Bimbingan Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di TPQ Mukhlisin Kubu Tapan

  • Masnur Masnur Institut Agama Islam (IAIN) Kerinci
  • Karisma Dwipa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
Keywords: Tahfidz, Motivasi, TPQ Mukhlisin

Abstract

Artikel ini menginvestigasi peran program Bimbingan Tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur'an di TPQ Mukhlisin. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana program Bimbingan Tahfidz yang terstruktur dan efektif memengaruhi semangat dan keterlibatan para santri dalam menghafal al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei, wawancara, dan observasi terhadap para santri yang mengikuti program di TPQ Mukhlisin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bimbingan Tahfidz memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi para santri. Pendekatan personal dalam pembelajaran, penguatan dimensi spiritual, serta pemberian penghargaan dan dukungan dari lingkungan TPQ Mukhlisin telah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para santri untuk mengembangkan semangat dan keterampilan tahfidz mereka. Motivasi ini juga memiliki pengaruh jangka panjang, dengan beberapa santri tetap mempertahankan semangat menghafal al-Qur'an setelah meninggalkan TPQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, D. Z. N. (2020). Bimbingan tahfidz Qur'an dengan metode Asqolan untuk meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur'an (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Rohmatin, A. (2022). Peran Layanan Bimbingan Individu Bagi Santri Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ma’unah Lengkong Kabupaten Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

CROSSMARK
Published
2024-07-04
DIMENSIONS
How to Cite
Masnur, M., & Dwipa, K. (2024). Bimbingan Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di TPQ Mukhlisin Kubu Tapan. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 4(1), 83–93. Retrieved from https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/altifani/article/view/5899
Section
Articles