sehat : Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Vol. 6, No. 21/I/P3DI/November 2014. 9 – 12.

Yanto, D. (2016). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dalam Kehidupan Sehari-Hari. ITTIHAD, 14(25): 35-4

CROSSMARK
Diterbitkan
2023-12-24
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Khuryati, A., Putra, Y. A., Meilizia, D. R., Nuraliza, S. M., Fadillah, H., Nurkhalisah, N., & Kaharudin, M. J. (2023). Penguatan Etika Bermedia Sosial Dalam Kalangan Pelajar Di Era Society 5.0. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 3(2), 165–181. Diambil dari https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/3135
Bagian
Articles