Peran TPA dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran pada Anak di TPA Al-Munawwarah Nagari Tluk Amplu

  • Saaduddin Saaduddin Institut Agama Islam (IAIN) Kerinci
  • Niken Pricilia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Abstrak

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak melalui peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Munawwarah di Nagari Tluk Amplu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa IAIN Kerinci sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat. Metode pelaksanaan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta pembelajaran langsung di TPA dengan siklus kegiatan yang berfokus pada pengajaran bacaan Al-Qur’an, doa-doa harian, bacaan sholat, dan penanaman akhlakul karimah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa TPA berperan penting dalam mendukung pendidikan keagamaan, membentuk karakter Islami, serta membantu orang tua yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendidik anak. Kegiatan ini juga mempererat interaksi sosial masyarakat dan memotivasi anak-anak untuk aktif belajar agama. Dengan demikian, keberadaan TPA terbukti berkontribusi signifikan terhadap pembentukan generasi muda yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia di Nagari Tluk Amplu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustinova, D. E. (2015). Hambatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Sdit Al Hasna Klaten). ISTORIA: Jurnal Pendidikan

Dan Ilmu Sejarah, 10(1), 12–18. https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3598

Apriadi, D., Hidayat, N., AB, N., Ahmatang, A., & Sudarto, S. (2022). Pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan kesehatan: kuliah kerja nyata.

Bhakti Sabha Nusantara, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.58439/bsn.v1i1.13

Norhidayah, N., Sari, H. N., Fitria, M., Bahruddin, M., Mutawali, A. M., Maskanah, M., Rahmah, A., Noviawati, N., & Syahrani, S. (2022). Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(2), 26–36.

Normah, N., Rukmana, I. S., & Kemala, P. D. (2020). Penguatan nilai-nilai Pancasila di era disrupsi pada lingkungan sekolah dasar. Jurnal Civics:

Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.29030

CROSSMARK
Diterbitkan
2023-12-24
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Saaduddin, S., & Pricilia, N. (2023). Peran TPA dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran pada Anak di TPA Al-Munawwarah Nagari Tluk Amplu. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 3(2), 216–220. Diambil dari https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/5898
Bagian
Articles