Penanganan Kecanduan Games Online pada Mahasiswa Tingkat Akhir

  • Anggia Wahyu Agustin Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
Keywords: Kecanduan, Game Online, Mahasiswa Addiction, Game Online, Student

Abstract

Gaming addiction is the intense and excessive use of games which can lead to various problems. Individuals spend time playing online games, there will be disturbances especially in their study, social, school, and work life. The purpose of this study was to describe the causes of online games addiction in students. This research was carried out using a case study method with 1 respondent. The results of this study are addiction to this games has an impact on the completion of his final assignment as a student, his social relationships are disrupted because he becomes more individualistic. This activity is carried out through individual counseling services provided by counselors to clients

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20.

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).

Ahmad, R. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. UNP Press.

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1).

Bramadan, H. (2021). Kontribusi Regulasi Diri terhadap Kecanduan Game Online pada Mahasiswa yang Bermain Game Online X di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 12–22.

Budhi, F. H., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa pemain game online di game center X Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 478–481.

Dalimunthe, C. E. (2019). Pendekatan Teknik Konseling Self Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Melalui Layanan Konseling Individual Di SMP Al-Hidayah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Dewi, N. K., & Putra, A. S. (2020). Perkembangan Gamification dan Dampak Game Online terhadap Jiwa Manusia di Kota Pintar DKI Jakarta. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 315–320.

Dinata, O., & Risdayati, R. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Clash of Clans Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Game Online Clash of Clans Pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Riau). Riau University.

Fitria, L., & Karneli, Y. (2019). Cognitive Bias Modification Therapy untuk Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Al-Fatih, 2(2), 261–268.

Gantina, K. (2011). Teori dan teknik konseling. Indeks.

Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan kecanduan game dengan motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200–207.

Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara academic stress dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 16–21.

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Maulidi, Y., & Budiman, A. (2020). Hubungan Kesepian dengan Kecanduan Game Online pada Mahasiswa di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 6(2), 687–692.

NA, A. M., Oktaria, D., & Prabowo, A. Y. (2020). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Manajemen Waktu pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 9(2), 123–127.

Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 135–142.

Nopiarni, R., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Rovolusi Indutri 4.0. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 4(1), 21-24.

Ondang, G. L., Mokalu, B. J., & Goni, S. Y. V. I. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi FISPOL UNSRAT. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Persada, G. A., Hafina, A., & Nurhudaya, N. (2017). Program Konseling Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Remaja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 79–92.

Pratama, R. A., Widianti, E., & Hendrawati, H. (2020). Tingkat Kecanduan Game Online pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Journal of Nursing Care, 3(2).

Pratiwi, R., & Karneli, Y. (2021). Counseling with Self-Management Techniques to Improve Learning Motivations. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 1–4.

Putra, A. Y., Ifdil, I., & Afdal, A. (2019). Deskripsi tingkat kecanduan smartphone berdasarkan minat sosial. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(1), 9–16.

Putri, M. C., Juliawati, D., Khuryati, A., & Yandri, H. (2020). Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa di Era “Merdeka Belajar” Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 5(2).

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2018). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12.

Sakinah, A. M. R. (2021). Hubungan antara tingkat kecerdasan emosi dan kecenderungan perilaku agresif pada pemain Game Online. Universitas Negeri Sunan Ampel.

Sarasija, L. N. A. S., Nariswari, A. A., Dewanggana, D. A., Arghita, V. A., Patty, T. S. W., & Tjahjono, H. (2021). PSIKOEDUKASI" PEPRO" UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA SISWI SMP DAN SMA/SMK. Psikologi Konseling, 18(1), 922–933.

Syahran, R. (2015). Ketergantungan online game dan penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1).

Waldiyansah, W. (2021). Hubungan Manajemen Waktu terhadap Kecanduan Game Online pada Mahasiswa yang Bermain Game Online X di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 23–32.

Yani, S. A., & Ningsih, Y. T. (2022). Studi Deskriptif Prestasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengalami Kecenderungan Kecanduan Game Online X di Kota Padang. Socio Humanus, 4(1), 1–8.

CROSSMARK
Published
2022-12-01
DIMENSIONS
How to Cite
Agustin, A. W., & Karneli, Y. (2022). Penanganan Kecanduan Games Online pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 70–77. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i2.1505