Metode Pengajaran Berbasis Karakter Untuk Anak Usia Dini (Telaah Pemikiran Ratna Megawangi)

  • Ratna Dewi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Jakarta
  • Taufik Abdilllah Syukur Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Jakarta
  • Abusiri Abusiri Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Jakarta
  • Tomi Hendra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Kata Kunci: Metode Pengajaran, Karakter, Anak Usia Dini, Ratna Megawangi. teaching method, character, early childhood, Ratna Megawangi

Abstrak

Abstrak, Metode penelitian ini adalah library research Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran karakter yang dikembangkan Ratna Megawangi untuk anak usia dini.. Penelitian ini berkesimpulan bahwa metode pembelajaran berbasis karakter yang dikembangkan oleh Ratna Megawangi pada anak usia dini adalah knowing the good, reasoning the good, feeling the good, acting the good, dan Developmentally Approriate Practices. Menurutnya, ada beberapa metode pengajaran di Taman kanak-kanak yang dapat menjadi perhatian bagi para pendidik, dalam perkembangan karakter anak, diantaranya: skema membaca, menulis dan berhitung (calistung), terpaut pada pemberian nilai dan raport, kritikan dan informasi hasil belajar yang cenderung negatif, kelas sunyi dan proses belajar satu arah, serta intens didalam kelas tanpa ice breaking dalam waktu yang lama. Kata Kunci: Metode Pengajaran, Karakter, Anak Usia Dini, Ratna Megawangi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. PT. Bina Ilmu.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Ar-Ruzz Media.

Banawi, A. (2019). Implementasi pendekatan saintifik pada sintaks discovery/inquiry learning, based learning, project based learning. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(1), 90-100.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237-249.

Jalaluddin. (2011). Psikologi Agama. PT. RajaGrafindo Persada.

Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Media Publishing.

Juliani, W. I., & Widodo, H. (2019). Integrasi empat pilar pendidikan (unesco) melalui pendidikan holistik berbasis karakter di smp muhammadiyah 1 prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Kartikowati, E., & Zubaedi, M. A. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya. Prenada Media.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Megawangi, R & Latifah, M. W. F. D. (2008). Pendidikan Holistik. Viscom Pratama.

Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter Solusi Tepat Membangun Bangsa. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Megawangi, R. (2010). Pengembangan program pendidikan karakter di sekolah: pengalaman sekolah karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation (IHF).

Megawangi, R., Latifah, M., & Dina, W. F. (2005). Pendidikan holistik. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Fau, Y. T. V., Bago, A. S., ... & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045-2052.

Setiawan, W. (2018). Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 184-201.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.

Siska, Y., Yufiarti, Y., & Japar, M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1-11.

Srimuliati, S. (2020). Analisis Variabel Pembelajaran Berdasarkan Teori Reigeluth (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa). Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 104-120.

Sujadi, E., Meditamar, M. O., Yandri, H., & Setiawan, M. E. (2022). Pencegahan korupsi melalui pendidikan karakter: Kebijakan dan praktik di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 133-149.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Rajawali Pers.

Syukur, T. A. (2016.). Pendidikan Karakter Berbasis Hadits. Kencana Prenada Media Group.

Teguh. W. G. H. W. (2011). Filsafat Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Yamin, M & Sabri. J. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Gaung Persada Press.

Yandri, H. (2016). Kepribadian Konselor dan Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Yesi, N. (2018). Analisis Permasalahan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Yuzarion, Y., Agustiana, A. K., Alfaiz, A., Yandri, H., Musdizal, M., & Aulia, R. (2020). Learning achievement reviewed from self regulated learning, future orientation, and parental support. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 5(2), 71-80.

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16-31.

CROSSMARK
Diterbitkan
2023-07-13
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Dewi, R., Syukur, T. A., Abusiri, A., & Hendra, T. (2023). Metode Pengajaran Berbasis Karakter Untuk Anak Usia Dini (Telaah Pemikiran Ratna Megawangi). Indonesian Journal of Counseling and Development, 5(1), 9–23. https://doi.org/10.32939/ijcd.v5i1.2713
Bagian
Articles