Pengabdian kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Panti As-Shohwah Pekanbaru
Abstrak Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir matematis anak-anak panti melalui pendekatan edukatif yang menyenangkan, yaitu game edukasi “Rangking Satu”. Sasaran kegiatan adalah anak-anak asuh Panti Ash-Shohwah Pekanbaru jenjang SMP hingga SMA. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya minat dan hasil belajar matematika, yang dipengaruhi oleh keterbatasan lingkungan belajar serta latar belakang sosial ekonomi. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan tentang pentingnya belajar matematika, pelaksanaan game edukasi berbasis soal-soal matematika, serta observasi keaktifan dan respons peserta selama kegiatan berlangsung. Hasil pengabdian menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta dan adanya peningkatan partisipasi serta motivasi belajar dalam memahami konsep-konsep matematika secara aplikatif. Kegiatan ini tidak hanya berdampak pada aspek kognitif, tetapi juga mendorong penguatan sikap sosial seperti kerja sama dan sportivitas. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dikembangkan sebagai bentuk inovatif pembelajaran berbasis pengalaman yang ramah bagi anak-anak panti.
Unduhan
Referensi
Indrabayu, Warni, E., Nurtanio, I., Yohannes, C., Ais, A., Alimuddin, P., … Anisah, S. N. (2023). Penerapan Game untuk Belajar Matematika Menyenangkan di Panti Asuhan Al-Khaerat Makassar Indrabayu. Jurnal Tepat (Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat), 6(2), 328–335.
Lidia Enjela, & Atika, T. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Serta Minat Belajar Anak Dengan Motivasi dan Apresiasi di Panti Asuhan Karya Betzy. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 283–286. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i2.578
Mahmud, A. (2023). Edukasi Akhlak dan Model Pembelajaran yang Efektif di Panti Asuhan Al Hidayah Makassar: Transformasi Sosial untuk Masa Depan yang Lebih Baik. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.24252/rkjpm.v1i2.41761
Nasution, H. F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Bimbingan Belajar Gratis. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 66–73.
Ramani, G. B., & Scalise, N. R. (2020). It’s more than just fun and games: Play-based mathematics activities for Head Start families. Early Childhood Research Quarterly, 50, 78–89. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.07.011
Sandrawati, I. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 1858–4985. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Sibagariang, S. A., Siahaan, S. M. L., Sitanggang, P. M., Sihombing, S. R., Sembiring, Y. J., Simbolon, N., … 1Universitas. (2024). Peran Orang Dewasa pada Perkembangan Anak di Panti Asuhan Elim. Jurnal Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 5(2), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.33292/mayadani.v5i2.191
Sitorus, H. V., Simorangkir, S. B. T., Pahmi, K., & Juliani, . (2018). The Effect of Parents’ Socio-economic Status and Learning Environments on Student Achievements. Proceedings Ofthe 1st Unimed International Conference on Economics Education and Social Science, (1), 165–170. https://doi.org/10.5220/0009497801650170
Susanti, S., Ginting, T. G. N. B., Barus, K. S. B., & Ginting, A. P. B. (2025). Strategi Pekerja Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Asuh di Panti Asuhan Cahaya Berkat Abadi Jl . Bunga Terompet I Padang Bulan Selayang II Kec . Medan Selayang Sumatera Utara. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner Vol., 01(05), 905–911.
Tanjung, K. S., & Nurliana, N. (2021). Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris Di Panti Asuhan Budi Luhur Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 7(2), 188–195. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6204
Tiara Fany Chintia Silitonga, Wulan Purnama Sari Simatupang, Loise Chisanta Ginting, Muhammad Aimar Zaidan, & Harrys Cristian Vieri. (2023). Peran Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia dalam Membentuk Karakter Anak Panti. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1461
Hak Cipta (c) 2025 Miftahir Rizqa, Suhandri, Noviarni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.